Upload presentasi
Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu
1
Proses Perangkat Lunak
Rekayasa Perangkat Lunak Materi ke 2 Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I
2
Rekayasa Perangkat Lunak
Kita telah menetapkan ranah permasalahan - perangkat lunak berskala industri Selain menghasilkan perangkat lunak, biaya, mutu, dan jadwal juga merupakan penggerak pengembangan RPL didefinisikan sebagai pendekatan sistematis untuk pengembangan perangkat lunak (berskala industri)
3
Proses, Orang, Teknologi
M & P (mutu & prooduktivitas) adalah tujuan yang penting M & P tergantung pada orang, proses, dan teknologi Proses membantu orang menjadi lebih produktif dan membuat kesalahan lebih sedikit Alat membantu orang menjalankan beberapa tugas dalam proses lebih efisien dan efektif Jadi, proses membentuk inti
4
Proses Perangkat Lunak
Proses berbeda dari produk - produk hasil dari melaksanakan proses pada proyek RPL berfokus pada proses Dasarnya: proses yang tepat akan membantu mencapai tujuan proyek dengan M&P yang tinggi
5
Masalah Pengembangan Perangkat Lunak
6
Proyek dan Proses Sebuah proyek perangkat lunak adalah salah satu contoh dari masalah pengembangan Proses Pengembangan membawa proyek dari kebutuhan pengguna ke perangkat lunak Ada tujuan-tujuan lain yaitu jadwal, biaya, dan mutu, selain menghasilkan perangkat lunak Butuh proses lainnya
7
Proses Perangkat Lunak ...
Proses: Urutan langkah-langkah dilakukan untuk mencapai tujuan tertentu Proses Perangkat Lunak: Urutan langkah- langkah yang dilakukan untuk memproduksi perangkat lunak dengan mutu yang tinggi, dalam anggaran dan jadwal tertentu Banyak jenis kegiatan yang dilakukan oleh orang-orang yg berbeda dalam sebuah proyek perangkat lunak Lebih baik untuk melihat proses PL sebagai proses yang terdiri dari banyak komponen
8
Komponen Perangkat Lunak Proses
Dua proses utama Pengembangan - berfokus pada pengembangan dan langkah-langkah mutu yang diperlukan untuk rekayasawan perangkat lunak Manajemen Proyek - berfokus pada perencanaan dan pengendalian proses pengembangan Proses pengembangan merupakan jantung dari proses perangkat lunak; proses-proses lain berada di sekitarnya Ini dijalankan oleh orang yang berbeda pengembang mengeksekusi proses rekayasa manajer proyek mengeksekusi proses manajemen
9
Komponen Proses ... Proses lain
Proses manajemen konfigurasi: mengelola evolusi artefak Proses manajemen perubahan: bagaimana perubahan yang dimasukkan Proses manajemen proses: manajemen proses itu sendiri Proses Inspeksi: Bagaimana inspeksi dilakukan pada artefak
10
Proses Spesifikasi Proses umumnya satu set fase
Setiap fase melakukan tugas yang didefinisikan dengan baik dan umumnya menghasilkan keluaran Keluaran antara - produk kerja Pada tingkat atas, biasanya beberapa fase dalam proses Cara melakukan fase tertentu – menggunakan metodologi
11
Spesifikasi ETVX Pendekatan ETVX untuk menentukan langkah
Kriteria masuk: kondisi apa yang harus dipenuhi untuk memulai fase ini Tugas: apa yang harus dilakukan dalam fase ini Verifikasi: pemeriksaan dilakukan pada keluaran dari tahap ini Kriteria keluar: kapan bisa fase ini dianggap diselesaikan dengan sukses Suatu fase juga menghasilkan informasi untuk manajemen
12
Pendekatan ETVX
13
Proses Pengembangan dan Model Proses
14
Proyek Perangkat Lunak
Proyek - untuk membangun sebuah sistem PL dalam biaya dan jadwal dan dengan mutu tinggi yang memuaskan pelanggan Proses yang cocok diperlukan untuk mencapai tujuan Proses seharusnya tidak hanya membantu menghasilkan perangkat lunak tetapi membantu mencapai M&P yang tertinggi
