Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Dudung Darusman 30 April 2011. No.UraianRRC%Brazil%Indone- sia % 12341234 Harga Jual (US $/ton) Harga Getah s/d Pabrik (US $/ton) - Randemen, % - Nilai.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Dudung Darusman 30 April 2011. No.UraianRRC%Brazil%Indone- sia % 12341234 Harga Jual (US $/ton) Harga Getah s/d Pabrik (US $/ton) - Randemen, % - Nilai."— Transcript presentasi:

1 Dudung Darusman 30 April 2011

2 No.UraianRRC%Brazil%Indone- sia % Harga Jual (US $/ton) Harga Getah s/d Pabrik (US $/ton) - Randemen, % - Nilai bahan baku Biaya Produksi (US $/ton) - B pengolahan - B depresiasi - B overhead Biaya Pemasaran (US $/ton) (88) , (85) (84) Jumlah biaya, US $/ton Keuntungan, US $/ton

3  Biaya bahan mentah Indonesia jauh lebih rendah, anugrah kondisi lahan dan iklim yang lebih baik  Biaya produksi Indonesia jauh lebih tinggi, terutama dalam biaya pengolahan, terlebih dalam biaya overhead.  Biaya dari upaya pemasaran Indonesia lebih rendah.  Overall kinerja: harga yang diterima Indonesia lebih rendah, market share rendah tidak sepadan dengan produksinya.

4 NoUraianEnrekang, Indonesia Soppeng, Indonesia Luoding City, RRC (Perhektar, pertahun)(Rp.1000)(%)(Rp.1000)(%)(Rp.1000)(%) Penerimaan kokon Biaya variabel. Bibit ulat. Kapur, Kaporit, dll. Pemasaran Biaya tetap. Pajak lahan, dll. Penyusutan alat fasilitas, dll Biaya total Pendapatan bersih HPP per kg kokon

5  Biaya variabel Indonesia jauh lebih rendah, anugrah alam yang baik memberi kemudahan, tapi juga tingkat intensifikasi yang rendah.  Porsi curahan biaya variabel Indonesia lebih dan terlalu rendah. Sementara porsi curahan biaya tetap lebih dan terlalu tinggi, yang terutama karena biaya penyusutan alat dan fasilitas yang sangat tinggi  Overall kinerja Indonesia: produktivitas fisik dan pendapatan yang lebih rendah.

6 Tahapan pengetahuanTahapan nilai pemanfaatanEntitas SDH 1Belum ada pengetahuanObyek hanya bernilai warisanKeseluruhan 2Baru ada ilmu pengetahuanObyek bernilai keberadaan, nilai potensial Bagian 3Ada teknologi pemanfaatanObyek bernilai pilihanUnsur 4Ada manajemen pemanfaatanObyek bernilai gunaKomoditi 5Ada kelangkaan (ada Supply dan Demand) Obyek bernilai ekonomi, muncul adanya harga Produk 6Ada keunggulan komparatifObyek bernilai bisnis, menjadi sumber pendapatan Produk primer, sederhana 7Ada keunggulan kompetitifObyek bernilai unggul, dapat menguasai pasar Produk hilir, canggih

7 Indonesia:  Proses prod alami (alam anugerah Tuhan) relatif baik/unggul.....keunggulan komparatif !  Proses produksi buatan manusia relatif buruk/rendah. SDM pengelola berkualitas dan berproduktivitas rendah...ke(tidak)unggulan kompetitif !  Manajemen dan teknologi kalah efisisen, ketinggalan  Governance: boros, mewah, berlebihan  Merasa sudah melaksanakan manajemen yang makin efisien? Tapi menurut ukuran kompetitor: kita ini sudah termasuk boros, mewah dan berlebihan!  Indonesia mungkin dari hari ke hari semakin baik, tapi tidak cukup baik untuk “survived”, apalagi untuk menjadi unggul.

8  Kehutanan dan Indonesia....adalah kita-kita ini !.... bukan orang lain !  Kita ini terlibat dalam dan bertanggungjawab thd kinerja pengelolaan kehutanan ! Akankah kehutanan bangkit lagi ?... tergantung pada diri- diri kita!  Dalam mengemban amanat dari para pendahulu: sudahkah kita para pengelola berkapasitas dan berkualitas (produktivitas) tinggi?  Dengan kata lain, sudahkah kita masing-masing berkontribusi dalam menekan “biaya tinggi” di kehutanan Indonesia ?


Download ppt "Dudung Darusman 30 April 2011. No.UraianRRC%Brazil%Indone- sia % 12341234 Harga Jual (US $/ton) Harga Getah s/d Pabrik (US $/ton) - Randemen, % - Nilai."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google