Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEJAHATAN KOMTER DAN PENGAMANANNYA. KEJAHATAN KOMPUTER (COMPUTER FRAUD) Kejahatan komputer adalah segala bentuk tindakan yang merugikan fihak lain dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEJAHATAN KOMTER DAN PENGAMANANNYA. KEJAHATAN KOMPUTER (COMPUTER FRAUD) Kejahatan komputer adalah segala bentuk tindakan yang merugikan fihak lain dengan."— Transcript presentasi:

1 KEJAHATAN KOMTER DAN PENGAMANANNYA

2 KEJAHATAN KOMPUTER (COMPUTER FRAUD) Kejahatan komputer adalah segala bentuk tindakan yang merugikan fihak lain dengan memanfaatkan teknologi komputer. Kejahatan komputer masuk kategori tindakan kriminal kerah putih (white- collar criminals) sebagai lawan dari tindakan kriminal dalam bentuk kekerasan (vionelnt crimes).

3 KEJAHATAN KOMPUTER (COMPUTER FRAUD) Kategori kejahatan komputer: –Penyalahgunaan aset (missapropriation of assets) –Penyimpangan data pada laporan keuangan (fraudulent financial reporting)

4 KEJAHATAN KOMPUTER (COMPUTER FRAUD) The National Commission on Fraudulent Financial Reporting (the Treadway Commission) merekomendasikan 4 tindakan untuk mencegah Fraudulent Financial Reporting): 1.Menciptakan lingkungan pengendalian untuk memastikan keandalan laporan keuangan. 2.Mengidentifikasi dan memahami faktor- faktor yang mendorong penyimpangan laporan keuangan.

5 KEJAHATAN KOMPUTER (COMPUTER FRAUD) 3.Mengestimasi risiko penyimpangan laporan keuangan. 4.Merancang dan mengimplementasikan SPI untuk mencegah penyimpangan laporan keuangan.

6 PROSES KEJAHATAN KOMPUTER 1.Pencurian atas aset yang berharga 2.Konversi aset menjadi kas 3.Menutupi kejahatan dengan rekayasa pembukuan Cara lain kejahatan komputer: 1.Lapping – penyalah gunaan penerimaan kas 2.Kiting – penyalahgunaan transfer kas antar bank.

7 PENYEBAB KEJAHATAN KOMPUTER 1.Tekanan (Pressures), baik keuangan, beban kerja, atau tekanan bentuk lain. 2.Peluang (Opportunities), yaitu peluang bagi seseorang untuk bertindak tidak jujur. 3.Rasionalisasi (Rationalizations), yaitu dalam bentuk sejumlah alasan untuk menghalalkan tindakan kejahatan.

8 PERTUMBUHAN KEJAHATAN KOMPUTER 1.Sejumlah kejahatan komputer terus berjalan tanpa bisa dideteksi hingga 90 persen kejahatan komputer yang terungkap tidak dilaporkan, dengan sejumlah alasan. 3.Sebagian besar jaringan komputer tidak memiliki pengamanan yang kuat. 4.Terdapat sejumlah halaman internet memberikan pembelajaran tentang kejahatan komputer. 5.Penegakan hukum tidak bisa mengikuti pertumbuhan bentuk dan jenis kejahatan komputer.

9 KLASIFIKASI KEJAHATAN KOMPUTER 1.Kejahatan pada sisi input 2.Kejahatan pada sisi proses 3.Kejahatan pada sisi data 4.Kejahatan pada sisi output 5.Kejahatan pada sisi instruksi

10 TUGAS Jelaskan pengertian dari berbagai teknik kejahatan komputer berikut ini: 1.Cracking 2.Data diddling 3.Data leakage 4.Denial-of-service attack 5.Eavesdropping 6. forgery 7. threats

11 TUGAS 8.Hacking 9.Internet misinformation 10.Internet terrorism 11.Logic time bomb 12.Masquerading or impersonation 13.Password cracking 14.Piggybacking 15.Round-down 16.Salami technique

12 TUGAS 17.Scavenging 18.Social engineering 19.Software piracy 20.Spamming 21.Superzapping 22.Trap door 23.Trojan horse 24.Virus 25.War dialing 26.Worm


Download ppt "KEJAHATAN KOMTER DAN PENGAMANANNYA. KEJAHATAN KOMPUTER (COMPUTER FRAUD) Kejahatan komputer adalah segala bentuk tindakan yang merugikan fihak lain dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google