15
Proses Proyek dan Model Proses
Proses proyek yang harus diikuti ditentukan dalam perencanaan Sebuah model proses menentukan proses umum yang optimal untuk suatu kelas masalah Sebuah proyek dapat memilih proses dengan menggunakan salah satu model proses
16
Proses Pengembangan Satu set fase dan setiap fase berupa urutan langkah Urutan langkah-langkah untuk fase - fase adalah metodologi untuk itu Mengapa memiliki fase-fase: Untuk menggunakan pendekatan ‘bagi-bagi dan taklukkan’ setiap fase menangani bagian yang berbeda dari masalah membantu dalam validasi berkelanjutan
17
Proses Pengembangan Umumnya memiliki kegiatan: analisis kebutuhan, arsitektur, perancangan, pemrograman, pengujian, penyerahan Model yang berbeda melakukan fase-fase tersebut dengan cara yang berbeda
18
Model Proses Sebuah model proses menentukan proses umum, biasanya sebagai satu set dari tahap- tahap pekerjaan. Model ini akan cocok untuk kelas proyek tertentu Jadi, model menyediakan struktur generik dari proses yang dapat diikuti oleh beberapa proyek untuk mencapai tujuannya
19
Model Waterfall Urutan linear tahap/fase
Kebutuhan – Rancangan Tingkat Tinggi – Rancangan Rinci - Pemrograman - Pengujian – Penyerahan Suatu fase dimulai hanya ketika fase sebelumnya telah selesai; tidak ada umpan balik Fase membagi proyek, masing-masing menangani masalah yang terpisah
21
Waterfall... Urutan linear menyiratkan setiap tahap harus memiliki beberapa keluaran Keluaran harus divalidasi/diverivikasi Keluaran dari fase sebelumnya: produk kerja Keluaran umum dari waterfall: SRS, rencana proyek, dokumen rancangan, rencana dan laporan pengujian, kode akhir, dokumen pendukung
22
Keunggulan Waterfall Secara konseptual sederhana, membagi masalah ke dalam tahap yang berbeda yang dapat dilakukan secara independen Pendekatan alami untuk pemecahan masalah Mudah untuk mengelola dalam kontrak - setiap fase adalah milestone
23
Kelemahan Waterfall Menganggap bahwa kebutuhan dapat ditetapkan dan dibekukan di awal Menetapkan perangkat keras dan teknologi lainnya terlalu dini Mengikuti pendekatan "big bang" – “all or nothing delivery”; terlalu berisiko Sangat berorientasi dokumen, membutuhkan dokumen pada akhir setiap tahap
24
Penggunaan Waterfall Penggunaan Waterfall Telah digunakan secara luas
Cocok untuk proyek-proyek di mana kebutuhan dapat dipahami dengan mudah dan keputusan teknologi yang mudah Untuk proyek yang sudah dikenal mungkin ini yang paling optimal
25
Purwarupa Purwarupa mengatasi keterbatasan spesifikasi kebutuhan waterfall Sebagai ganti pembekuan kebutuhan hanya dengan diskusi, purwarupa dibangun untuk memahami kebutuhan Membantu meringankan risiko kebutuhan Sebuah model waterfall kecil menggantikan tahap kebutuhan
26
Purwarupa
27
Purwarupa Pengembangan purwarupa Mulai dengan kebutuhan awal
Hanya fitur kunci yang perlu pemahaman yang lebih baik yang termasuk dalam purwarupa Tidak ada gunanya memasukkan fitur-fitur yang dipahami dengan baik Umpan balik dari pengguna diambil untuk meningkatkan pemahaman dari kebutuhan
28
Purwarupa Biaya dapat disimpan rendah
Hanya membangun fitur yang memerlukan klarifikasi "cepat dan kotor" - mutu tidak penting, skrip dll dapat digunakan Hal-hal seperti penanganan eksepsi, pemulihan, dan standar dihilangkan Biaya bisa beberapa % saja dari total Belajar dalam membangun purwarupa akan membantu dalam pengembangan, selain kebutuhan yang ditingkatkan
