Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pengenalan Manajemen Proyek Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pengenalan Manajemen Proyek Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I"— Transcript presentasi:

1 Pengenalan Manajemen Proyek Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I

2 Pengenalan manajemen Proyek O Definisi Proyek O Contoh-contoh Proyek O Definisi Manajemen Proyek O Kerangka Kerja Manajemen Proyek O Metodologi Manajemen Proyek

3 Definisi dan pengertian Proyek O Definisi proyek adalah : “suatu usaha sementara yang dilaksanakan untuk menghasilkan suatu produk atau jasa yang unik” O Sementara berarti setiap proyek memiliki tanggal mulai dan tanggal selesai yang ditentukan. O Unik berarti produk atau jasa yang dihasilkan adalah berbeda atau jasa sejenis lainnya, tidak ada dua proyek yang 100% sama.

4 Ciri-ciri proyek O Menghasilkan lingkup tertentu berupa produk akhir atau hasil kerja akhir. O Untuk mewujudkan lingkup yang dimaksud, maka ditentukan jadwal, biaya, kriteria mutu, dan sumber daya yang diperlukan. O Bersifat sementara, ada batasan waktu yang ditentukan. O Nonrutin, tidak berulang-ulang.

5 Contoh-contoh proyek O Pengembangan sistem informasi O Pengadaan barang O Pembuatan jaringan O Pembuatan web O Membuka kantor cabang baru O Merencanakan sistem komunikasi yg baru O Pembangunan jalan, gedung, jembatan O Pembangunan pembangkit tenaga listrik

6 Life cycle project Secara umum terdapat 4 fase proyek : O Merumuskan masalah O Mencari solusi terhadap masalah O Melaksanakan solusi O Memonitor hasilnya, yaitu apakah solusi tersebut telah dapat menyelesaikan masalah.

7 Definisi manajemen proyek O Manajemen proyek adalah implementasi dari pengetahuan, ketrampilan, perangkat dan teknik-teknik pada suatu aktivitas- aktivitas proyek agar persyaratan dan kebutuhan proyek terpenuhi.

8 Proses-proses manajemen proyek Dikelompokkan dalam lima kelompok, yaitu : O Proses inisiasi O Proses perencanaan O Proses pelaksanaan O Proses pengontrolan O Proses penutupan

9 Kerangka kerja manajemen proyek

10 Tujuan / manfaat manajemen proyek O Kendali yang lebih baik dalam finansial, fisik, dan SDM. O Hubungan pelanggan yang lebih baik. O Waktu pengembangan yang lebih singkat. O Biaya yang lebih rendah. O Mutu yang lebih baik dan kehandalan yang meningkat. O Keuntungan yang lebih tinggi. O Produktivitas meningkat. O Moral pekerja yang lebih tinggi (berkurangnya tekanan).

11 Tiga batasan manajemen proyek

12 12 Stakeholder Proyek O Stakeholder adalah orang-orang yang terlibat atau dipengaruhi aktivitas-aktivitas proyek. O Stakeholders mencakup: O Sponsor proyek O Manajer proyek O Tim proyek O Staf pendukung O Pelanggan O Pengguna O Pemasok

13 13 Sembilan Bidang Pengetahuan Manajemen Proyek O Bidang pengetahuan adalah kompetensi utama yang harus dikembangkan manajer proyek. O Empat bidang pengetahuan inti mengarah kepada tujuan proyek spesifik (lingkup, waktu, biaya, dan mutu). O Empat bidang pengetahuan yang merupakan alat pencapaian tujuan proyek (SDM, komunikasi, resiko, dan manajemen pengadaan). O Satu bidang pengetahuan (manajemen integrasi proyek) mempengaruhi dan dipengaruhi oleh semua bidang pengetahuan lainnya.

14 14 Alat bantu dan Tehnik Manajemen Proyek O Alat bantu dan tehnik manajemen proyek membantu manajer proyek dan timnya dalam berbagai aspek manajemen proyek. O Alat bantu dan tehnik spesifik: O Carta Proyek, pernyataan lingkup, dan WBS (lingkup). O Gantt chart, diagram jaringan, analisis jalur kritis, penjadwalan rantai kritis (waktu). O Estimasi biaya dan earned value management (biaya).

15 15 Faktor Keberhasilan Proyek* 1. Dukungan eksekutif 2. Keterlibatan pengguna 3. Manajer proyek berpengalaman 4. Tujuan bisnis yang jelas 5. Lingkup yang diminimalisasi 6. Infrastruktur perangkat lunak standar 7. Kebutuhan dasar yang mantap 8. Metodologi formal 9. Estimasi yang handal 10. Kriteria lain, seperti milestones, perencanaan yang tepat, staf yang kompeten, dan kepemilikan

16 16 Peran Manajer Proyek O Deskripsi kerja bervariasi, tapi sebagian besar mencakup tanggung jawab seperti perencanaan, penjadwalan, koordinasi, dan bekerja sama untuk mencapai sasaran proyek. O Ingat bahwa 97 persen proyek yang sukses dipimpin oleh manajer proyek yang berpengalaman.

17 17 Keahlian yang disarankan bagi Manajer Proyek O Manajer proyek memerlukan keahlian “keras” dan keahlian “lunak”. O Keahlian keras mencakup pengetahuan produk dan tahu bagaimana menggunakan berbagai alat bantu dan tehnik manajemen proyek. O Keahlian lunak mencakup kemampuan untuk bekerja sama dengan berbagai macam orang.

18 18 Keahlian yang disarankan bagi Manajer Proyek O Keahlian komunikasi: mendengar, menyakinkan. O Keahlian organisasional: merencanakan, menetapkan sasaran, menganalisis. O Keahlian membangun tim: menunjukkan empati, memotifasi, mempromosikan semangat kebersamaan. O Keahlian memimpin: memberi contoh, membuat visi (gambaran umum), mendelegasikan, positif, enerjik. O Keahlian menangani: fleksibel, kreatif, sabar, mantap. O Keahlian teknologi: pengalaman, pengetahuan proyek.


Download ppt "Pengenalan Manajemen Proyek Ir. Waniwatining Astuti, M.T.I"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google