Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PHKI Program Tema D Tahun Pelaksanaan 2010 FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA UNIVERSITAS INDONESIA Internasionalisasi Universitas Indonesia melalui Pengembangan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PHKI Program Tema D Tahun Pelaksanaan 2010 FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA UNIVERSITAS INDONESIA Internasionalisasi Universitas Indonesia melalui Pengembangan."— Transcript presentasi:

1 PHKI Program Tema D Tahun Pelaksanaan 2010 FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA UNIVERSITAS INDONESIA Internasionalisasi Universitas Indonesia melalui Pengembangan Kajian Budaya Indonesia

2 SUBPROGRAM Pengembangan Pangkalan Data Kebudayaan Indonesia – Workshop perancangan program pemetaan kebudayaan Indonesia –Observasi lapangan dan penghimpunan data awal –Penghimpunan dan pengolahan data budaya Pengembangan Pusat Unggulan untuk Indonesia Goes International (IGI) –Sosialisasi dan pemilihan proposal Hibah Internal Riset Kolaboratif

3 Tujuan Pengembangan Pangkalan Data Kebudayaan Indonesia (1) Tujuan umum: (i) menghasilkan pangkalan data kebudayaan Indonesia; dan (ii) meningkatkan kualitas staf dan institusi dalam pengkajian budaya Indonesia secara regional dan internasional. Tujuan khusus: (i) memiliki pusat data, sumber daya manusia, dan informasi tentang keindonesiaan berbasis visual (website), audiovisual (perekaman), dan buku; dan (ii) menumbuhkan kapasitas pengetahuan dan aktivitas riset dengan mendiseminasi data yang terhimpun dalam pangkalan data.

4 Tujuan Pengembangan Pangkalan Data Kebudayaan Indonesia (2) Untuk mencapai tujuan tersebut dilakukan secara bertahap. Untuk aktivitas tahun 2010 bertujuan untuk mempersiapkan program penghimpunan dan pengolahan data budaya Indonesia (khususnya Betawi). Dilakukan kegiatan observasi lapangan dan pendataan awal seluruh budaya Betawi di wilayah Jabodetabek dan sekitarnya. Kemudian penghimpunan dan pengolahan data budaya Betawi khususnya seni sastra dan seni suara di lima wilayah DKI Jakarta. Tujuan: untuk mengetahui berbagai ragam jenis budaya Betawi dan sebaran tempat ragam budaya tersebut berada.

5 Tujuan Pengembangan Pusat Unggulan untuk Indonesia Goes International (IGI) (1) Tujuan umum: (i) meningkatkan pembahasan isu-isu mutakhir tentang kebudayaan Indonesia dalam skala regional dan internasional; dan (ii) mengembangkan jaringan internasional untuk kolaborasi dalam pengajaran, riset, dan penerbitan. Tujuan khusus: (i) membentuk riset kluster yang melibatkan para pengajar FIB-UI dan periset internasional dari universitas dan lembaga mitra FIB- UI; (ii) mengembangkan framework yang tepat untuk revitalisasi kebudayaan Melayu di sekitar masyarakat urban, dan (iii) menghasilkan laporan penelitian untuk bahan publikasi internasional.

6 Tujuan Pengembangan Pusat Unggulan untuk Indonesia Goes International (IGI) (2) Untuk aktivitas tahun 2010 ini dilakukan kegiatan Hibah Internal Riset Kolaboratif sejumlah 1 hibah dengan besar hibah Rp , yang dimenangkan oleh B. Kushartanti, M.Hum. berkolaborasi dengan Prof. Dr. Multamia RMT Lauder (UI), Dr. H. Van de Velde (Universiteit Utrecht), Prof. Dr. M.B.H. Everaert (Universiteit Utrecht) dengan judul riset “Kaitan Sikap dan Penggunaan Bahasa-bahasa di Jakarta pada Orang Tua sebagai Bagian dari Proses Pemerolehan Bahasa”, yang mengalahkan 3 proposal lain. Kegiatan ini bertujuan untuk menghasilkan riset kluster yang melibatkan para pengajar FIB-UI dan periset internasional dari universitas dan lembaga mitra FIB-UI serta menghasilkan laporan penelitian untuk bahan publikasi internasional.