29
Purwarupa Keunggulan: kebutuhan akan lebih stabil, kebutuhan dibekukan kemudian, pengalaman membantu dalam pengembangan utama Kelemahan: berpotensi meningkatkan biaya dan jadwal Penerapan: Ketika kebutuhan sulit untuk diperoleh dan keyakinan dalam kebutuhan rendah; yaitu di mana kebutuhan tidak dipahami dengan baik
30
Pengembangan Iteratif
Mengatasi masalah "semua atau tidak sama sekali" yang merupakan kelemahan dari model waterfall Menggabungkan manfaat purwarupa dan waterfall Mengembangkan dan menyediakan perangkat lunak secara bertahap Setiap peningkatan merupakan bagian yang lengkap Dapat dilihat sebagai waterfall yg berurutan Umpan balik dari satu iterasi yang digunakan dalam iterasi yang berikutnya
31
Peningkatan Iteratif
32
Iteratif… Setiap iterasi hampir selalu diikuti produk yang dihasilkan
Digunakan umumnya dalam pengembangan custom juga Bisnis ingin respon cepat untuk PL Tidak dapat menghadapi risiko “semua atau tidak sama sekali” Pendekatan baru seperti XP, Agile, ... semua bergantung pada pengembangan iteratif
33
Iteratif… Keunggulan: Mendapatkan sesuai yang dibayar, umpan balik untuk perbaikan Kelemahan: Arsitektur/rancangan mungkin tidak optimal, pengerjaan ulang dapat meningkat, total biaya mungkin lebih besar Penerapan: di mana waktu respon sangat penting, risiko proyek yang lama tidak dapat diambil, semua kebutuhan tidak diketahui
34
Bentuk lain Iteratif Iterasi pertama membuat kebutuhan dan arsitektur dengan cara waterfall Pengembangan dan penyerahan dilakukan secara bertahap dalam iterasi
35
Bentuk lain dari Iterasi ...
36
Timeboxing Iteratif adalah urutan linier dari iterasi
Setiap iterasi adalah waterfall mini - menentukan spesifikasi, kemudian rencana iterasi Timeboxing – menetapkan durasi iterasi, kemudian menentukan spesifikasi Membagi iterasi dalam beberapa tahap yang sama Menggunakan konsep pipelining untuk mengeksekusi iterasi secara paralel
37
Iterasi Time Boxed Pengembangan iteratif umum – menetapkan fungsi untuk setiap iterasi, kemudian merencanakan dan jalankan Pada iterasi kotak waktu – menetapkan durasi iterasi dan menyesuaikan fungsi yang akan dimasukkan Waktu penyelesaiannya tetap, fungsi yang akan disampaikan fleksibel
38
Iterasi Time Boxed Hal ini sendiri sangat berguna dalam banyak situasi
Waktu pengiriman dapat diprediksi Rilis produk secara keseluruhan dan pemasaran dapat lebih terencana Membuat parameter waktu tidak bisa ditawar dan membantu memfokuskan perhatian pada jadwal Mencegah penggelembungan kebutuhan Waktu pengembangan secara keseluruhan masih tidak berubah
39
Timeboxing Bagaimana jika kita memiliki beberapa iterasi yang dieksekusi secara paralel Dapat mengurangi waktu penyelesaian rata- rata dengan memanfaatkan paralelisme Untuk eksekusi paralel, dapat meminjam konsep-konsep pipelining dari perangkat keras Hal ini menghasilkan Model Proses Timeboxing
40
Model Timeboxing Dasar
Pengembangan dilakukan secara iteratif dalam kotak waktu berdurasi tetap Setiap kotak waktu dibagi dalam tahap yang tetap Setiap tahap melakukan tugas yang jelas yang dapat dilakukan secara mandiri Setiap tahap kira-kira sama dalam hal durasi Ada sebuah tim khusus untuk setiap tahap Ketika tim satu tahap selesai, tim itu menyerahkan proyek kepada tim berikutnya
41
Timeboxing… Dengan kotak waktu jenis ini, dapat menggunakan pipelining untuk mengurangi waktu siklus Seperti pipelining perangkat keras – memandang iterasi sebagai satu instruksi Sebagai tahap memiliki tim khusus, eksekusi simultan dari iterasi yang berbeda adalah memungkinkan
