Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

M ENILAI P ROYEK S ISWA DAN M ERENCANAKAN K EBERHASILAN S ISWA Disusun oleh: 1. Novi Fitriana M. (SD 2 Peganjaran) 2. Mirnawati (SD 2 Bacin) 3. Indah Afriyanti.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "M ENILAI P ROYEK S ISWA DAN M ERENCANAKAN K EBERHASILAN S ISWA Disusun oleh: 1. Novi Fitriana M. (SD 2 Peganjaran) 2. Mirnawati (SD 2 Bacin) 3. Indah Afriyanti."— Transcript presentasi:

1 M ENILAI P ROYEK S ISWA DAN M ERENCANAKAN K EBERHASILAN S ISWA Disusun oleh: 1. Novi Fitriana M. (SD 2 Peganjaran) 2. Mirnawati (SD 2 Bacin) 3. Indah Afriyanti (SD 3 Bae) 4. Diah Pratiwi (SD 1 Peganjaran)

2 MENILAI PROYEK SISWA

3 B ERKELOMPOK DAN BERBAGI : MENGGUNAKAN UMPAN BALIK UNTUK MENGEMBANGKAN SAMPEL SISWA SAYA 1. Kita dapat mengirim berupa publikasi atau presentasi, mengupload ke wiki. 2. Membagi siswa menjadi beberapa kelompok. 3. Memberikan umpan balik. 4. Menerima umpan balik. 5. Buat gagasan untuk memperbaiki sampel siswa.

4 M ENERIMA UMPAN BALIK, DENGAN CARA : a. Memberikan 3 pertanyaan b. Membuat 2 komentar c. Membuat 1 saran

5 L ATIHAN PEDAGOGI : MELIBATKAN SISWA DALAM PROSES PENILAIAN Siswa mendapatkan kecakapan-kecapan baru: 1. Menciptakan dan menggunakan rencana rancangan, daftar periksa, dan rubrik. 2. Menggunakan pertanyaan bayangan. 3. Mengatur tujuan. 4. Mengidentifikasi kesulitan yang mereka temukan.

6 K EGIATAN 1 MENGUJI STRATEGI PENILAIAN a) Membuat tes formatif singkat tentang penilaian diri dan mengidentifikasi letak skala latihan penilaian. b) Meninjau kembali rencana penilaian guru.

7 K EGIATAN 2 MEMBUAT PENILAIAN SISWA a) Membuat perencanaan dan perlengkapan yang sistematik. b) Lihat kembali daftar periksa rencana penilaian. c) Tulis 1 konsep di ringkasan penilaian, gunakan informasi dari tabel rencana penilaian. d) Memeriksa aplikasi yang sesuai dengan penilaian kerja, buat penilaian siswa. e) kita dapat menggunakan aplikasi rancangan (Assessing Projects)

8 K EGIATAN 3 MELIHAT KEMBALI SAMPEL SISWA DAN UNIT PLAN 1) Buka sampel siswa dan review bagian untuk ditingkatkan. 2) Catat revisi sampel berdasarkan review. 3) Memperbaiki unit plan.

9 K EGIATAN 4 MEREFLEKSIKAN PEMBELAJARAN a. Meninjau kembali modul b. Memasukan kegiatan ke dalam Blog.

10 R ENCANA KE DEPAN  Melihat kembali sampel siswa dan penilaian.  Memperbaiki sampel siswa. a. Lihat catatan penilaian sampel siswa. b. Tulis refleksi tentang strategi penilaian. c. Pertimbangkan umpan balik.

11 MERENCANAKAN KEBERHASILAN SISWA

12 M EMBUAT A KOMODASI UNTUK S EMUA S ISWA Ketika kebutuhan siswa terpenuhi di dalam kelas, maka mereka memiliki sikap yang baikdan nilai tes yang lebih bagus. Tomlinson mendaftarkan 4 cara guru dapat memberikan tujuan instruksional yang berbeda Isi- apa yang diperlukan siswa, dan bagaimana cara siswa mendapatkan informasi. Proses-Rekomendasikan hal-hal yang berbeda Hasil-Izinkan siswa berlatih, menerapkan apa yang ia pelajari dalam berbagai cara Suasana Pembelajaran-ciptakan suasana kelas yang nyaman dan fleksibel.

