Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMANFAATAN MEDIA (VIDEO) PEMBELAJARAN. 1.Penyediaan Sarana dan sumber belajar bagi sekolah; 2.Berbagai tujuan belajar sulit dicapai jika hanya mengandalakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMANFAATAN MEDIA (VIDEO) PEMBELAJARAN. 1.Penyediaan Sarana dan sumber belajar bagi sekolah; 2.Berbagai tujuan belajar sulit dicapai jika hanya mengandalakan."— Transcript presentasi:

1 PEMANFAATAN MEDIA (VIDEO) PEMBELAJARAN

2

3

4 1.Penyediaan Sarana dan sumber belajar bagi sekolah; 2.Berbagai tujuan belajar sulit dicapai jika hanya mengandalakan Guru sebagai satu – satunya sumber belajar; 3.Meningkatkan efektivitas proses pembelajaran  pencapaian tujuan belajar secara maksimal; 4.Memberikan gambaran yang realistis terhadap obyek materi pembelajaran. MENGAPA PERLU MEDIA (VIDEO) PEMBELAJARAN?

5

6 Materi pembelajaran direkam dan dikemas dalam bentuk VCD/DVD/flash disck/ hard disck Materi disajikan dengan menggunakan alat pemutar berupa VCD/DVD player/ komputer Tayangan visual dapat menggunakan layar monitor TV atau LCD proyektor Suara/audio dapat diperjelas dengan bantuan fasilitas sound sistem MEDIA (VIDEO) PEMBELAJARAN?

7 1.Media pandang dengar  cocok jika digunakan untuk menyampaikan materi- materi yang berhubungan dengan proses, warna, gerakan, mendemonstrasikan sesuatu, dll. 2.Media yang bersifat searah  perlu dipikirkan cara memfasilitasi pemanfaatannya 3.Guru diharapkan dapat menyiapkan diri untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan siswa. PRINSIP PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA VIDEO

8 4.Pemanfaatan video perlu ditunjang dengan media lain, misalnya buku cetak/lembar kerja. 5.Guru hendaknya melakukan persiapan secara teknis terkait dengan fasilitas media yang akan digunakan. 6.Guru harus mampu memotivasi siswa agar aktif selama proses pembelajaran. 7.Guru dapat melakukan pengulangan materi ajar jika dibutuhkan. PRINSIP PEMBELAJARAN MELALUI MEDIA VIDEO (2)

9 Pemanfaatan yang terintegrasi dalam proses pembelajaran : 1.Sebagai media utama dalam proses pembelajaran 2.Sebagai pengayaan atas materi yang diajarkan guru; 3.Sebagai materi pokok dan pendalamannya melalui penjelasan guru. POLA PEMANFAATAN: Kelompok Besar (20-40 siswa)

10 TAHAP PEMANFAATAN: Kelompok Besar (20-40 siswa) PERSIAPAN 1.Preview program video: cek kesesuaian; judul dengan isi, tujuan pembelajaran dengan materi, ketajaman gambar, kejernihan suara 2.Pelajari bahan penyertanya (bila ada) dan siapkan LKS 3.Sesuaikan RPP yang mengintegrasikan video sebagai salah satu sumber belajar 4.Cek dan pastikan bahwa seluruh peralatan dapat berfungsi dengan baik; 5.Persiapkan ruangan dan atur tempat duduk siswa; PERSIAPAN 1.Preview program video: cek kesesuaian; judul dengan isi, tujuan pembelajaran dengan materi, ketajaman gambar, kejernihan suara 2.Pelajari bahan penyertanya (bila ada) dan siapkan LKS 3.Sesuaikan RPP yang mengintegrasikan video sebagai salah satu sumber belajar 4.Cek dan pastikan bahwa seluruh peralatan dapat berfungsi dengan baik; 5.Persiapkan ruangan dan atur tempat duduk siswa; PELAKSANAAN 1.Berikan pre test; 2.Jelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan strtategi untuk mencapainya 3.Jelaskan bahwa menyaksikan tayangan video merupakan bagian tak terpisahkan dari pembelajaran 4.Mintalah siswa untuk menyimak baik-baik; dan mencatat bagian- bagian penting 5.Putar program; 6.Amati aktivitas siswa selama menyaksikan tayangan program PELAKSANAAN 1.Berikan pre test; 2.Jelaskan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan strtategi untuk mencapainya 3.Jelaskan bahwa menyaksikan tayangan video merupakan bagian tak terpisahkan dari pembelajaran 4.Mintalah siswa untuk menyimak baik-baik; dan mencatat bagian- bagian penting 5.Putar program; 6.Amati aktivitas siswa selama menyaksikan tayangan program SETELAH PENAYANGAN 1.Beri penguatan dengan menjelaskan bagian-bagian penting 2.Bila diperlukan memutar ulang video 3.Lakukan praktikum jika diperlukan; 4.Diskusi materi yang baru saja disaksikan; 5.Berikan Post test; 6.Penugasan lain. SETELAH PENAYANGAN 1.Beri penguatan dengan menjelaskan bagian-bagian penting 2.Bila diperlukan memutar ulang video 3.Lakukan praktikum jika diperlukan; 4.Diskusi materi yang baru saja disaksikan; 5.Berikan Post test; 6.Penugasan lain.

