Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Riset Operasional (RO) Pendahuluan Pemrograman Linier Solusi Grafik Metode Simpleks Metode Transportasi Metode Penugasan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Riset Operasional (RO) Pendahuluan Pemrograman Linier Solusi Grafik Metode Simpleks Metode Transportasi Metode Penugasan."— Transcript presentasi:

1 1 Riset Operasional (RO) Pendahuluan Pemrograman Linier Solusi Grafik Metode Simpleks Metode Transportasi Metode Penugasan

2 2 Referensi Hotniar Siringoringo. Seri Teknik Riset Operasional - Pemrograman Linear. Penerbit Graha Ilmu Hamdy A Taha. Riset Operasi Suatu Pengantar. Edisi kelima, Jilid 1. Binarupa Aksara. Jakarta Sri Mulyono. Operations Research. Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia

3 3 Pendahuluan Pengantar –Kasus 1 : Seorang mahasiswa harus menempuh perjalanan jarak jauh dari rumah ke kampus setiap hari. Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk sampai ke kampus. –Permasalahan : Cara manakah yang paling efektif ?

4 4 Kasus 2 : PT XYZ menghasilkan 10 jenis produk menggunakan fasilitas produksi yang sama. Produk dihasilkan secara bergantian. Fasilitas dioperasikan 8 jam setiap harinya dan 6 hari dalam seminggu. Setiap tanggal 1, fasilitas dibersihkan untuk perawatan. Biaya produksi setiap jenis produk berbeda, demikian pula harga jualnya. Semua produk menggunakan bahan baku yang hampir sama.

5 5 Permasalahan kasus 2 : Berapa unit masing-masing produk dihasilkan untuk mendapatkan keuntungan maksimum ?

6 6 Setiap usaha dilakukan dengan tujuan tertentu. Pencapaian tujuan dibatasi oleh ketersediaan sumber daya yang terbatas. Pengambil keputusan mengembangkan alternatif yang dapat dipilih untuk mengoptimalkan pencapaian tujuan tersebut.

7 7 Pada kasus 1 Pengambil keputusan adalah mahasiswa. Tujuan yang ingin dicapai bisa meminimumkan waktu perjalanan, atau kenyamanan perjalanan. Batasan yang dia hadapi bisa dalam bentuk biaya perjalanan, waktu yang dialokasikan, dll. Batasan harus disesuaikan dengan tujuan.

8 8 Pada kasus 2 Pengambil keputusan adalah pimpinan perusahaan. Tujuan yang ingin dicapai adalah keuntungan maksimum. Keterbatasan sumber daya yang dihadapi diantaranya waktu kerja, fasilitas produksi, kapasitas produksi, jumlah permintaan akan produk, dll.

9 9 Pengambilan keputusan Setiap orang selalu dihadapkan pada pengambilan keputusan. Keputusan harus dibuat karena ada beberapa alternatif yang dapat dipilih untuk mencapai tujuan yang ditetapkan.

10 10 Model keputusan merupakan alat yang menggambarkan permasalahan keputusan sedemikian rupa sehingga memungkinkan identifikasi dan evaluasi sistematik semua keputusan yang tersedia.

11 11 Salah satu teknik yang digunakan untuk menganalisa alternatif keputusan adalah Riset Operasional. Riset Operasional merupakan metode pengoptimalan proses pengambilan keputusan yang dibatasi ketersediaan sumber daya.

12 12 Kontribusi Riset Operasional Penstrukturan situasi dunia nyata ke model matematik Mengeksplor struktur setiap penyelesaian dan mengembangkan prosedur sistematis untuk mendapatkannya. Mengembangkan penyelesaian.

13 13 Dilihat dari data yang digunakan, pengambilan keputusan dapat dibedakan atas : –Keputusan pasti : contoh pada kasus 2 –Keputusan beresiko : didukung oleh data yang tidak pasti, tetapi ketidak pastian itu dapat dinyatakan dalam bentuk peluang. –Keputusan tidak pasti : contoh pada kasus 1

14 14 Tiga elemen permasalahan optimasi yang harus diidentifikasi : –Tujuan : –Alternatif / variabel keputusan –Sumber daya yang membatasi :

15 15 Tujuan Maksimisasi : –Keuntungan –Penerimaan Minimisasi : –Biaya –Waktu –Jarak

16 16 Alternatif / variabel keputusan Alternatif keputusan yang tersedia menggunakan sumber daya terbatas yang dimiliki pengambil keputusan. Pada kasus 1 : –Naik bis –Naik kereta api Pada kasus 2 : –Jumlah masing-masing produk yang dihasilkan.

17 17 Sumber daya Sumber daya merupakan pengorbanan yang harus dilakukan. Bentuk sumber daya : –bahan baku –fasilitas produksi –jam kerja –modal –pangsa pasar –peraturan pemerintah, dll.

18 18 MODEL Penyelesaian permasalahan keputusan pertama sekali dilakukan dengan membentuk model. Pada aplikasi RO umumnya, tujuan dan sumber daya dapat ditunjukkan secara kuantitatif. Pada kasus seperti ini, digunakan model matematik.

19 19 Dilihat dari bentuk data, model dapat dibedakan atas : –Model deterministik : dibangun menggunakan data yang sifatnya pasti –Model probabilistik atau stokastik : dibangun menggunakan data yang sifatnya tidak pasti.

20 20 Awal mula dan dampak Riset Operasional RO pertama digunakan pada perang dunia 2. Perang telah menyebabkan alokasi sumber daya terbatas yang dimiliki angkatan bersenjata AS dan Inggris menjadi masalah. Beberapa teknik yang dikembangkan adalah memasukkan ilmu politik, matematik, ekonomi, teori probabilitas, dan statistik.

21 21 RO semakin berkembang seiring dengan perkembangan industri. Dua faktor yang berkontribusi dalam pengembangan RO : –Kemajuan mendasar yang dibuat di awal dalam pengembangan teknik yang ada terhadap RO. –Perkembangan teknologi komputer.

22 22 Tahapan Studi Riset Operasional Identifikasi permasalahan Pembangunan model Penyelesaian model Validasi model Implementasi hasil akhir

23 23 Terima kasih


Download ppt "1 Riset Operasional (RO) Pendahuluan Pemrograman Linier Solusi Grafik Metode Simpleks Metode Transportasi Metode Penugasan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google