13 M EMPERTIMBANGKAN P ERBEDAAN MODAL P EMBELAJARAN Modal pembelajaran dipengaruhi oleh gaya belajar siswa. Ahli psikologi dan pendidik telah membuat beberapa kerangka mengenai berbagai cara siswa belajar seperti; visual-pendengaran-kinestetik, otak kiri/ otak kanan, dan inteligensi ganda

14 M EMBEDAKAN H ASIL B ELAJAR S ISWA Pencapaian kebutuhan seluruh siswa memerlukan persiapan dan perencanaan yang matang. Melalui teknologi siswa dengan keterbatasan yang berbeda-beda nantinya akan mampu menjadi siswa yang mandiri melaksanakan seluruh pembelajaran dengan menarik

15 M ENDUKUNG S ISWA MANDIRI Kecakapan adalah suatu hal yang penting bagi keberhasilan di sekolah, kehidupan, dan dunia kerja. Siswa yang memahami cara belajar mereka akan mampu menyelesaikan tugas-tugas mereka dengan menggunakan strategi yang sesuai. Kecakapan mandiri membantu siswa untuk menyelesaikan tugas secara mandiri dan berhasil.

16 P ENILAIAN F ORMATIF PALING EFEKTIF ADALAH APABILA : Siswa diberikan gambaran secara jelas mengenai apa yang perlu mereka pelajari. Siswa menerima umpan balik secara berkesinambungan mengenai kemajuan yang berhubungan dengan pembelajaran. Siswa menilai sendiri kemajuan mereka. Guru menyediakan instruksional dalam langkah-langkah yang khusus agar siswa dapat berhasil.

17 L ATIHAN P EDAGOGI M ENDUKUNG B ERAGAM K EBUTUHAN S ISWA Dalam kegiatan latihan pedagogi ini, pikirkan tentang jenis-jenis dukungan yang akan menantang siswa untuk dapat menjangkau pengetahuan mereka sehingga mereka dapat menjadi siswa yang mempunyai gagasan dan konsep yang baru.

18 P ERMASALAHAN SISWA YANG TERBIASA DENGAN CARA BELAJAR TRADISIONAL “Siswa yang telah terbiasa dengan aturan tradisional, biasanya merupakan seorang pengamat yang pendiam atau ‘penonton yang mengantuk dan mungkin juga benci untuk bekerja lebih keras, khususnya memiliki pengetahuan yang pasif, dan biasa-biasa saja dalam mata pelajaran lainnya” (Black & Wiliam, 1998).

19 S OLUSI Siswa belajar dengan sangat baik apabila guru-guru menyediakan instruksi dalam kecakapan- kecakapan, isi dan menata kebutuhan siswa untuk melakukan tugas-tugas yang tak dapat mereka sempurnakan tanpa bantuan kelompok orang-orang yang berpengetahuan atau orang dewasa

20 STRATEGI SUPAYA SISWA MENGERJAKAN TUGAS - TUGASNYA DENGAN PENUH MAKNA : Tawarkan contoh-contoh yang berbeda untuk ditiru oleh siswa. Adakan struktur untuk membantu siswa memonitor kemajuan mereka. Batasi pilihan-pilihan yang dimiliki siswa pada saat menyelesaikan proyek. Sediakan strategi, seperti pengaturan grafik, untuk membantu mereka membuat proses pembelajaran nampak terlihat, sehingga dapat didiskusikan dan dianalisa. Sediakan label-label untuk membantu siswa mengkategorikan dan mengorganisasikan pengetahuan

21 Langkah 2 : Membuat Sumber Pendukung Siswa Anda dapat memilih : Pilihan 1 : Membuat Dokumen Pilihan 2 : Membuat Tempale Dokumen Pilihan 3 : Membuat template presentasi Pilihan 4 : Membuat suatu form

