Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MEDIA STUDIES AN INTRODUCTION. Secara general, media dikaitkan film, televisi, radio, majalah dan surat kabar sehingga media massa merupakan sebuah kajian.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MEDIA STUDIES AN INTRODUCTION. Secara general, media dikaitkan film, televisi, radio, majalah dan surat kabar sehingga media massa merupakan sebuah kajian."— Transcript presentasi:

1 MEDIA STUDIES AN INTRODUCTION

2 Secara general, media dikaitkan film, televisi, radio, majalah dan surat kabar sehingga media massa merupakan sebuah kajian yang sangat luas. Media menjadi menarik diteliti karena media berhubungan dengan kondisi sosial, politik, budaya dan personal dan bagaimana media dikaitkan dengan kondisi lokal dan internasional. Jika kita menonton drama televisi maka program televisi adalah drama; apa yang dikatakan dan bagaimana mengatakannya.

3 Semua analisis media yang tidak memperdulikan pembaca, pemirsa, pendengar adalah analisis yang bersifat terbatas dan parsial. Hal ini harus dilihat secara dimensi global dan politik media dan bagaimana hubungannya dengan pemirsa yang melakukan konsumsi media.

4 Media studies menyatakan bahwa semua acara televisi adalah hiasan dan dramatisasi. Bagaimana metode dan pendekatan untuk memastikan bagaimana kebenaran atau kepalsuan yang disampaikan oleh media. Media studies juga mempelajari audiences; bagaimana memahami dan menafsirkan audiences.

5 MEDIA MASSA: OBYEK PENELITIAN Produksi media Lembaga atau organisasi media Audience atau pengguna media Media output

6 Pemirsa televisi merupakan daily output dari industri televisi. Berita merupakan bagian dari output organization. Harus dilihat siapa yang memproduksi media: edit, report, check sound dan lain sebagainya. Media studies mempelajari bagaimana semua ini berhubungan di mana media membangun dan merepresentasikan budaya manusia.

7 ANALISIS/OUTPUT MEDIA Media output adalah bagaimana produksi media dan organisasi media terhadap audiences. Analisis yang ada meliputi teks media pada iklan, majalah, surat kabar, film, DVD, program televisi dan komik. Terminologi media output adalah tulisan dan narasi lisan, cerita, visual yang membangun dan representasi realitas dunia.

8 Analisis media adalah kajian komponen yang membentuk media. Semakin kritis analisis, semakin menarik dinamika media dan output media. Realitasnya media tidak pernah netral atau bebas ideologi atau kepercayaan bagaimana dunia ditampilkan. Pertanyaannya adalah analisis media dan analisis produksi media output.

9 Poin penting lainnya adalah analisis tidak hanya berkutat pada teks namun pada konteks masyarakat dan sejarah di mana produksi media terjadi. Misalnya Michael Moore Fahrenheit 9/11. Bagaimana film ini menampilkan konteks AS dan bagaimana produksi film yang mewakili masyarakat dan sejarah AS. Bagaimana peran media pada kondisi sosial dan politik.

10 ANALISIS/AUDIENCES MEDIA Pemirsa, pembaca, pendengar tidak hanya menafsirkan teks namun bagaimana output dan produksi media dibentuk dalam kehidupan sehari-hari. Bagaimana audiences berkata tentang teks dan bagaimana audiences memperlakukan product media dan output media.

11 Mengacu kepada film Moore maka Film (genre, penggunaan cuplikan berita, penampilan Moore di dalam film). Audiences (siapakah yang menonton film dan perasaan apakah yang muncul ketika menonton film tersebut).

12 Bentuk, Representasi Dan Produksi Media Media studies juga mempelajari bagaimana isi media dibentuk dan dikemas. Istilah genre, narasi, gaya dan bentuk dapat digunakan menggambarkan isi media dengan istilah khusus seperti opera sabun, dokumenter, noir film, fiksi ilmiah dan lain sebagainya.

13 REPRESENTASI MEDIA Istilah representasi digunakan untuk penggambaran kehidupan sosial dalam film, televisi, musik, bahasa dan budaya. Representasi tidak hanya menunjukkan teks, lisan, tulisan namun bagaimana pengaturan tanda yang digunakan untuk menghasilkan makna mengenai manusia atau pengalaman yang ada. Representasi media yang merupakan kumpulan teks merupakan kumpulan tanda yang menghasilkan makna mengenai budaya dan manusia dan bagaimana semua hal ini bersinggungan secara nasional dan internasional.

14 MEDIA STUDIES AND MEDIA ANALYSIS

15 KUANTITAS MEDIA: KUANTITATIF Seberapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menonton televisi. Berapa jumlah program televisi atau genre yang muncul pada 1 hari atau 1 minggu. Siapakah yang menggunakan teknologi mobile atau digital

16 Bagaimana media digital, teknologi media mempengaruhi kehidupan sosial Bagaimana representasi media mewakili masyarakat yang ada; siapakah yang memproduksi dan mengkonsumsi media. Apakah media massa bersifat netral dalam melakukan produksi media.

17 KUALITAS: KUALITATIF Penelitian kualitatif meneliti hubungan manusia dan media. Bagaimana audiences menafsirkan atau melakukan dekoding media output Sejauh mana media sebagai alat untuk memebentuk ide dan perilaku. Penelitian kualitatif memahami penafsiran, pembacaan dan pemaknaan media ouput pada audiences. Metodologi: wawancara, partisipasi dan observasi.

18 Paradigma Penelitian Pada Media Studies Penelitian KuantitatifPenelitian Kualitatif Analisis media output dan menyajikan data dalam bentuk data statistik. Efek media, penggunaan media, pemaknaan media dan konsumsi media merupakan topik penelitian kuantitatif. Analisis media secara keseluruhan dan bagaimana audiences membentuk makna. Decoding media

19 CONTOH-CONTOH PENELITIAN

20

21

22

23

24

25

26 Terima Kasih


Download ppt "MEDIA STUDIES AN INTRODUCTION. Secara general, media dikaitkan film, televisi, radio, majalah dan surat kabar sehingga media massa merupakan sebuah kajian."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google