Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PPG SEKOLAH DASAR.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PPG SEKOLAH DASAR."— Transcript presentasi:

1 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PPG SEKOLAH DASAR

2 PERANGKAT PEMBELAJARAN YANG DIBUAT : 1. Silabus Pembelajaran 2. Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 3. Lembar Kerja Siswa (LKS) 4. Kunci/Model jawaban LKS 5. Instrumen Penilaian Catatan: 1. Silabus dan RPP untuk kelas V semester Dibuat untuk satu kompetensi dasar.

3 FORMAT SILABUS PEMBELAJARAN SILABUS PEMBELAJARAN Satuan Pendidikan: SD/MI …… Mata Pelajaran: Kelas/Semester: Standar Kompetensi: Kompetensi Dasar:

4 FORMAT SILABUS PEMBELAJARAN (lanjutan) INDIKATORMATERIKEGIATAN PEMBELAJARAN ALOKASI WAKTU PENILAIANSUMBER BELAJAR

5 Komponen Silabus A. Indikator Dianjurkan memisahkah : 1. Kognitif Kognitif Produk Contoh : Menjelaskan manfaat ekspor bagi perekonomian Indonesia. Kognitif Proses Contoh : Menemukan manfaat ekspor-impor melalui kegiatan eksplorasi. 2. Afektif Contoh : Mencintai produk dalam negeri. 3. Psikomotorik Contoh :Terampil memilih-milih barang untuk digolongkan menjadi kelompok barang impor dan barang ekspor Indonesia. Catatan : Indikator Afektif dan Psikomotorik dapat juga dikembangkan menjadi produk dan proses.

6 B. Materi Rumusan materi disesuaikan dengan kompetensi dasar. C. Kegiatan Pembelajaran Kegiatan pembelajaran menunjukkan aktivitas siswa (bisa juga ditambah aktivitas guru) dalam rangka mencapai kompetensi yang sudah dirumuskan.

7 D. Alokasi Waktu Dinyatakan dalam (X * 35 menit) E. Penilaian Tuliskan jenis, dan berikan satu contoh (tidak perlu lengkap) F. Sumber Belajar Perlu dijelaskan buku-buku yang digunakan, media/alat, dan barang-barang lain yang relevan.

8 FORMAT RPP Satuan Pendidikan: Mata Pelajaran: Kelas/Semester: Alokasi Waktu: A. Standar Kompetensi (disalin dari silabus)

9 B. Kompetensi Dasar (disalin dari silabus) C. Indikator (disalin dari silabus)

10 D. Tujuan Pembelajaran Diturunkan dari rumusan indikator, rumusan diajurkan menggunakan pola “ABCD”. Contoh : “Siswa dapat mengidentifikasi barang- barang produksi Indonesia yang diekspor ke luar negeri dengan membaca artikel- artikel yang telah disiapkan oleh guru dengan benar”.

11 E. Materi Pembelajaran Rumusan cukup ringkas, rumusan lengkap dapat diberikan dalam bahan ajar siswa yang terpisah. F. Model dan Metode Pembelajaran Contoh : Model Pembelajaran : Model Pembelajaran Kooperatif. Metode Pembelajaran : a. Kerja Kelompok b. Tanya Jawab

12 G. Kegiatan Pembelajaran 1.Kegiatan Awal a. Apersepsi b. Orientasi c. Motivasi 2. Kegiatan Inti a. Eksplorasi b. Elaborasi c. Konfirmasi Jika waktu pembelajaran terdiri dari beberapa kegiatan, maka dapat dibagi menjadi beberapa penggalan. 3.Penutup a. Merangkum b. Menilai c. Merefleksi

13 H. Penilaian Perlu dijelaskan secara singkat, instrumen selengkapnya dilampirkan. I.Sumber Belajar dan Media Tuliskan sumber belajar dan media pembelajaran yang digunakan.

14 LEMBAR KERJA SISWA 1. Lembar yang memfasilitasi aktivitas belajar siswa yang berisi petunjuk teknis dan format kerja siswa. 2. Format menyesuaikan dengan aktivitas siswa. 3. Perlu dilengkapi dengan kunci jawaban atau jawaban model.

15 Instrumen Penilaian  Penilaian berangkat dari rumusan indikator.  Semua istrumen penilaian yang akan digunakan ditulis secara lengkap.  Perlu diberi contoh jawaban model.


Download ppt "PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN PPG SEKOLAH DASAR."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google