42
Contoh Sebuah iterasi dengan tiga tahap – (A)nalisis, (B)angun, (S)erahkan Tahap-tahap ini lebih kurang sama dalam banyak situasi Dapat menyesuaikan durasi dengan menentukan batas yang sesuai Dapat menyesuaikan durasi dengan menyesuaikan ukuran tim untuk setiap tahap Memiliki tim terpisah untuk masing-masing tahap
43
Eksekusi Pipelined Tim A mulai menjalankan iterasi 1
Tim A selesai, menyerahkan iterasi 1 ke Tim B, dan mulai menjalankan iterasi 2 Tim A menyelesaikan iterasi 2, menyerahkan ke Tim B, Tim B menyelesaikan iterasi 1, menyerahkan ke Tim S, Tim A memulai iterasi 3, Tim B mulai iterasi 2 (dan Tim S, iterasi 1) ...
44
Eksekusi Timeboxing
45
eksekusi Timeboxing Iterasi pertama selesai pada waktu T
Kedua selesai pada T + T / 3; ketiga pada T +2 T / 3, dan seterusnya Dalam keadaan stabil, pengiriman setiap T / 3 waktu Jika T adalah 3 minggu, pengiriman pertama setelah 3 minggu, 2 setelah 4 minggu, 3 setelah 5 minggu, ... Dalam pelaksanaan linier, waktu pengiriman akan 3 minggu, 6 minggu, 9 minggu, ...
46
Eksekusi Jangka waktu iterasi masing-masing masih sama
Jumlah pekerjaan dilakukan dalam kotak waktu juga sama Produktivitas dari kotak waktu sama Namun, waktu siklus rata-rata atau waktu pengiriman telah dikurangi menjadi sepertiga
47
Ukuran Tim Dalam pelaksanaan linear dari iterasi, tim yang sama melakukan semua tahap Jika setiap tahap memiliki tim dari S, dalam pelaksanaan linear ukuran tim adalah S Dalam pelaksanaan pipelined, ukuran tim adalah tiga kali (satu tim untuk setiap tahap) Tapi, ukuran total dalam tim timeboxing lebih besar, dan ini mengurangi waktu siklus
48
Ukuran Tim Hanya dengan meningkatkan ukuran tim kita tidak bisa mengurangi waktu siklus - Hukum Brook Timeboxing memungkinkan cara yang terstruktur untuk menambah tenaga kerja untuk mengurangi waktu siklus Perhatikan bahwa kita tidak dapat mengubah waktu iterasi - Hukum Brook masih berlaku Alokasi pekerjaan yang berbeda untuk memungkinkan tim yang lebih besar untuk berfungsi dengan baik
49
Alokasi Kerja Tim
50
Timeboxing… Keunggulan: waktu pengiriman lebih pendek, mendapatkan juga keuntungan lain dari pendekatan iteratif, distribusi eksekusi Kelemahan: tim besar, manajemen proyek lebih sulit, sinkronisasi tinggi diperlukan, manajemen konfigurasi sulit Penerapan: Ketika waktu pengiriman yang singkat sangat penting; arsitektur stabil; fleksibilitas dalam pengelompokan fitur
51
Model RUP Rational Unified Process merupakan model iteratif juga
Pengembangan perangkat lunak dibagi menjadi siklus, setiap siklus memberikan suatu sistem sepenuhnya bekerja Setiap siklus dilaksanakan sebagai proyek terpisah Pelaksanaan siklus ini dibagi menjadi empat fase berturut-turut, setiap tahap berakhir dengan pencapaian milestone
52
Tahapan dalam Proyek Tahapan dalam proyek:
Fase Insepsi: berakhir dengan milestone sasaran siklus hidup; visi dan kemampuan tingkat tinggi dari sistem didefinisikan Fase Elaborasi: milestone arsitektur siklus hidup; kebutuhan yang paling didefinisikan dan arsitektur yang dirancang Fase Konstruksi: milestone kemampuan operasional awal Fase Transisi: rilis produk; transisi produk dari pengembangan ke produksi
53
Tahapan dan Milestones
54
Eksekusi fase Setiap fase itu sendiri dapat dilakukan dalam beberapa iterasi, iterasi masing-masing memiliki pelanggan eksternal / internal Secara umum konstruksi memiliki beberapa iterasi; elaborasi juga bisa dilakukan dalam beberapa iterasi
