Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ALI NUR MAKRUF, 6101405557 SURVEI MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA DI SMP N SE KECAMATAN KEDU TEMANGGUNG.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ALI NUR MAKRUF, 6101405557 SURVEI MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA DI SMP N SE KECAMATAN KEDU TEMANGGUNG."— Transcript presentasi:

1 ALI NUR MAKRUF, SURVEI MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA DI SMP N SE KECAMATAN KEDU TEMANGGUNG

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ALI NUR MAKRUF - NIM : PRODI : Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi - JURUSAN : Jasmani Kes. & Rekreasi - FAKULTAS : Ilmu Keolahragaan - alimovic pada domain gmail.com - PEMBIMBING 1 : Drs. Mugiyo Hartono, M.Pd. - PEMBIMBING 2 : Andry Akhiruyanto, S.Pd., M.Pd. - TGL UJIAN :

3 Judul SURVEI MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA DI SMP N SE KECAMATAN KEDU TEMANGGUNG

4 Abstrak Permasalahan dalam penelitian ini adalah seberapa besar faktor yang mempengaruhi minat siswa utuk mengikuti ekstrakurikuler sepak bola di sekolah yaitu faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetehui seberapa besar faktor yang mempengaruhi minat siswa utuk mengikuti ekstrakurikuler sepak bola di sekolah baik faktor intrinsik dan faktor ekstrinsik. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa yang mengikuti ektrakurikuler sepak bola di SMP N se Kecamatan Kedu Temanggung yang berjumlah 77 siswa. Objek dari penelitian ini yaitu minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuer sepak bola. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah observasi dengan menggunakan angket sedangkan metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis diskriprif prosentatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor yang paling mendukung tingginya minat siswa dalam mengikuti ekstrakurikuler sepak bola adalah faktor intrinsik (91%), kemudian diikuti oleh faktor-faktor ekstrinsik diantaranya guru/pelatih (69%), teman (57%), lingkungan (52%) dengan kriteria minat sangat tinggi. Sedangkan untuk faktor keluarga/orang tua (49%) dengan kriteri minat tinggi dan faktor sarana prasarana/fasilitas (39%) yang hanya memiliki kriteri minat cukup. Beberapa saran yang berkaitan dengan penelitian ini antara lain: 1) Pihak sekolah supaya lebih mendukung lagi kegiatan ekstrakurikuler sepak bola di sekolah khususnya dalam fasilitas atau sarana prasarana agar tidak terlalu ketinggalan dalam berprestasi dengan sekolah lain dan bisa lebih membangkitkan minat dari para siswa untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. 2) Pelatih harus lebih memberikan cara bagaimana agar siswa bisa lebih tertarik untuk mengikuti kegiatan ekstrakurikuler tersebut. 3) Bagi orang tua supaya lebih memperhatikan potensi anak dalam bidang olahraga khususnya sepak bola dan diharapkan dapat memberikan dorongan yang lebih agar anak dapat lebih maju atau mungkin berprestasi. 4) Bagi pembaca khususnya seorang guru kiranya sudi bahwa kekurangan dan kelebihan dalam kegiatan ekstrakurikuler yang ada di SMP N se Kecamatan Kedu ini untuk menjadi koreksi.

5 Kata Kunci survei, ekstrakurikuler

6 Referensi bror, A. Rohman Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: PT. Tiara Wacana Ali, Muhammad Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung : Angkasa Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian. Jakarta : PT. Rineka Cipta Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan praktik. Jakarta : PT Asdi Mahasetya Ateng, Abdul Kadir Asas dan Landasan Pendidikan Jasmani. Jakarta : Depdikbud Azwar, Saifudin Test Prestasi Fungsi dan Pengembangan Pengukuran prestasi Belajar. Yogyakarta : Liberty Badudu, J. S Kamus Kata-Kata Serapan Asing dalam Bahasa Indonesia. Jakarta : Buku Kompas Chaplin J. P Kamus Psiologi. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Crow and Crou An Out Line of General Psychology. New York Lithfe field Adam and CO Daryanto, G. S Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta : Rineka Cipta Depdikbud Kurikulum Sekolah Lanjutan Tingkat Atas. Jakarta Depdiknas Supervisi Pendidikan Jasmani. Jakarta Effendi. (1993). Pengantar Psikologi. Bandung : Penerbit Tarsit Gunarso, S.D Psikologi Olahraga. Jakarta : PT. BPK Gunung Mulia Hadi, Sutrisno Analisis Butir Untuk Instrumen. Yogyakarta, Andi Offset Harsuki, H Perkembangan Olahraga Terkini Kajian Para Pakar. Jakarta : PT Raja Grafindo Persada Hurlock, Elisabet. B Perkembangan Anak. Erlangga : PT. Gelora Angkasa Pratama I Made Srimundy Panduan Penulisan dan Penilaian Skripsi. Universitas Negeri Surabaya : Unesa University Press Iskandar, Yul Test Bakat, Minat, Sikap dan Personaliti MMPI-DG. Jakarta: Yayasan Dharma Graha Kartono, Kartini Teori Kepribadian. Bandung: ”Alumni” Kamus Terbaru Bahasa Indonesia Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarata; Balai Pustaka Luxbacher, J. A Sepak Bola. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada Mappiare, Andi Psikologi Remaja. Surabaya: Usana Offset Nurkacana. W Evaluasi Pendidikan. Surabaya : Usaha Nasional Pangestu. (1998). Statistik Deskriptif. Yogyakarta : BPFE Peter dan Yenni Kamus Bahasa Indonesia Kontemporer. Jakarta : Cakrawala. Purwanto, M. Ngalim Psikologi Pendidikan. Bandung : PT Remaja Rosdakarya Satiadharma, Monty P Dasar-Dasar Psikologi Olahraga. Jakarta : Pustaka Sinar Harapan Sears, David O Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga Sekaran, Uma Research Methods for Busines. Jakarta : Salemba Empat Sukardi, Dewa Ketut Analisis Inventori Minat dan Kepribadian. Jakarta: Rineka Cipta Suryobroto, Sumadi Psikologi Pendidikan. Yogyakarta : PT. Raja Grafindo Persada Syukur D.N Psikologi Agama. Yogyakarta: Kanisius Wahdjosoemidja, Kepemimpinan dan Motivasi. Jakarta : Ghalia Indonesia Walgito, Bimo Psikologi Umum. Jakarta : PT. Rineka Cipta Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset Whiterington, H. C. Terjemahan Buchori psikologi pendidikan. Jakarta : Rineka Cipta William J. Rothwell, and Brownell Strategic human resource leader. Mumbai: Jaico Publishing House Winkell Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Hasil-Hasil Belajar. Jakarta : PT. Gramedia.

7 Terima Kasih


Download ppt "ALI NUR MAKRUF, 6101405557 SURVEI MINAT SISWA DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER SEPAK BOLA DI SMP N SE KECAMATAN KEDU TEMANGGUNG."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google