Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
Diterbitkan olehJohan Pandu Telah diubah "9 tahun yang lalu
1
BAB I. PENDAHULUAN A. LATAR BELAKANG Sejarah Komputer : Komputer digital elektronoik pertama diciptakan oleh Prof. John V Atanasoff dari Iowa State University (USA) dan Asistennya Clifford Berry Komputer ABC (Atanasoff-Berry-Computer) Tabung-tabung hampa sebagai elemen logikanya (1945). Komputer generasi kedua : adalah komputer ENIAC (1948), Electronic Numerical Integrator and Computer ditemukan oleh Dr. John W. Mauchly dan J. Presper Eckert, Jr. Sama menggunakan tabung-tabung hampa yang terintegrasi. Pada komputer 2 generasi ini, program untuk menjalankan komputer belum tersimpan.
2
Komputer generasi 3: Komputer dimana program yang diperlukan oleh komputer disimpan dalam suatu sistem penyimpan. Konsep ini ditemukan oleh Dr. John Von Neumann pada Konsep ini oleh Maurice V. Wilkers dikembangkan menjadi sebuah komputer dg penyimpan program pertama didunia pada th 1949 dari Cambridge University dan diberi nama EDSAC (Electronic Delay Storage Automatic Calculator) Komputer EDVAC (Electronic Discrete Variable Automatic Computer) ditemukan pada tahun 1951 Oleh Dr. John Von Neumann ENIAC, EDSAC dan EDVAC merupakan mesin komputer dalam tahap experimen dan hanya digunakan untuk pekerjaan perhitungan saja.
3
IBM (International Bussiness Machines Coorporation) memproduksi secara masal pada tahun 1956 sebuah komputer UNIVAC 1 (Universal Automatic Computer) Untuk menjalankan komputer perlu program, dan penulisan program merupakan pekerjaan yang rumit dan sulit, disamping sering terjadi kesalahan-kesalahan dalam penulisan program. Hal ini terjadi karena penulisan instruksi program adalah ditulis dalam bahasa mesin komputer. Bahasa mesin merupakan gabungan dari angka, huruf dan karakter. Banyak waktu yang tersita menulis program dalam bahasa mesin, sehingga pada th 1950 dikembangkan metoda memprogram otomatis (Automatic programming) Cara ini menggunakan simbol notasi yang disingkat
4
Tahun 1954 kelompok IBM (John Backus) menyempurnakan pemrograman otomatis. Modifikasi ini disebut bahasa tingkat tinggi komputer. Bahasa pemrograman ini sangat sederhana, laiknya seperti penulisan dalam bahasa matematika namun bisa dimengerti oleh komputer dengan menggunakan Compiler atau Interpreter. Contoh : Fortran (Formula Translator) April 1957 Untuk bidang Engineering COBOL (Common Bussiness Oriented Language) untuk program diluar disiplin ilmu teknik dan sains BASIC (Beginer’s All Purpose Symbol Instruction Code) 1960 bersifat Umum. dll
5
Komputer = mesin pandai
Komputer berdasarkan kapasitasnya dibagi menjadi berbagai tingkatan : - Komputer mikro (PC) - Komputer kecil (mini) - Komputer ukuran sedang (midi) - Komputer ukuran besar - Komputer ukuran Super Bagian yang penting berdasarkan perkembangannya Tabung hampa Transistor IC (komputer ukuran proses nano detik = 10-9 detik) Berdasarkan fungsi untuk memecahkan masalah komputer dapat dibagi menjadi 3 :
6
- Komputer digital : mampu melakukan pengolahan data
kombinasi 1 dan 0, setiap karakter dinyatakan dengan 8 bit atau disebut byte (mis: termokontrol, mikrokontrol) - Komputer analog : mampu menampilkan bentuk-bentuk fungsi fungsi aritmatik dalam bentuk grafik - Komputer hibrid : mampu menghasilkan data dan gambar grafik (PC) Sistem Komputer terdiri 3 bagian yang penting : - Soft ware : Perangkat lunak merupakan program Terapan dan merupakan Sistem Operasi (yang mengatur kerja CPU dan lingkungan sekitarnya) (DOS,Windows,Linux,Unix dll) - Hard Ware : Sistem input dan output,CPU,perekam data - Brainware : manusia (Operator, Programer, Sistem analis)
7
Piranti Input dan Output
Layar Tampilan dan Key bord CRT (Cathode Ray Tube), VDM (video Display monitor) Printer Pita kertas berlobang Kartu plong Pita magnetis Cakram magnetis (CD/DVD), USB, Diskette Unit Pengolah Utama (CPU) semua aksi komputer berlang sung. B. BAHASA KOMPUTER Komunikasi antara piranti dengan piranti dan antar komputer dengan manusia dilakukan dengan menggunakan suatu bahasa yang disebut bahasa Komputer. Bahasa komputer ada 2: Bahasa Tingkat Tinggi : adalah bahasa komputer yang dimengerti oleh orang awam (basic,fortran,pascal,d-base,delphi dll)
8
- Bahasa Tingkat Rendah (Bahasa Mesin) : Bahasa yang diguna-
kan oleh komputer sendiri (komunikasi antara satu piranti dengan piranti yang lain) Dipelajari khusus untuk para ahli komputer (Bhs assembler) Catatan : Instruksi yang dieksekusi oleh Komputer berasal dari bahasa tingkat Tinggi yang sebelumnya diterjemahkan oleh interpreter menjadi bahasa mesin yang dimengerti oleh komputer Tingkat Kompetensi manusia terhadap bahasa Program dapat dibagi menjadi 3 : a. Operator : orang yang sanggup menjalankan program aplikasi dengan baik dan benar. b. Programer : adalah orang yang mampu membuat program aplikasi dengan benar, baik untuk bahasa tingkat tinggi maupun bahasa tingkat rendah.
