Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HAIKU, SENRYU, WAKA PUISI (PANTUN).

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HAIKU, SENRYU, WAKA PUISI (PANTUN)."— Transcript presentasi:

1 HAIKU, SENRYU, WAKA PUISI (PANTUN)

2 Perkembangan Puisi (Pantun)
Pencerahan Haikai Perkembangan Haikai (Bashoo) Kebangkitan Senryuu Kyooka Kematangan Kangaku Kanshibun Kokugaku Waka

3 Masa Perkembangan Haiku
Berasal dari renga, yg menjadi haikai no renga, setelah lepas dari renga dia ditulis sendiri dg haiku. Syair pilihan dari haikai no renga. Haiku terdiri dari suku kata Haiku harus mencantumkan 季語(kata2 berbau alam/musim) dan juga memiliki 切れ字(huruf pemotong) seperti や、かな、 Perkembangan haikai pd jaman Edo berkat jasa Matsunaga Teitoku Aliran-aliran Haiku: Aliran Teimon  Aliran Danrin Aliran Bashoo

4 Aliran Teimon Aliran yg diusung oleh Matsunaga Teitoku, berbasis di Kyoto Kumpulan karya siswa Teimon dibukukan dlm Enokoshuu. Teimon merevisi buku Inutsukubashuu yg dianggap tll vulgar menjadi Shinzoo inutsukubashuu dan menyusun buku ttg kosakata haikai dlm Gosan. Murid-murid Teimon: Matsue Shigeyori, Yasuhara Teishitsu, Kitamura Kigin

5 Ciri Aliran Teimon Contoh Haiku Aliran Teimon
Mengutamakan permainan kata Menekankan pd hal2 yg lucu Contoh Haiku Aliran Teimon Kouyasan tani no hotaru mo Hijiri kana Di Gunung Koya, jangan-jangan kunang-kunang di lembah pun adalah orang suci..

6 Aliran Danrin Aliran yg dikemukakan oleh Nishiyama Sooin dan Ihara Saikaku, berbasis di Osaka Ciri: Tidak mengikuti pola 5-7-5 Pengungkapan bebas Curahan perasaan rakyat jelata Contoh Haiku Aliran Danrin Tai wa Hana wa minu sato mo ari kyou no tsuki Mungkin ada juga desa yang tidak pernah melihat taiyaki (kue ikan) dan bunga yang cantik, tapi bulan hari ini dari mana pun kelihatan, sekalipun dari desa yang miskin

7 Aliran Bashoo Menggantikan aliran Danrin yg dianggap tll bebas
Penyair seperti Ikenishi Gonsui, Konishi Raizan, Uejima Onitsura, Yamaguchi Sodoo, Matsuo Bashoo menciptakan aliran baru. Ciri: Bersifat sunyi, sepi, tapi mulia Perjalanan Berhubungan dg alam

8 松雄芭蕉の俳句 Matsuo Basho 松雄芭蕉(1644-1694)
Ia yang pertama kali mempopulerkan Haiku Isi dari haikunya berbau filosofis & dramatis, menganalogikan keindahan alam menjadi suatu pemikiran yang dalam Basho menulis kumpulan haiku yang berjudul “ookuno hosho michi”(narrow road to the north) hasil dari perjalanannya berkelana dari Edo sampai ke Honshu kemudian Kembali ke Edo. Perjalanan ini memakan waktu 2 tahun , 2400 Km. Kemudian ia menyusun Haiku yang selama ini ditulisnya selama di perjalanan dan diterbitkan tahun 1694. 松雄芭蕉の俳句 ふるいけやかわずとびこむみずのおと Kolam tua. Kodok meloncat. Plung..suara di air

9 Horo horo-to yamabuki chiruka taki no oto Satu per satu bunga yamabuki berguguran dan terdengar deras gemercik air terjun Shizukasa-ya iwa-ni shimiiru semi no koe Hening sunyi, hanya desing belalang seakan meresap ke pori batu besar itu