55
Alur Kerja Inti dan Fase
Tugas rekayasa yang disebut alur kerja proses inti sub proses ini berkenaan dengan tugas-tugas kebutuhan, perancangan, pelaksanaan pengujian, manajemen proyek, dll Banyak sub proses mungkin aktif dalam satu fase, volume aktivitas umumnya berbeda tergantung pada proyek
56
Sub proses dan tahapan
57
RUP… Sub-sub proses aktif dalam semua fase
Volume aktivitas di setiap fase berbeda tergantung pada proyek Oleh karena itu, proyek dapat menggunakan RUP untuk mengimplementasikan waterfall dengan memiliki proses kebutuhan aktif hanya dalam fase elaborasi Atau purwarupa dengan memiliki banyak kegiatan konstruksi dalam fase elaborasi Oleh karena itu RUP merupakan kerangka kerja yang fleksibel
58
Extreme Programming atau Model Proses Tangkas
Pendekatan tangkas (agile) yang dikembangkan di tahun 90-an sebagai reaksi terhadap pendekatan yang dikendalikan dokumen Sebagian besar pendekatan tangkas memiliki beberapa prinsip umum Ukuran kemajuan adalah bagian perangkat lunak yg bisa berjalan Perangkat Lunak harus disampaikan sedikit demi sedikit Bahkan perubahan akhir harus diperbolehkan Lebih suka komunikasi tatap muka dibanding dokumentasi umpan balik terus-menerus dan keterlibatan pelanggan diperlukan Lebih suka rancangan sederhana yang berkembang Tanggal Pengiriman diputuskan oleh tim
59
XP ... Banyak metodologi tangkas telah diusulkan; pemrograman ekstrim (XP) adalah salah satu yang paling populer Sebuah proyek XP dimulai dengan cerita- cerita pengguna, yang merupakan deskripsi singkat kebutuhan pengguna Rincian tidak termasuk Setiap cerita pengguna yang ditulis pada kartu yang terpisah sehingga mereka dapat dikombinasikan dengan cara beda
60
Proses Keseluruhan Tim memperkirakan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menerapkan cerita pengguna Perkiraannya kasar Perencanaan rilis dilakukan Menetapkan cerita yang akan dibangun di rilis mana, dan tanggal untuk rilis Disarankan rilis yang sering dan kecil Uji penerimaan juga dibangun dari cerita-cerita pengguna; digunakan untuk menguji sebelum rilis Bugs yang ditemukan di uji penerimaan, diperbaiki dalam rilis berikutnya
61
Proses Keseluruhan… Pengembangan dilakukan dalam iterasi yang masing-masing beberapa minggu Iterasi dimulai dengan perencanaan, di mana cerita akan dilaksanakan dipilih – yang berisiko tinggi dan bernilai tinggi dipilih pertama Rincian cerita diperoleh selama pembangunan dan dilaksanakan Uji penerimaan yang gagal pada iterasi sebelumnya juga diperbaiki
62
XP - Proses Keseluruhan
63
Iterasi Suatu eksekusi iterasi memiliki beberapa praktek yang unik
Pemrograman berpasangan: pemrograman dilakukan dalam pasangan pemrogram Pengembangan yand dikendalikan pengujian – pengujian unit otomatis ditulis sebelum kode program Solusi sederhana, refactoring untuk meningkatkan rancangan ketika diperlukan
64
Sebuah Iterasi
65
XP - Ringkasan Cocok untuk situasi di mana volume dan kecepatan kebutuhan yang tinggi Pelanggan bersedia untuk sangat terlibat dengan tim Tim tidak terlalu besar (kurang dari 20) Membutuhkan kemampuan yang kuat dalam anggota tim
66
Menggunakan Model Proses dalam Proyek
Model yang akan digunakan harus dipilih berdasarkan pada sifat dari masalah Contoh: Membangun sistem lelang kecil untuk Univ, jadwal yang ketat, beberapa kebutuhan inti, pelanggan hanya terlibat di awal, ... Model Cocok: Iteratif - lakukan kebutuhan dalam iterasi pertama, dan dua putaran penyerahan; meminimalkan risiko, ...
