Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 SEJARAH DAN KEGUNAAN RISET OPERASI Riset Operasi (operation research) dimulai dikalangan militer dalam permulaan Perang Dunia Kedua. Riset Operasi (operation.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 SEJARAH DAN KEGUNAAN RISET OPERASI Riset Operasi (operation research) dimulai dikalangan militer dalam permulaan Perang Dunia Kedua. Riset Operasi (operation."— Transcript presentasi:

1 1 SEJARAH DAN KEGUNAAN RISET OPERASI Riset Operasi (operation research) dimulai dikalangan militer dalam permulaan Perang Dunia Kedua. Riset Operasi (operation research) dimulai dikalangan militer dalam permulaan Perang Dunia Kedua. Mengalokasikan sumber-sumber atau input yang terbatas guna melayani berbagai operasi militer dan kegiatan- kegiatan di dalam setiap operasi secara efisien dan efektif. Mengalokasikan sumber-sumber atau input yang terbatas guna melayani berbagai operasi militer dan kegiatan- kegiatan di dalam setiap operasi secara efisien dan efektif.

2 2  tujuan untuk menerapkan pendekatan ilmiah guna memecahkan permasalahan atau persoalan di atas ditambah lagi dengan permasalahan strategi dan taktis militer.  RO mula-mula berkembang di Inggris dalam bidang militer, industri, bisnis dan pemerintahan sipil, kemudian berkembang dengan cepat sekali di Amerika Serikat, sejak Sekarang perkembangannya sudah meluas menjangkau negara berkembang seperti Indonesia.

3 3 BEBERAPA DEFINISI  (1) Operations research may be described as a scientific approach to decision making that involves the operations of organizational systems. (Dari buku Operation Research, karangan Frederick S. Hillier dan Gerald J. Lieberman).  (2) Operations research is the application of scientific method to the decision problems of business and other units of social organization, including government and military organizations. (Dari buku Fundamentals of Operations Research for Management, karangan Shiv K. Gupta dan John M. Cozzolino).  (3) Operations Research today refers to the application of scientific methodology of several different disciplines to problems related to the functioning or operating of some unit-business, governmental, or institutional. (Dari buku Quantitative Approaches to Management, karangan Richard I. Levin dan Charles A. Kirkpatrick).

4 4 lebih lanjut tentang definisi Riset Operasi mencakup dua kata yaitu riset yang harus menggunakan metode ilmiah dan operasi yang berhubungan dengan proses atau berlangsungnya suatu kegiatan (proses produksi, proses pengiriman barang / militer / senjata, proses pemberian pelayanan melalui suatu antrian yang panjang). Riset Operasi mencakup dua kata yaitu riset yang harus menggunakan metode ilmiah dan operasi yang berhubungan dengan proses atau berlangsungnya suatu kegiatan (proses produksi, proses pengiriman barang / militer / senjata, proses pemberian pelayanan melalui suatu antrian yang panjang).

5 5 riset yang dilakukan terhadap suatu proses / operasi atau berlangsungnya suatu kegiatan yang dilakukan oleh unit organisasi riset yang dilakukan terhadap suatu proses / operasi atau berlangsungnya suatu kegiatan yang dilakukan oleh unit organisasi Definisi lain adalah : Riset Operasi adalah aplikasi metode ilmiah terhadap permasalahan yang kompleks dalam mengarahkan dan mengendalikan sistem yang luas mengenai kehidupan manusia, mesin-mesin, material dan uang dalam industri, bisnis, pemerintahan dan pertahanan. Definisi lain adalah : Riset Operasi adalah aplikasi metode ilmiah terhadap permasalahan yang kompleks dalam mengarahkan dan mengendalikan sistem yang luas mengenai kehidupan manusia, mesin-mesin, material dan uang dalam industri, bisnis, pemerintahan dan pertahanan.

6 6 Pemecahan persoalan RO harus melalui suatu tim yang anggotanya memiliki latar belakang bidang pengetahuan yang berbeda. Pendekatan harus ilmiah berdasarkan model matematika berarti prosedur yang ditempuh langkah-langkah jelas secara sistematis dan hasilnya dapat diandalkan sehingga berguna bagi pembuat keputusan.

7 7 TAHAPAN-TAHAPAN DALAM RISET OPERASI (1) Merumuskan atau menganalisis persoalan sehingga jelas tujuan apa yang akan dicapai (objectives) (2) Pembentukan model matematika untuk mencerminkan persoalan yang akan dipecahkan. Biasanya model dinyatakan dalam bentuk persamaan yang menggambarkan hubungan antara input dan output serta tujuan yang akan dicapai dalam bentuk fungsi objektif (objective function). (3) Mencari pemecahan dari model yang telah dibuat dalam tahap sebelumnya, misalnya dengan menggunakan metode simpleks. (4) Menguji model dan hasil pemecahan dari penggunaan model. Sering juga disebut melakukan validasi.

8 8 PENJELASAN TAHAPAN METHODE (1) Tahap pertama, harus merumuskan atau mendefinisikan persoalan yang akan dipecahkan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai berdasarkan keadaan objektif. Biasanya harus memperhatikan tiga hal yaitu : Pertama, uraian yang tepat mengenai tujuan yang akan dicapai, kedua, identifikasi daripada adanya alternatif dalam keputusan yang menyangkut suatu sistem, ketiga, mengenali adanya pembatasan- pembatasan (limitation, restriction dan juga persyaratan-persyaratan yang diperlukan sistem yang bersangkutan dengan pemecahan persoalan). (1) Tahap pertama, harus merumuskan atau mendefinisikan persoalan yang akan dipecahkan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai berdasarkan keadaan objektif. Biasanya harus memperhatikan tiga hal yaitu : Pertama, uraian yang tepat mengenai tujuan yang akan dicapai, kedua, identifikasi daripada adanya alternatif dalam keputusan yang menyangkut suatu sistem, ketiga, mengenali adanya pembatasan- pembatasan (limitation, restriction dan juga persyaratan-persyaratan yang diperlukan sistem yang bersangkutan dengan pemecahan persoalan).