9
BAGAN ALIR (FLOW CHART)
c. Sistem analisis : Orang yang mempunyai kemampuan untuk menganalisis hubungan antara bahasa program dengan perangkat keras yang digunakan, sehingga diperoleh sistem operasi yang optimal. BAGAN ALIR (FLOW CHART) Masalah pemrograman bisa sederhana atau komplek Permasalahan Algoritma Flow Chart Penulisan Program (Input Data) dan Exekusi program Informasi yang dibutuhkan (Hasil dari proses pemrograman). Flow Chart adalah gambar yang memperlihatkan aliran kegiatan yg Harus dilaksanakan.
10
Kode : Bahasa Assembly Assembler Eksekusi : Bahasa Mesin Penerjemahan Oleh Assembler Kode : Bahasa Level Atas Compiler Eksekusi : Bahasa Mesin Proses Kerja Kompiler
11
Kode : Bahasa Level Atas Compiler Eksekusi : Bahasa Assembly Kode : Bahasa Assembly Assembler Eksekusi : Bahasa Mesin Proses Kerja Compiler + Assembler
12
Simbol-simbol yang digunakan pada flow Chart
1. Digunakan untuk menunjukan operasi yang dila- kukan untuk membawa data atau mengirimkan dari dan ke pranti input atau piranti output Digunakan untuk menggambarkan instruksi atau Proses pengolahan data 2. Digunakan untuk menggambarkan perintah Pilihan (testing) 3. Digunakan untuk menunjukan awal, akhir atau Titik interupsi pada sebuah program 4.
13
Instruksi atau sekumpulan instruksi yang akan
mengubah program 5. Untuk menunjukan global operasi yang dilaksanakan 6. Digunakan untuk menunjukan sambungan dari Bagian flowchart dimana bagian tersebut ada Pada halaman yang sama 7. Digunakan untuk menunjukan sambungan dimana sambungannya pada hal yang berbeda 8.
14
Mulai Read A,B,C D=B^2-4*A*C B D>0 D<0 D=0 D=? Write “dua
Akar berbeda” Write “akar imajiner Write “akar Kembar” D1=SQR(D) X =-B/(2*A) X1=(-B+D1)/(2*A) X2=(-B-D1)/(2*A) Write X1,X2 Write x A
15
A Ya Akan hitung lagi? B Tidak Selesai
16
D. DATA DAN INFORMASI Data adalah penggambaran fakta secara umum, yang dilukiskan dg simbol, tulisan atau angka. Obyek yang digambarkan bisa ide, kondisi, situasi dll Data : merupakan bahan dasar dari informasi Informasi : sbg hasil pengolahan data yang memberikan kejelasan suatu obyek yang berhubungan erat dg nilai dan Arti dari obyek tsb E. PROGRAM: Kumpulan dari beberapa statemen yang harus disusun dalam urutan yang benar menurut nalar untuk mendapatkan informasi dg memasukan data yang dibutuhkan. Didalam program mengandung Statemen-Statemen, Statemen disini ada 3 yaitu statemen matematik, logika,I/O
17
Contoh Program sederhana
Rem contoh program sederhana Rem =================== A = 25 B = A*A Print “hasil B =“;B End hasil B = 625 F. STATEMEN Adalah suatu rangkaian instruksi yang akan memerintahkan Komputer untuk membentuk atau melakukan suatu operasi. Contoh : dalam bahasa Basic Print “laporan akhir” Dalam setiap jenis Bahasa pemrograman mempunyai bentuk statemen yang berbeda-beda
18
Contoh - contoh statemen
Bahasa Qbasic : For-next Go to Read-data If-then If-then-else Dim dll Bahasa Turbo Pascal : Uses crt Var Begin-end Write Goto If-then dll
19
Contoh : Penulisan Program dalam Bahasa Visual Basic
Private Sub Form_Click( ) Dim Nilai_Akhir As Integer Nilai_Akhir = InputBox(“Ketik Nilai Akhir”) Print “Nilai Akhir : &Nilai_Akhir If (Nilai_Akhir >= 55) Then Print “Keterangan : LULUS” Else Print “Keterangan : GAGAL” End If End Sub
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.