Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ARTIKEL KEPRIBADIAN ARDITA 20100720012. Memahami Tipe Dasar Kepribadian Manusia Berikut ini digolongkan tipe kepribadian secara umum. 1. Tipe Sanguin.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ARTIKEL KEPRIBADIAN ARDITA 20100720012. Memahami Tipe Dasar Kepribadian Manusia Berikut ini digolongkan tipe kepribadian secara umum. 1. Tipe Sanguin."— Transcript presentasi:

1 ARTIKEL KEPRIBADIAN ARDITA

2 Memahami Tipe Dasar Kepribadian Manusia Berikut ini digolongkan tipe kepribadian secara umum. 1. Tipe Sanguin Tipe kepribadian yang satu ini mempunyai banyak kekuataan, bersemangat, mempunyai gairah hidup, menguasai keadaan/lingkungan, menyenangkan. 2. Tipe Melankolis Tipe ini mempunyai karakter dasar analisis yang kuat, rasa seni yang tinggi, perfeksionis, sensitive,berbakat dan rela berkorban, optimis, pantang menyerah, suka keterautan, dan melakukan pekerjaan dengan berusaha mencapai hasil 100 %, selalu mengandalkan perasaan dalam melakukan segala sesuatu.

3 Lanjutan……… 3. Koleris Tipe kepribadian yang satu ini biasanya ditandai dengan semangatnya yang berapi-api, cekatan, aktif, mempunyai kemauan keras, mampu untuk mandiri dan berpikir praktis. 4. Plegmatis Tipe plegmatis merupakan tipe kepribadian yang sifatnya alamiah, pendamai, tidak suka kekekarasan, mudah diajak bergaul, ramah dan menyenangkan sehingga tidak heran jika mempunyai teman dimana mana.

4 MACAM - MACAM GANGGUAN KEPRIBADIAN MANUSIA 1. Gangguan Kepribadian Paranoid Dengan ciri-ciri : Kepekaan berlebihan terhadap kegagalan dan penolakan. Kecenderungan untuk tetap menyimpan dendam. Kecurigaan dan kecenderungan mendistorsikan pengalaman dengan menyalah artikan tindakan orang lain yang netral atau bersahabat sebagai suatu sikap permusuhan dan penghinaan. Perasaan bermusuhan dan ngotot tentang hak pribadi tanpa memperhatikan situasi yang ada (actual situation). Kecurigaan yang berulang, tanpa dasar (justification) tentang kesetiaan seksual dari pasangannya. Kecenderungan untuk merasa dirinya penting secara berlebihan yang bermanifestasi dalam sikap yang selalu merujuk ke diri sendiri (self-referential attitude).

5 Lanjutan……….. 2. Gangguan Kepribadian Skizoid Ditandai dengan deskripsi berikut : Sedikitnya (bila ada) aktivitas yang memberikan kesenangan. Emosi dingin, efek mendatar, atau tak peduli (detachment). Kurang mampu untuk mengekspresikan kehangatan, kelembutan atau kemarahan terhadap orang lain. Tampak nyata ketidak-pedulian baik terhadap pujian maupun kecaman. Kurang tertarik untuk mengalami pengalaman seksual dengan orang lain (perhitungkan usia penderita).

6 Lanjutan………… 3. Gangguan Kepribadian Dissosiala Deskripsi berikut : 1. Bersikap tidak peduli dengan perasaan orang lain. 2. Sikap yang amat tidak bertanggung jawab dan berlangsung terus-menerus (persistent), serta tidak peduli terhadap norma, peraturan dan kewajiban sosial. 3. Tidak mampu memelihara suatu hubungan agar berlangsung lama, meskipun tidak ada kesulitan untuk mengembangkannya. 4. Toleransi terhadap frustasi sangat rendah dan ambang yang rendah untuk melampiaskan agresi, termasuk tindakan kekerasan. 5. Tidak mampu mengalami rasa salah dan menarik manfaat dari pengalaman, khususnya dari hukuman. 6. Sangat cenderung menyalahkan orang lain, atau menawarkan rasionalisasi yang masuk akal, untuk perilaku yang membuat pasien konflik dengan masyarakat.

7 Lanjutan………… 4. Gangguan Kepribadian Emosional Tidak Stabil Terdapat kecenderungan yang mencolok untuk bertindak secara impulsif tanpa mempertimbangkan konsekuensinya. Dua varian yang khas adalah berkaitan denga impulsivitas dan kekurangan pengendalian diri. 5. Gangguan Kepribadian Histrionik Deskripsi sebagai berikut : Ekspresi emosi yang dibuat-buat (self dramatization) seperti bersandiwara (theariticality) yang dibesar-besarkan (exaggerated). Bersifat sugestif, mudah dipengaruhi oleh orang lain atau oleh keadaan. Keadaan afektif yang dangkal dan labil. Terus-menerus mencari kegairahan (excitement). Penghargaan (appreation) dari orang lain, dan aktivitas dimana pasien menjadi pusat perhatian. Penampilan atau perilaku ”merangsang” (seductive) yang tidak memadai. Terlalu peduli dengan daya tarik fisik.