10 Murid-murid Bashoo 10 orang: Enomoto Kikaku, Hattori Ransetsu, Mukai Kyorai, Naitoo Jooso, Shida Yaba, Sugiyama Sanpuu, Ochi Etsujin, Tachibana Hokushi, Kagami Shikoo, Morikawa Kyoriku Mereka memegang prinsip2 dasar Bashoo dan mengembangkan bakatnya dan alirannya sendiri

11 Echigoya-ni kinu saku to-ya koromogae (Kikaku)
Di toko Echigoya terdengar suara pemotongan kain, teringat bahwa sebentar lagi akan tiba musim baru Shimogyoo-ya yuki tsumu ue-no yoru-no mon (Bonchoo) Hujan turun pada waktu malam hari, di atas salju di sebelah selatan Kyoto, terasalah dinginnya hawa Jikidoo-ni suzume nakunari yuushigure (Shikoo) Di ruang makan di sebuah kuil, burung gereja bernyanyi, hujan sebentar yang turun di waktu sore mengingatkan sekarang masih musim gugur Hototogisu naku-ya kosui-no sasanigori (Joosoo) Burung hototogisu menyanyi dan air danau Biwa mulai mengeruh, teringatlah bahwa kini hanya musim semi

12 Haikai Jaman Tenmei (1781-1788)
Pengembangan aliran oleh murid Bashoo menyebabkan kematian Haiku. Muncul gerakan Tenmei yg bertujuan membangkitkan haikai ala Bashoo. Penyair Haiku aliran Tenmei adalah Tantaigi (haiku bertema orang), Yokoi Yayuu (menulis Uzuragoromo), dan Yosa Buson (Penyair & pelukis, Memberikan kesan yg bersifat lukisan kpd org yg membacanya)

13 Haiku Yosa Buson 菜の花や月は東に日は西に na no hana ya tsuki wa
Haru-no umi hinemosu notari notari kana Di laut pada waktu musim semi, selama sehari penuh terlihat ombak kecil menghempas kian-kemari, seolah-olah mengusap-usap pasir di pantai 菜の花や月は東に日は西に na no hana ya tsuki wa higashi ni hi wa nishi ni..

14 Haiku Jaman Kaseiki (1804-1829)
Haiku mencapai kepopulerannya, banyak dibuat karya haikai tapi secara kualitas menurun Penyair yg menonjol Kobayashi Issha. Ciri: Menggunakan bahasa rakyat & dialek sehari-hari Menggunakan unsur kehidupan sehari-hari Menerbitkan kumpulan Haiku Oragaharu Contoh Haiku Issha Yasegaeru makeru na Issa Kore ni ari Hai katak yang kurus, jangan kau sampai kalah berkelahi, karena aku ada di sisimu

15 SENRYUU Bagian awal dari kumpulan haikai yg berdiri sendiri, Tidak harus bicara tentang musim Banyak berisi tentang kejadian dan manusia, satir tentang masyarakat, status sosial yg tinggi, pekerjaan dsbnya Pengarang: Karai Senryuu  terkenal krn pilihan pantun awal haikai, Goryooken Arubeshi  mengumpulkan & menerbitkan yg dipilih Karai (Haifuu Yanagidaru)

16 Ciri Senryuu lucu rakyat perasaan manusia tdk berkaitan dg musim
sindiran

17 Contoh Senryu karya Karai Senryu
Pekerjaan おはなげを  Pekerjaannya sekarang hanya かぞえているが menghitung bulu hidung つとめなり tuannya Kondisi Manusia へをひって Orang yang hidup sendirian おかしくもない meskipun ia kentut ひとりのもの tidak ada lucu-lucunya Kehidupan rumah tangga 女房を Laki-laki こわがるやつは Yang takut dengan istri かねができる Bisa menghasilkan uang 武士は食べわねど高楊枝 samurai meskipun tidak makan tapi memakai tusuk gigi

18 Contoh Senryuu modern ただいまは 犬に言うなよ オレに言え
ただいまは 犬に言うなよ オレに言え Jangan mengucapkan “aku pulang” kepada anjing, tapi ucapkan padaku “空気読め!!” それより部下の 気持ち読め!! Daripada bilang “baca situasi!!” lebih baik bilang “baca perasaan” para bawahan