11 Efektif bila dikaitkan dengan pendalaman/pengayaan melalui tugas kelompok; Pelaksanaan dapat dilakukan di sekolah/rumah; Setiap kelompok mempresentasikan hasil kerja kelompok dan guru memberikan penilaian. POLA PEMANFAATAN: Kelompok Kecil (5-10 siswa)

12 TAHAP PEMANFAATAN: Kelompok Kecil (5-10 siswa)) PERSIAPAN 1.Preview program video untuk mengecek kesesuaian: judul dengan isi, tujuan pembelajaran dengan materi, ketajaman gambar, kejernihahn suara 2.Pelajari bahan penyertanya (bila ada) dan siapkan LKS 3.Mempersiapkan video pembelajaran yang akan dibagikan kepada setiap kelompok PERSIAPAN 1.Preview program video untuk mengecek kesesuaian: judul dengan isi, tujuan pembelajaran dengan materi, ketajaman gambar, kejernihahn suara 2.Pelajari bahan penyertanya (bila ada) dan siapkan LKS 3.Mempersiapkan video pembelajaran yang akan dibagikan kepada setiap kelompok PELAKSANAAN 1.Membagikan dan atau mengarahkan siswa untuk mendapatkan sumber materi video pembelajaran pada URL (Uniform Resource Locator) tertentu. 2.Memberikan petunjuk tentang penyelesaian tugas. 3.Siswa dalam kelompok kecil menyaksikan media pembejaran secara bersama. PELAKSANAAN 1.Membagikan dan atau mengarahkan siswa untuk mendapatkan sumber materi video pembelajaran pada URL (Uniform Resource Locator) tertentu. 2.Memberikan petunjuk tentang penyelesaian tugas. 3.Siswa dalam kelompok kecil menyaksikan media pembejaran secara bersama. SETELAH PENAYANGAN 1.Guru meminta siswa mem- presentasikan hasil kerja kelompok. 2.Guru memberikan masukan dan penilaian terhadap hasil kerja kelompok. SETELAH PENAYANGAN 1.Guru meminta siswa mem- presentasikan hasil kerja kelompok. 2.Guru memberikan masukan dan penilaian terhadap hasil kerja kelompok.

13 Dimanfaatkan di sekolah/rumah; Bisa atas inisiatif siswa atau penugasan dari guru; Guru diharapkan dapat memotivasi siswa agar mau belajar mandiri dengan memanfaatkan media video. Sekolah perlu memiliki copy program lebih dari 3 keping/ judul. POLA PEMANFAATAN: Individual

14 KEPALA SEKOLAH  Membuat kebijakan tentang pemanfaatan media video  Menunjuk petugas teknis pengelolaan fasilitas media  Bertanggung jawab terhadap kelancaran pemanfaatan media;  Memantau pemanfaatan media;  Membina dan mengarahakan guru dan petugas dalam pemanfaatan media; KEPALA SEKOLAH  Membuat kebijakan tentang pemanfaatan media video  Menunjuk petugas teknis pengelolaan fasilitas media  Bertanggung jawab terhadap kelancaran pemanfaatan media;  Memantau pemanfaatan media;  Membina dan mengarahakan guru dan petugas dalam pemanfaatan media; GURU Bersama petugas teknis menyusun jadwal pemanfaatan media video; Memotivasi siswa supaya berperan aktif dalam proses pemb Melaksanakan pemanfaatan; Membimbing praktikum siswa; Melakukan evaluasi Ikut partisipasi dalam pemeliharaan, pengamanan perlatan & program; Menyusun lapporan pemanfaatan Melakukan pengembangan dan inovasi terhadap materi pembelajaran GURU Bersama petugas teknis menyusun jadwal pemanfaatan media video; Memotivasi siswa supaya berperan aktif dalam proses pemb Melaksanakan pemanfaatan; Membimbing praktikum siswa; Melakukan evaluasi Ikut partisipasi dalam pemeliharaan, pengamanan perlatan & program; Menyusun lapporan pemanfaatan Melakukan pengembangan dan inovasi terhadap materi pembelajaran BERBAGI PERAN

15 CD/DVD pembelajaran yang relevan Web TV Edukasi (tve.kemdikbud.go.id) You Tube Membuat sendiri video pembelajaran yang dibutuhkan. Dll.


Download ppt "PEMANFAATAN MEDIA (VIDEO) PEMBELAJARAN. 1.Penyediaan Sarana dan sumber belajar bagi sekolah; 2.Berbagai tujuan belajar sulit dicapai jika hanya mengandalakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google