8 Lanjutan……… 6. Gangguan Kepribadian Anankastik Ditandai dengan ciri-ciri : Perasaan ragu-ragu dan hati-hati yang berlebihan; Preokupasi dengan hal-hal yang rinci (detail), peraturan, daftar, urutan, organisasi, atau jadwal; Perfeksionisme yang mempengaruhi penyelesaian tugas; Ketelitian yang berlebihan, terlalu berhati-hati, dan keterikatan yang tidak semestinya pada produktifitas, sampai mengabaikan kepuasan dan hubungan interpersonal; Keterpakuan dan keterikatan yang berlebihan pada kebiasaan sosial; Kaku dan keras kepala;

9 Lanjutan…………….. 7. Gangguan Kepribadian Cemas ( Menghindar ) Dengan ciri ciri : 1. Perasaan tegang dan takut yang menetap dan pervasif. 2. Merasa dirinya tidak mampu, tidak menarik atau lebih rendah dari orang lain. 3. Preokupasi yang berlebihan terhadap kritik dan penolakan dalam situasi social. 4. Keengganan untuk terlibat dengan orang lain kecuali merasa yakin akan disukai. 5. Pembatasan dalam gaya hidup karena alasan keamanan fisik. 6. Menghindari aktivitas sosial atau pekerjaan yang banyak melibatkan kontak interpersonal karena takut dikritik, tidak didukung atau ditolak.

10 Lanjutan………. 8. Gangguan Kepribadian Dependen Mendorong dan membiarkan orang lain untuk mengambil sebahagian besar keputusan penting untuk dirinya. Meletakkan kebutuhan sendiri lebih rendah dari orang lain kepada siapa ia bergantung dan kepatuhan yang tidak semestinya terhadap keinginan mereka. Keengganan untuk mengajukan permintaan yang layak kepada orang dimana tempat ia bergantung. Perasaan tidak enak atau tidak berdaya apabila sendirian, karena ketakutan yang dibesar-besarkan tentang ketidak mampuan mengurus diri sendiri. Preokupasi dengan ketakutan akan ditinggalkan oleh orang yang dekat dengan nya dan dibiarkan untuk mengurus dirinya sendiri. Terbatasnya kemampuan untuk membuat keputusan sehari-hari tanpa mendapat nasehat yang berlebihan dan dukungan dari orang lain.

11 SEPULUH KEPRIBADIAN YANG DISUKAI Beberapa kepribadian yang disukai baik perempuan ataupun laki-laki: 1. Ketulusan Menempati peringkat pertama sebagai sifat yang paling disukai oleh semua orang. Ketulusan membuat orang lain merasa aman dan dihargai karena yakin tidak akan dibodohi atau dibohongi. 2. Rendah hati Justru mengungkapkan kekuatan. Hanya orang yang kuat jiwanya yang bisa bersikap rendah hati. Ia seperti padi yang semakin berisi semakin menunduk.

12 Lanjutan…….. 3. Kesetiaan Sudah menjadi barang langka & sangat tinggi harganya. Orang yg setia selalu bisa dipercaya dan diandalkan. 4. Positif Selalu berusaha melihat segala sesuatu dari kacamata positif, bahkan dalam situasi yang buruk sekalipun. 5. Keceriaan Orang yang ceria adalah orang yang bisa menikmati hidup, tidak suka mengeluh dan selalu berusaha meraih kegembiraan.

13 Lanjutan…….. 6. Bertanggung Jawab Akan melaksanakan kewajibannya dengan sungguh- sungguh. Kalau melakukan kesalahan, dia berani mengakuinya. 7. Percaya Diri Memungkinkan seseorang menerima dirinya sebagaimana adanya, menghargai dirinya dan menghargai orang lain. 8. Kebesaran Jiwa Dapat dilihat dari kemampuan seseorang memaafkan orang lain. Orang yang berjiwa besar tidak membiarkan dirinya dikuasai oleh rasa benci dan permusuhan.

14 Lanjutan……….. 9. Easy Going Menganggap hidup ini ringan. Dia tidak suka membesar-besarkan masalah kecil. Bahkan berusaha mengecilkan masalah-masalah besar. 10. Empati Adalah sifat yang sangat mengagumkan. Orang yang berempati bukan saja pendengar yang baik tapi juga bisa menempatkan diri pada posisi orang lain.

15 Terima Kasih


Download ppt "ARTIKEL KEPRIBADIAN ARDITA 20100720012. Memahami Tipe Dasar Kepribadian Manusia Berikut ini digolongkan tipe kepribadian secara umum. 1. Tipe Sanguin."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google