7 Pelaksanaan Mekanisme dan Rancangan Pengembangan Pangkalan Data Kebudayaan Indonesia (1) Mekanisme dan rancangan dalam rangka Pengembangan Pangkalan Data Kebudayaan Indonesia adalah merancang pemetaan kebudayaan Indonesia; menghimpun data kebudayaan Indonesia; mendiseminasi peta kebudayaan Indonesia.

8 Pelaksanaan Mekanisme dan Rancangan Pengembangan Pangkalan Data Kebudayaan Indonesia (2) Dalam pelaksanaannya, untuk tahun 2010 ini baru dilaksanakan ”perancangan pemetaan kebudayaan Indonesia” dan “penghimpunan data kebudayaan Indonesia”. Dalam merancang pemetaan kebudayaan Indonesia telah dilaksanakan kegiatan Workshop Perancangan Program Pemetaan Kebudayaan Indonesia. Dalam menghimpun data kebudayaan Indonesia telah dilaksanakan kegiatan Observasi Lapangan dan Penghimpunan Data Awal dan kegiatan Penghimpunan Data Kebudayaan Betawi Tahap I.

9 Pelaksanaan Mekanisme dan Rancangan Pengemb. Pusat Unggulan Indonesia Goes International (1) Mekanisme dan rancangan dalam rangka Pengembangan Pusat Unggulan untuk Indonesia Goes International (IGI) adalah 1. menyelenggarakan pertukaran pengajar dan mahasiswa; 2. menyelenggarakan riset kolaboratif internasional; 3. memublikasikan hasil penelitian dalam jurnal internasional dan terbitan bersama internasional.

10 Pelaksanaan Mekanisme dan Rancangan Pengembangan Pangkalan Data Kebudayaan Indonesia (1) Mekanisme dan rancangan dalam rangka Pengembangan Pangkalan Data Kebudayaan Indonesia adalah merancang pemetaan kebudayaan Indonesia; menghimpun data kebudayaan Indonesia; mendiseminasi peta kebudayaan Indonesia.

11 Hasil Pelaksanaan (Output) Pengemb. Pangkalan Data Kebudayaan Indonesia (1) 1.Workshop Perancangan Program Pemetaan Kebudayaan Indonesia Dalam rangka perancangan program pemetaan kebudayaan Indonesia, pada hari Jumat, 5 Maret 2010 telah dilaksanakan Workshop Perancangan Pemetaan Budaya dan Pangkalan Data Budaya Betawi. Kegiatan workshop dilaksanakan di Ruang 2401 gedung 2 yang diikuti oleh 40 orang peserta, terdiri dari para dosen, peneliti, dan praktisi kesenian Betawi. Narasumber dalam workshop adalah Yahya Andi Saputra (Ketua Lembaga Kebudayaan Betawi), Dr. Ninuk Kleden Probonegoro (Antropolog), Dr. Magdalia Alfian (Kepala Pusat Penelitian Kemasyarakatan dan Budaya FIB UI), Prof. Dr. Achadiati Ikram (Filolog), dan Prof. Dr. Muhajir (Pakar bahasa Betawi). Banyak masukan yang diperoleh dari para narasumber sebagai bekal dalam kegiatan PHKI selanjutnya.

12 Hasil Pelaksanaan (Output) Pengemb. Pangkalan Data Kebudayaan Indonesia (2) 2.Observasi Lapangan dan Pendataan Awal Observasi lapangan dan pendataan awal ini telah dilaksanakan selama bulan Mei Dalam kegiatan ini telah disurvei ragam jenis budaya Betawi yang meliputi seni suara, seni sastra, seni musik, seni tari, seni drama, dan seni rupa. Survei ragam jenis budaya Betawi tersebut dilakukan di lima daerah, yakni (1) Jakarta Pusat + Jakarta Utara, (2) Jakarta Timur + Bekasi, (3) Jakarta Selatan + Depok, (4) Jakarta Barat + Tangerang, dan (5) Kabupaten Bogor. Berdasarkan hasil observasi lapangan dan pendataan awal tentang kebudayaan Betawi dapat dikatakan bahwa hampir di seluruh wilayah terdapat enam jenis kesenian yang dikaji.

