Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER. 1. MEDIA PENGIRIMAN Dua atau lebih alat-alat pengiriman. Contoh; Layar komputer dan amplified speake, proyektor.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER. 1. MEDIA PENGIRIMAN Dua atau lebih alat-alat pengiriman. Contoh; Layar komputer dan amplified speake, proyektor."— Transcript presentasi:

1 PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER

2

3

4

5

6 1. MEDIA PENGIRIMAN Dua atau lebih alat-alat pengiriman. Contoh; Layar komputer dan amplified speake, proyektor dan suara ceramah 2. MODE PRESENTASI Representasi verbal atau pictorial. Contoh; teks on screan dan animasi, teks cetak dan ilustrasi. 3. MODALITAS SENSORI Indra Auditori atau visual. Contoh; narasi dan animasi, ceramah dan slide

7 Kapabilitas teknologi multimedia ---tujuan memberi akses ke informasi Isu: bagaimana kita menggunakan teknologi canggih dalam “mendesain” presentasi multimedia Bagaimana otak manusia bekerja---Tujuan membantu kognisi manusia Isu: Bagaimana kita mengadaptasi teknologi multimedia untuk membantu kognisi manusia

8 METAFORA PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PEMBELAJARAN

9 Mengingat Kemampuan untuk memproduksi atau mengenali materi tersaji Retensi Menuliskan semua yang bisa diingat dari tulisan yang baru dibaca Memahami Kemampuan menggunaka n materi tersaji dalam situasi baru Transfer Daftar beberapa cara untuk meningkatkan keandalan dari materi yang baru dibaca

10

11 Manusia memiliki saluran terpisah untuk memproses informasi visual dan informasi auditori Paivio 1986, Baddeley, 1992 Saluran- ganda Manusia punya keterbatasan dalam jumlah informasi yang bisa mereka proses dalam masing-masing saluran pada waktu yang sama Baddeley, 1992 Kapasitas- terbatas Manusia melakukan pembelajaran aktif dengan memilih informasi masuk yang relevan, mengorganisasikan informasi-informasi itu kedalam representasi mental yang koheren, dan memadukan representasi mental itu dengan pengetahuan lain Mayer, 1999 Pemrosesan- aktif

12

13 Prinsip Desain multimedia Menurut Richard Mayer (2009) (1)prinsip multimedia; siswa belajar lebih baik dari kata-kata dan gambar-gambar daripada kata-kata saja, (2)prinsip kederdekatan ruang; siswa belajar lebih baik saat kata-kata dan gambar-gambar terkait tersaji saling berdekatan daripada saling berjauhan dalam halaman layar, (3)prinsip kederdekatan waktu; siswa belajar lebih baik saat kata-kata dan gambar terkait disajikan secara simultan daripada suksesif, (4)prinsip kohorensi; siswa belajar lebih baik dari saat kata- kata, gambar-gambar atau suara tambahan dibuang tidak dimasukan kedalam layar atau halaman screen, (5)prinsip modalitas; siswa bisa belajar lebih baik dari animasi dan narasi daripada animasi dan tekson-screen. (6)prinsip redudansi; siswa bisa belajar lebih baik dari animasi dan narasi daripada animasi, narasi dan teks on-screen, (7)prinsip perbedaan individual;


Download ppt "PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER. 1. MEDIA PENGIRIMAN Dua atau lebih alat-alat pengiriman. Contoh; Layar komputer dan amplified speake, proyektor."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google