Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh: Ira Rahayu, S.Pd.  Kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat dari seorang pengarang, atau ucapan seseorang yang terkenal, baik terdapat dalam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh: Ira Rahayu, S.Pd.  Kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat dari seorang pengarang, atau ucapan seseorang yang terkenal, baik terdapat dalam."— Transcript presentasi:

1 Oleh: Ira Rahayu, S.Pd

2  Kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat dari seorang pengarang, atau ucapan seseorang yang terkenal, baik terdapat dalam buku maupun sumber lainya.

3  Menurut jenisnya, kutipan dapat dibedakan atas kutipan langsung dan kutipan tak langsung.  Kutipan langsung adalah pinjaman pendapat dengan mengambil secara lengkap kata demi kata, kalimat demi kalimat dari sebuah teks asli.  Kutipan tak langsung adalah pinjaman pendapat seorang pengarang atau tokoh terkenal berupa intisari atau ikhtisar dari pendapat tersebut.

4  Jangan mengadakan perubahan. Pada waktu melakukan kutipan langsung pengarang tidak boleh mengubah kata-kata atau teknik dari teks aslinya.  Menandai perbaikan bila ada kesalahan. Bila ada kesalahan baik dalam persoalan ejaan maupun dalam soal-soal ketatabahasaan, penulis tidak boleh langsung memperbaiki kesalahan-kesalahan itu.  Menghilangkan kutipan. Dalam kutipan-kutipan diperkenankan pula menghilangkan bagian-bagian tertentu dengan syarat bahwa penghilangan bagian itu tidak boleh mengakibatkan perubahan makna aslinya atau makna keseluruhannya. Penghilangan itu biasaanya ditandai dengan tanda elipsisi [...].

5  Kutipan langsung yang tidak lebih dari empat baris  Kutipan langsung yang lebih dari empat baris  Kutipan tak langsung  Kutipan atas ucapan lisan  Kutipan yang sumbernya dari internet

6  Karya sastra adalah ciptaan yang dapat menimbulkan rasa indah baik orang yang membaca atau merasakannya, baik dari segi bahasa maupun isinya (Suprapto, 1993:42). Salah satu bentuk karya sastra adalah novel. Menurut Teeuw (1967:67) Novel adalah genre prosa yang menampilkan unsur-unsur cerita yang paling lengkap, memiliki media yang luas, selain itu novel juga menyajikan masalah-masalah kemasyarakatan yang paling luas. Pada umumnya sebuah novel bercerita tentang tokoh-tokoh dan kelakuan mereka dalam kehidupan sehari-hari, oleh karena itulah novel dikatakan genre yang paling sosiologis dan responsip sebab sangat peka terhadap fluktuasi sosiohistoris ( Ratna, 2004:336).

7 Untuk lebih jelasnya maka penulis akan mencoba memaparkan beberapa pendapat para ahli tentang fiksi. Abrams (seperti dikutip Nurgiantoro, 2007:2) menyatakan bahwa. Prosa dalam pengertian kesastraan juga disebut fiksi (fiction), teks naratif (narrative text) atau wacana naratif (narrative discource) (dalam pendekataan struktur dan semiotik). Istilah fiksi dalam pengertian ini berarti cerita rekaan atau cerita khayalan. Hal ini disebabkan fiksi merupakan karya naratif yang isinya tidak menyaran pada kebenaran sejarah.

8 Dalam seminar internasional yang di selenggarakan oleh Unswagati, pada 19 Februari2011 lalu, Ahmadun Yosi Herfanda mengatakan, “Pengajaran sastra dapat membantu perkembangan karakter siswa.”

9 Perkembangan kereta api di Hindia-Belanda seperti yang dipaparkan oleh Minke, juga dapat ditelisik dalam sejarah perkeretaapian di Indonesia. Sejarah perkeretaapian di Indonesia diawali dengan pencangkulan pertama pembangunan jalan kereta api di desa Kemijen, Jum'at tanggal 17 Juni 1864, oleh Gubernur Jenderal Hindia Belanda, Mr. L.A.J Baron Sloet van den Beele. Pembangunan diprakarsai oleh "Naamlooze Venootschap Nederlandsch Indische Spoorweg Maatschappij" (NV. NISM) yang dipimpin oleh Ir. J.P de Bordes dari Kemijen menuju desa Tanggung (26 Km) dengan lebar sepur 1435 mm. Ruas jalan ini dibuka untuk angkutan umum pada hari Sabtu, 10 Agustus (http://jatidukuh.multiply.com/journal) 17 Juni1864Gubernur JenderalHindia BelandaL.A.J Baron Sloet van den Beelesepur10 Agustus1867http://jatidukuh.multiply.com/journal


Download ppt "Oleh: Ira Rahayu, S.Pd.  Kutipan adalah pinjaman kalimat atau pendapat dari seorang pengarang, atau ucapan seseorang yang terkenal, baik terdapat dalam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google