13 Hasil Pelaksanaan (Output) Pengemb. Pangkalan Data Kebudayaan Indonesia (3) 3.Penghimpunan Data Kebudayaan Betawi Tahap I Kegiatan penghimpunan data kebudayaan Betawi Tahap I hingga akhir bulan Juni 2010 merupakan tahap persiapan lapangan. Kegiatan persiapan ini meliputi pembentukan Tim Lapangan, menyusunan instrument penelitian, penyiapan perlengkapan, dan mengurusan ijin penelitian. Kegiatan penghimpunan data khususnya seni sastra dan seni suara di lima wilayah DKI Jakarta dilaksanakan pada bulan Juli dan Agustus 2010.

14 Hasil Pelaksanaan (Output) Pengemb. Pusat Unggulan Indonesia Goes International (1) Kegiatannya: sosialisasi dan penilaian Hibah Internal Riset Kolaboratif. Program ini menyoroti berbagai isu yang terkait dengan Seni Tradisi Nusantara khususnya varian budaya Melayu dengan fokus pada wilayah Jabodetabek dengan melibatkan berbagai disiplin ilmu budaya secara terintegratif dan melibatkan pakar nasional maupun internasional. Melalui program ini diharapkan dapat ditemukan suatu model yang tepat untuk konservasi, preservasi, revitalisasi ekspresi kebudayaan tradisional, dan pemanfaatan seni tradisi dalam konteks industri kreatif. Kegiatan ini diharapkan pula dapat menghasilkan laporan- laporan penelitian yang menjadi dasar publikasi bertaraf internasional dan mampu menjadi acuan di bidang kajian terkait.

15 Hasil Pelaksanaan (Output) Pengemb. Pusat Unggulan Indonesia Goes International (2) Kegiatan sosialisasi Hibah Internal Riset Kolaboratif dalam rangka program IGI PHKI telah dilaksanakan pada bulan Mei dan Juni 2010, baik secara formal maupun informal. Materi sosialisasi disebarkan lewat perseorangan, program studi, departemen, dan website FIB UI. Proposal hibah hingga akhir batas pengajuan tanggal 21 Juni 2010 terkumpul 4 (empat) usulan. Berdasarkan rapat Tim Penilaian tanggal 30 Juni 2010 yang terdiri atas Prof. Dr. Riris K. Toha Sarumpaet, Prof Dr. Achadiati Ikram, M. Umar Muslim, Ph.D., Dr. Lily Tjahjandari, dan Tommy Christomy, Ph.D., telah menetapkan Kushartanti, M.Hum sebagai pemenang Hibah Internal Riset Kolaboratif PHKI FIB UI 2010 berjudul Kaitan Sikap dan Penggunaan Bahasa-bahasa di Jakarta pada Orangtua sebagai Bagian dari Proses Pemerolehan Bahasa.

16 Dampak (Outcomes) Pengemb. Pangkalan Data Kebudayaan Indonesia Dampak (outcomes) dari kegiatan Workshop Perancangan Program Pemetaan Kebudayaan Indonesia telah diperoleh wawasan yang luas tentang lingkup kegiatan dan kajian seni budaya Betawi di wilayah Jabodetabek. Dari kegiatan Observasi Lapangan dan Pendataan Awal telah diperoleh informasi dan pengetahuan tentang kondisi terkini seni budaya Betawi di wilayah Jabodetabek.

17 Dampak (Outcomes) Pengemb. Pusat Unggulan Indonesia Goes International Dampak (outcomes) dari kegiatan Hibah Internal Riset Kolaboratif telah terpilih satu proposal yang melibatkan juga peneliti asing dan hasilnya nanti dapat diterbitkan pada jurnal internasional.