9 9 (2) Tahap kedua, berkenaan dengan pembentukan model secara matematis, misalnya dengan menggunakan persamaan dan ketidaksamaan linear seperti di dalam linear programming. Model harus dibuat sedemikian rupa sehingga dapat mewakili kenyataan yang sebenarnya (2) Tahap kedua, berkenaan dengan pembentukan model secara matematis, misalnya dengan menggunakan persamaan dan ketidaksamaan linear seperti di dalam linear programming. Model harus dibuat sedemikian rupa sehingga dapat mewakili kenyataan yang sebenarnya (3) Tahap ketiga, berkenaan dengan pemecahan model, yang biasanya memecahkan persamaan / ketidaksamaan matematika. Di dalam model matematika, pemecahan ini dicapai dengan teknik optimisasi dan model menghasilkan suatu pemecahan optimum. (3) Tahap ketiga, berkenaan dengan pemecahan model, yang biasanya memecahkan persamaan / ketidaksamaan matematika. Di dalam model matematika, pemecahan ini dicapai dengan teknik optimisasi dan model menghasilkan suatu pemecahan optimum.

10 10 (4) Tahap keempat, melakukan pengujian atau melakukan validasi dari model. Suatu model dikatakan sah (valid), apabila dapat memberikan prediksi yang dapat dipercaya dari hasil proses suatu sistem, disamping diakui adanya ketidaktepatan dari model tersebut untuk mewakili keadaan yang sebenarnya terjadi (real world) (4) Tahap keempat, melakukan pengujian atau melakukan validasi dari model. Suatu model dikatakan sah (valid), apabila dapat memberikan prediksi yang dapat dipercaya dari hasil proses suatu sistem, disamping diakui adanya ketidaktepatan dari model tersebut untuk mewakili keadaan yang sebenarnya terjadi (real world) (5) Tahap kelima, merupakan tahap terakhir, ialah tahap untuk implementasi hasil pemecahan model yang telah diuji validitasnya. Tugas melakukan implementasi ini merupakan tugas peneliti operasi (operation researchers). (5) Tahap kelima, merupakan tahap terakhir, ialah tahap untuk implementasi hasil pemecahan model yang telah diuji validitasnya. Tugas melakukan implementasi ini merupakan tugas peneliti operasi (operation researchers).

11 11 JENIS PERSOALAN YANG TELAH DIPECAHKAN DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK-TEKNIK DALAM RO linear programming, dynamic programming, teori antrian, teori inventori, teori permainan (game theory), simulasi, net work planning.

12 12 CONTOH – CONTOH PERMASALAHAN DALAM RISET OPERASI Persoalan Biaya Pemasaran Berbagai Produk Persoalan Biaya Pemasaran Berbagai Produk Perencanaan Produksi Perencanaan Produksi Persoalan atau Masalah Pencampuran Persoalan atau Masalah Pencampuran Persoalan Transportasi Persoalan Transportasi Persoalan Antrian dan Inventori Persoalan Antrian dan Inventori Persoalan Net Work Planning atau PERT Persoalan Net Work Planning atau PERT

13 13 PROGRAM LINEAR Program linear adalah salah satu model matematika yang digunakan untuk menyelesaikan masalah optimisasi, yaitu memaksimumkan atau meminimumkan fungsi tujuan yang bergantung pada sejumlah variabel input. Hal terpenting yang perlu kita lakukan adalah mencari tahu tujuan penyelesaian masalah dan apa penyebab masalah tersebut.

14 14 Dua macam fungsi Program Linear: Fungsi tujuan : mengarahkan analisa untuk mendeteksi tujuan perumusan masalah Fungsi kendala : untuk mengetahui sumber daya yang tersedia dan permintaan atas sumber daya tersebut.

15 15 METODE TRANSPORTASI Metode Transportasi merupakan suatu metode yang digunakan untuk mengatur distribusi dari sumber-sumber yang menyediakan produk yang sama ke tempat-tempat yang membutuhkan secara optimal dengan biaya yang termurah. Alokasi produk ini harus diatur sedemikian rupa karena terdapat perbedaan biaya-biaya alokasi dari satu sumber atau beberapa sumber ke tempat tujuan yang berbeda.

16 16 Tabel awal dapat dibuat dengan dua metode, yaitu: 1. Metode North West Corner (NWC) => dari pojok kiri atas Kelemahan : tidak memper- hitungkan besarnya biaya sehingga kurang efisien 2. Metode biaya terkecil => mencari dan memenuhi yang biayanya terkecil dulu. Lebih efisien dibanding metode NWC.

17 17 Selain metode-metode di atas masih ada satu metode yang lebih sederhana penggunaannya yaitu metode Vogel’s Approximation Method (VAM).


Download ppt "1 SEJARAH DAN KEGUNAAN RISET OPERASI Riset Operasi (operation research) dimulai dikalangan militer dalam permulaan Perang Dunia Kedua. Riset Operasi (operation."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google