Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Undang Undang No. 44/2009 tentang RS (1)Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan RS wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 (tiga) tahun sekali.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Undang Undang No. 44/2009 tentang RS (1)Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan RS wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 (tiga) tahun sekali."— Transcript presentasi:

1 Undang Undang No. 44/2009 tentang RS (1)Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan RS wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 (tiga) tahun sekali. (2)Akreditasi RS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh suatu lembaga independen baik dari dalam maupun dari luar negeri berdasarkan Standar Akreditasi yang berlaku (3)Lembaga independen sebagaimana dimaksud pada ayat (2) ditetapkan oleh Menteri. (4)Ketentuan lebih lanjut mengenai akreditasi RS bagaimana dimaksud pada ayat (1), & ayat (2) diatur dalam Peraturan Menteri. (1)Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan RS wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 (tiga) tahun sekali. (2)Akreditasi RS sebagaimana dimaksud pada ayat (1) dilakukan oleh suatu lembaga independen baik dari dalam maupun dari luar negeri berdasarkan Standar Akreditasi yang berlaku (3)Lembaga independen sebagaimana dimaksud pada ayat (2) ditetapkan oleh Menteri. (4)Ketentuan lebih lanjut mengenai akreditasi RS bagaimana dimaksud pada ayat (1), & ayat (2) diatur dalam Peraturan Menteri.

2 1987:Dep. Kes. dengan bantuan US.AID membuat diagnosa/kajian kelemahan-kelemahan managemen rumah sakit yang mendukung asuransi kesehatan diberbagai provinsi dengan hasil : 1. Kinerja Organisasi dan Managemen 2.Kinerja pelayanan medis kepada pasien Karena belum ada standar dan perangkat ukur objektif yang baku. 3. Terdapat Variasi mutu pelayanan dan kinerja managemen yang besar dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya. 1987:Dep. Kes. dengan bantuan US.AID membuat diagnosa/kajian kelemahan-kelemahan managemen rumah sakit yang mendukung asuransi kesehatan diberbagai provinsi dengan hasil : 1. Kinerja Organisasi dan Managemen 2.Kinerja pelayanan medis kepada pasien Karena belum ada standar dan perangkat ukur objektif yang baku. 3. Terdapat Variasi mutu pelayanan dan kinerja managemen yang besar dari satu rumah sakit ke rumah sakit lainnya. AKREDITASI RUMAH SAKIT DI INDONESIA. Tidak dapat diukur Secara optimal 2.

3 1993:S.K. MENKES No.436/MENKES/SK/VI/1993 Menetapkan : Berlakunya standar pelayanan Rumah Sakit dan Standar Pelayanan Medis di Rumah Sakit : 1993:S.K. MENKES No.436/MENKES/SK/VI/1993 Menetapkan : Berlakunya standar pelayanan Rumah Sakit dan Standar Pelayanan Medis di Rumah Sakit : 1.ADM dan Manajemen 2.Pel. Medis 3.Pel. Gawat Darurat 4.Pel. Perinatal Resiko Tinggi 5.Pel. Keperawatan 6.Pel. Anestesi 7.Pel. Radiologi 8.Pel. Farmasi 9.Pel. Laboratorium 10.Pel. Rehab Medis 11.Pel. Gizi 12.Pel. Rekam Medis 13.Pel. K3 14.Pel. Kamar Operasi 15.Pel. Insentif 16.Pengendalian Infeksi di R.S. 17.Pel. Sterilisasi Sentral 18.Pemeliharaan Sarana 19.Perpustakaan 20.Pel. Lain-lain Standar Pelayanan Rumah Sakit : 20 Pelayanan 2006:Jumlah Pelayanan R.S. yang diakreditasi 16 Pelayanan termasuk pelayanan Darah.

4 SETIAP PELAYANAN : 7 STANDAR 1.Falsafah dan Tujuan 2.ADM dan Pengelolaan 3.Staf dan Pimpinan 4.Fasilitas dan Peralatan 5.Kebijakan dan Prosedur 6.Pengembangan Staff dan Program Pendidikan 7.Evaluasi dan pengendalian mutu 1.Falsafah dan Tujuan 2.ADM dan Pengelolaan 3.Staf dan Pimpinan 4.Fasilitas dan Peralatan 5.Kebijakan dan Prosedur 6.Pengembangan Staff dan Program Pendidikan 7.Evaluasi dan pengendalian mutu Tahun 2006 Revisi : 6.Parameter Patient Savety dimasukkan ke Parameter Administrasi dan Manajemen 3.Parameter Patient Savety dimasuk- kan ke Parameter Pelayanan Medis 7 Standar keselamatan pasien

5 Jumlah Pelayanan yang diakreditasi: 16 Jumlah Standar: 112 Jumlah Parameter: 314

6 KONSEP DASAR AKREDITASI RUMAH SAKIT STANDAR RUMAH SAKIT KEMKES MEMENUHI SURVEI AKREDITASI R.S. INSTRUMEN AKREDITASI SERTIFIKAT KARS 16.Standar Pelayanan 7. Standar Keselamatan Pasien SERTIFIKASI SK MEKKES R.I. No.1165A TH.2001 Tentang KARS


Download ppt "Undang Undang No. 44/2009 tentang RS (1)Dalam upaya peningkatan mutu pelayanan RS wajib dilakukan akreditasi secara berkala minimal 3 (tiga) tahun sekali."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google