19

20 KYOOKA (PANTUN JENAKA)
Kyoka mengekspresikan secara bebas dan tidak sopan, tapi ini ciri khasnya. Kyoka sangat diminati pertengahan Muromachi. Di zaman Edo, berkat pedagang dari Osaka Kyoka berkembang pesat. Pengarang: Matsunaga Teitoku Shoohakudoo Gyoofuu (Kokon Hinaburishuu) Taiya Teiryuu Yomo no Akara (Mansai Kyookashuu) Karakoromo Kitsushuu Akera Kankoo

21 Ciri Kyooka Lucu Sindiran pd waka Isinya dangkal

22 Contoh Kyooka Yamabuki no hana kami bakari kamiire-ni mino hitotsudani nakizo kanashiki (Yomono Akara) Tak sehelai pun uang dalam dompetku, hanyalah helai-helai bunga Yamabuki, sungguh menyedihkan.

23 PERKEMBANGAN WAKA (kurang berbobot) Zaman Kan’ei Hosokawa Yuusai
Kinoshita Chooshooshi Matsunaga Teitoku Zaman Genroku Koda Mosui (menulis teori pantun waka yang disebut higagoto to shirabe) Akhir Zaman Edo Kagawa Kageki Kumagai Naoyoshi Kinoshita Takabumi Hatta Tomonori

24 KOKUGAKU Muncul penyair yg meletakkan dasar penelitian bahasa & sastra klasik  Shimonokoobe Chooryuu, Soo Keichuu, Kada no Azumamaro Chooryuu  senang waka & penelitian sastra klasik Keichuu  penelitian berdasarkan filologi (Manyoo Daishooki, cttn ttg manyoshuu), Waji Shooranshoo (kamus kanji Jepang) Azumamaro  tdk setuju ajaran Konfusius, menganjurkan penelitian ‘kokugaku’

25 Kokugaku Kokugaku  usaha utk meneliti segala sesuatu ttg Jepang yg mencakup bhs & sastra klasiknya Kamo no Mabuchi  yg membuka kokugaku. Hasil karyanya Manyookoo (studi tentang manyoshu) Sebagai penyair, ia menggunakan gaya bahasa shinkokinshuu pd awalnya, berubah jadi manyoshuu dan di hari tuanya dia ingin menggunakan gaya bhs sederhana seperti dlm Nihonshoki & Kojiki

26 Perkembangan Kokugaku
Motoori Norinaga mengikuti jejak Mabuchi, meneliti sastra Jepang scr ilmiah  Kojikiden Norinaga menyebarkan kokugaku ke seluruh negeri & membuatnya membudaya dlm masy. Jepang Sepeninggal Norinaga, pengikutnya meneliti berdasarkan keinginannya masing-masing sehingga Kokugaku pecah, penelitian berikutnya hanya berdasar filologi & detilnya saja (Bannobu Tomo) atau pemikiran agama Shinto (Hirata Atsutane)

27 Konfusianisme Karena pemerintah feodal militer menetapkan konfusianisme sebagai ilmu resmi, maka kitab-kitab konfusianisme pun dibahas dan disebarkan. Di zaman Genroku seorang sarjana bernama Itoo Jinsai berpendapat bahwa studi konfusianisme harus dikembangkan, hal ini berkembang menjadi ilmu filsafat kuno (kogaku)

28 KANSHIBUN Penyair awal pramodern yg terkenal: Ishikawa Joozan
Stlh konfusianisme populer, orang lbh condong membuat syair kansibun daripada mempelajari ilmu pengetahuan Muncul penyair-penyair: Hattori Nankaku, Kansazan, Yanagawa Seigan, Raisanyoo, Hirose Tansoo Muncul pula Kyooshi (syair gila), penyairnya Oota Shkusanjin, Hiraga Gennai


Download ppt "HAIKU, SENRYU, WAKA PUISI (PANTUN)."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google