22 Pilihan 1 : MEMBUAT DOKUMEN Gunakan softwere Word Processing untuk membuat dokumen anda. Simpan semua unut anda dalam folder unit_support pada folder portofolio. Menambahkan fitur desain Menyisipkan teks sebagai grafik dekoratif Mengubah gaya teks wrapping Membuat cat air ( watermark) Mengubah gambar yang sudah ada menjadi watermark Menyisipkan temoat untuk menyisipkan tanggal secara otomatis. Pilihan 2 : MEMBUAT TEMPLATE DOKUMEN Gunakan fitur desain yang dicatatkan dalam pilihan 1 untuk membuat dokumen. Simpan publikasi anda menjadi sebuah template dalam folder unit_support pada folder portofolio anda.

23 Pilihan 3 : MEMBUAT TEMPLATE PRESENTASI Rujuk bagian multimedia pada Help Gaide, sesuai kebutuhan. Simpan presentasi anda sebagai template dalam folder unit_support pada folder presentasi anda. Pilihan 4 : MEMBUAT SEBUAH FORM ( FORMULIR ) Merupakan dokumen yang disediakan untuk memasukkan informasi. Anda dapat membuat text boxes, check boxes, dan drop-down list.

24 Anda perlu meninjau kembali Ringkasan Penilaian ( Assesment Summary ), Prosedur Instruktural ( Instructional Procedures ), dan Bantuan untuk Perbedaan Instruksi ( Accomodations for Differentiated Instruction ) K EGIATAN 4 : M ENINJAU K EMBALI U NIT P LAN S AYA

25 Langkah 1 : Meninjau Ulang Modul. Langkah 2 : Memblog Perjalanan Saya a. Kunjungi Blog anda, buatlah entri yang berjudul Refleksi Modul 6, copy and paste kalimat berikut dalam entry anda, dan tulislah tanggapan anda : “ Modul ini membantu saya berfikir tentang kemandirian siswa dan aturan perbedaaan dalam cara – cara seperti berikut …………. “ b. Tulislah mengenai wawasan, pertanyaan atau perhatian yang ingin anda tekankan dalam tekankan dalam refleksi anda. K EGIATAN 5 : M EREFLEKSIKAN P EMBELAJARAN

26 Bahan materi pada awal perencanaan. Langkah 1 : Mempertimbangkan penggunaan sumber fasilitas bagi unit anda. Dengan meninjau ulang lembar kerja perbedaan dan teknologi. a. Gunakan pertanyaan dalam kolom pertama, adakan penilaian diri terhadap tingkah laku Anda, iklim kelas, strategi dan pengimplementasian proyek yang dapat mendukung kelas Yang berpusat pada siswa. b. Dalam kolom kedua, tambahkan gagasan – gagasan tentang bagaimana teknologi mungkin Membantu anda lebih menjadi seorang fasilitator dan membuat kelas menjadi lebih Berpusat kepada siswa.

27

28

29

30 Marzano, Pickering and Pollock dalam Classroom Instruction that Works ( P.146) Membahas tentang strategi mengajar dimana guru – guru sepatutnya memasukkan Tingkatan – tingkatan pada unit. a.Saat memulai sebuah unit,masukkan strategi tujuan pembelajaran. b.Saat unit berjalan, * Pantaulah kemajuan terhadap tujuan pembelajaran * Memperkenalkan pengetahuan baru * Mempraktekkan,meninjau ulang dan menerapkan pengetahuan. c.Saat akhir unit,masukkan strategi untuk membantu siswa menentukan baiknya mereka mencapai tujuan mereka


Download ppt "M ENILAI P ROYEK S ISWA DAN M ERENCANAKAN K EBERHASILAN S ISWA Disusun oleh: 1. Novi Fitriana M. (SD 2 Peganjaran) 2. Mirnawati (SD 2 Bacin) 3. Indah Afriyanti."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google