Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Keragaman dan Kesetaraan. Struktur majemuk masyarakat Indonesia Masyarakat majemuk adalah suatu keadaan masyarakat yang terdiri dari berbagai kepentingan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Keragaman dan Kesetaraan. Struktur majemuk masyarakat Indonesia Masyarakat majemuk adalah suatu keadaan masyarakat yang terdiri dari berbagai kepentingan."— Transcript presentasi:

1 Keragaman dan Kesetaraan

2 Struktur majemuk masyarakat Indonesia Masyarakat majemuk adalah suatu keadaan masyarakat yang terdiri dari berbagai kepentingan dan kebudayaan yang berbeda–beda yang melebur dan membentuk satu kesatuan yang mempunyai tujuan dan cita–cita yang sama.

3  Kemajemukan sturuktural, dominasi politik dipegang oleh suatu kelompok tertentu.  Kemajemukan sosial, suatu keadaan dimana hak dan kewajiban tersebar secara merata diantara kelompok sosial yang ada.  Kemajemukan budaya, seluruh warga masyarakat merupakan bagian dari publik tanpa memperhatikan identifikasi yang ideal maupun yang nyata. Masyarakat majemuk dibedakan menjadi 3 kategori :

4 Pierre L. van den Berghe menyebutkan beberapa karakteristik masyarakat majemuk sebagai berikut: Terjadinya segmentasi ke dalam kelompok’’ yang seringkali memiliki subkebudayaan yang berbeda satu sama lain. Memiliki struktur sosial yang terbagi-bagi ke dalam lembaga’’ yang bersifat non komplementer. Kurang mampu mengembangkan konsensus di antara para anggota’’nya terhadap nilai-nilai yang bersifat dasar. Secara relatif sering kali mengalami konflik’’ di antara kelompok yang satu dengan kelompok yang lain. Secara relatif integrasi sosial tumbuh di atas paksaan (coercion) dan saling ketergantungan di dalam bidang ekonomi, dan Adanya dominasi politik oleh suatu kelompok atas kelompok yang lain.

5 Konsep struktur masyarakat Indonesia ada 2 : 1. Horizontal Ditandai oleh kenyataan adanya kesatuan- kesatuan social berdasarkan perbedaan suku- bangsa, perbedaan agama, adat serta perbedaan - perbedaan kedaerahan. 2. Vertical Struktur masyarakat Indonesia ditandai adanya perbedaan - perbedaan vertikal antara lapisan atas dan lapisan bawah (stratifikasi social) yang cukup dalam.

6 Sifat sifat masyarakat majemuk menurut Pierre L.Van den Berghe Adanya segmentasi dalam kelompok – kelompok dengan kebudayaan yang berbeda. Strukur sosialnya terbagi kedalam lembaga yang non komplementer. Konsensus antar anggota kurang dikembangkan. Sering timbul konflik. Integrasinya tidak secara sukarela tetapi dengan paksaan. Adanya dominasi politik

7 Faktor –Faktor yang menyebabkan kemajemukan masyarakat Indonesia Keadaan/faktor geografis Indonesia yang terletak antara Samudra Indonesia dan Samudera Pasifik Iklim yang berbeda serta struktur tanah di berbagai daerah kepulauan Nusantara

8 Pengaruh Positif dan Negatif kemajemukan masyarakat Indonesia a. Pengaruf positif Terdapat keanekaragaman budaya yang terjalin serasi dan harmonis sehingga terwujud integrasi.

9 b.Pengaruh negatif : 1.Primordialisme 2.Stereotip etnik 3.Potensi Konflik Pengaruh Positif dan Negatif kemajemukan masyarakat Indonesia

10 Keadaaan masyarakat majemuk Indonesia menimbulkan ketergantungan terhadap bantuan luar negeri. Menurut Gunadi bantuan luar negeri tidak ada yang murni bersifat ekonomi atau bersifat politik saja. Pemberi pinjaman dan penerima pun selalu dilandasi kepentingan ekonomi dan politik. Mereka juga memperhitungkan manfaat yang diperoleh naik oleh sipemberi maupun oleh si penerima sesuai dengan sifat pemerintahannya masing-masing.

11 Sebagai negara yang memiliki ketergantungan ekonomi pada negara-negara industri maju, Indonesia mempunyai kewajiban untuk membeli produk dari negara-negara pemberi pinjaman tersebut, sehingga Indonesia menjadi negara yang ketergantungan.

12 a. Dampak positif : 1. membuka lapangan pekerjaan 2. menambah devis 3. perekonamian bertumbuh pesat Ketergantungan Indonesia pada pinjaman luar negeri secara tidak langsung memberi dua dampak yaitu:

13 b. Dampak Negatif : 1. Produk dalan negeri kurang laku dipasaran. 2. Sumber daya alam menjadi rusak dan dimanfaatkan oleh orang lain. Ketergantungan Indonesia pada pinjaman luar negeri secara tidak langsung memberi dua dampak yaitu:

14 Sedangkan menurut Goldthorpe ( 1992 : 242 ) akibat dari menjamurnya PMA yang merupakan dampak dari adanya bantuan luar negeri adalah : - Meningkatnya urbanisasi karena di desa tanah garapannya menjadi hilang atau berubah fungsi - Banyaknya gelandangan di kota, karena kaum urban tidak memiliki modal ataupun pengetahuan sebagai bekal untuk hidup di kota. - Pedesaan semakin dikuasai oarang orang kota sehigga tanpa disadari menyebabkan ekspansi ekonomi

15 Masuknya unsur-unsur asing kapitalis selain berpengaruh pada perekonomian indonesia juga berpengaruh pada sistem politik indonesia. munculnya para konglomerat merupakan pengaruh dari sistem kapitalis yang secara tidak langsung adalah dampak dari adanya bantuan luar negeri. Akibatnya sebagai negara penghasil bahan baku untuk negara- negara industri yang sekaligus sebagai pengimpaor dan pasar hasil industri. Untuk mengatasi masalah masalah tersebut, yang paling penting adalah meningkatkan kualitas sumber daya manusia Indonesia yang berkualitas. Melalui pendidikan sekolah semua itu bisa dicapai.

16 Solusi terhadap masalah masyarakat majemuk di Indonesia 1.Asimilasi 2.Self – Segretion 3.Integrasi 4.Pluralisme

17 terimakasih


Download ppt "Keragaman dan Kesetaraan. Struktur majemuk masyarakat Indonesia Masyarakat majemuk adalah suatu keadaan masyarakat yang terdiri dari berbagai kepentingan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google