67
Menggunakan Model Proses …
Contoh: produk yang sangat kompetitif, perubahan kebutuhan yang cepat; pengalihdayaan (outsourcing) diinginkan untuk mengurangi biaya, ... Model: timeboxing paling cocok
68
ringkasan Proses merupakan sarana untuk mencapai tujuan proyek yaitu mutu dan produktivitas yang tinggi Proses mendefinisikan model proses generik, yang dapat membentuk dasar dari proses proyek Proses biasanya memiliki tahap, setiap tahap berfokus pada tugas yg bisa diidentifikasi Banyak model bagi proses pengembangan telah diusulkan
69
Ringkasan… Model proses pengembangan yang dibahas
Waterfall Purwarupa Iteratif RUP Timeboxing Agile atau XP Masing-masing memiliki keunggulan dan kelemahan dan akan bekerja dengan baik untuk beberapa jenis proyek
70
Proses Manajemen Proyek
71
Latar Belakang Proses pengembangan membagi pengembangan ke dalam fase-fase dan kegiatan-kegiatan Untuk menjalankannya secara efisien, harus mengalokasikan sumber daya, mengelola mereka, memantau kemajuan, mengambil tindakan korektif, ... Ini semua adalah bagian dari proses manpro Oleh karena itu, proses manpro adalah bagian penting dari pelaksanaan proyek
72
Tahapan Proses Manpro Ada tiga fase besar
Perencanaan Pemantauan dan pengendalian Analisis penghentian Perencanaan merupakan kegiatan utama yang menghasilkan sebuah rencana, yang merupakan dasar pemantauan
73
Perencanaan Harus selesai sebelum proyek dimulai Tugas utama
Estimasi biaya dan jadwal Pengelolaan staf Pemantauan dan rencana manajemen risiko Rencana jaminan mutu Dll Akan didiskusikan perencanaan secara rinci nanti
74
Pemantauan dan pengendalian
Berlangsung selama durasi proyek dan mencakup proses pengembangan Memantau semua parameter kunci seperti biaya, jadwal, risiko Mengambil tindakan korektif bila diperlukan Memerlukan informasi tentang proses pengembangan - disediakan oleh metrik
75
Analisis Penghentian Analisis penghentian dilakukan ketika proses pengembangan selesai Tujuan Dasar: untuk menganalisis kinerja proses, dan mengidentifikasi pelajaran yang diperoleh Juga disebut analisis postmortem
76
Hubungan dengan Proses Pengembangan
77
Ringkasan Proses memiliki dampak yang besar pada mutu dan produktivitas Proses-proses yang berbeda digunakan dalam sebuah proyek perangkat lunak Fokus pada proses pembangunan dan proses manajemen proyek Model proses adalah struktur proses umum, yang bekerja baik untuk beberapa jenis masalah Sebuah proyek harus memilih model proses yang paling cocok untuk itu (dan menyesuaikannya untuk memenuhi kebutuhan)
Presentasi serupa
© 2024 SlidePlayer.info Inc.
All rights reserved.