18 Hambatan Pelaksanaan dan Upaya Mengatasinya Pengembangan Pangkalan Data Kebudayaan Indonesia KegiatanRencana (seperti yang diajukan di RIP 2010) Realisasi Workshop Perancangan Program Pemetaan Kebudayaan Indonesia Januari Maret 2010 Observasi AwalMaret—April 2010Mei 2010 Pengadaan BarangFebruari—Maret 2010Juni—Agustus 2010 Penghimpunan Data Kebudayaan Betawi Mei—Desember 2010 (Jabodetabek) Juli—Desember 2010 (DKI Jakarta)

19 Hambatan Pelaksanaan dan Upaya Mengatasinya Pengemb. Pusat Unggulan Indonesia Goes International Beberapa kegiatan yang semula diajukan 2010 dimundurkan pelaksanaannya pada tahun 2011 terkait dengan penurunan dana PHK-I yang jumlahnya kurang (hanya 40%) dari total biaya yang dibutuhkan pada tahun 2010 KegiatanRencana (seperti yang diajukan di RIP 2010) Realisasi SosialisasiJanuari 2010 Akhir batas pengajuanMaret Juni 2010 Penetapan pemenangApril Juni 2010 Penandatangan perjanjian April 2010Agustus 2010 Pelaksanaan risetSejak Mei 2010Sejak Juli 2010

20 Capaian 2010 SubprogramIndikator KinerjaBaselineTarget Capaian 2010Kegiatan Menuju Target Capaian KegiatanHasil/Proses Pengembangan Pangkalan Data Kebudayaan Indonesia Peta kebudayaan Indonesia tentang Seni Pertunjukan Betawi Belum ada 2 peta budaya (seni sastra dan seni suara) Workshop Perancangan Program Pemetaan Kebudayaan Indonesia (Seni Pertunjukan Betawi) Terselenggara Observasi Lapangan dan Penghimpunan Data Awal Terselenggara Penghimpunan Data Kebudayaan Betawi Tahap I: Seni Sastra dan Seni Suara Terselenggara Penyusunan 2 Peta Budaya (Seni Sastra dan Seni Suara) Sedang berproses hingga Desember 2010 Diseminasi hasil penghimpunan data budaya dalam Seminar Nasional Kebudayaan Betawi dan Hasil Riset Internal Kolaboratif PHK-I 2010 Akan diselenggarakan pada 14—15 Desember 2010

21 SubprogramIndikator KinerjaBaselineTarget Capaian 2010Kegiatan Menuju Target Capaian KegiatanHasil/Proses Pengembangan Pangkalan Data Kebudayaan Indonesia Mata kuliah pada Program Sarjana yang memanfaatkan peta kebudayaan Indonesia tentang Seni Pertunjukan Betawi Belum ada Pemasukan konten hasil pemetaan kebudayaan pada 8 mata kuliah (Perkembangan Sastra Indonesia; Sastra Lisan; Sastra Populer; Tradisi Sastra Nusantara; Sastra Sejarah; Pengkajian Prosa Indonesia; Pengantar Dialektologi; Pengantar Sosiolinguistik) Pemelajaran data oleh para pengajar Sedang berproses hingga Desember 2010 bersamaan dengan pengolahan dan penyusunan 2 peta budaya Mata kuliah pada Program Magister yang memanfaatkan peta kebudayaan Indonesia tentang Seni Pertunjukan Betawi Belum adaPemasukan konten hasil pemetaan kebudayaan pada 4 mata kuliah (Tradisi Lisan Nusantara; Kajian Kebijakan Budaya; Perubahan Bahasa; Variasi Bahasa) Pemelajaran data oleh para pengajar Sedang berproses hingga Desember 2010 bersamaan dengan pengolahan dan penyusunan 2 peta budaya Capaian 2010

22 SubprogramIndikator KinerjaBaselineTarget Capaian 2010Kegiatan Menuju Target Capaian KegiatanHasil/Proses Pengembangan Pusat Unggulan Indonesia Goes International (IGI) Jumlah riset kolaborasi internasional 1 kolaborasi Riset Internal Kolaboratif oleh Peneliti UI (B. Kushartanti M.Hum. dan Prof. Dr. Multamia RMT Lauder) bersama Peneliti Universiteit Utrecht (Dr. H. Van de Velde dan Prof. Dr. M.B.H. Everaert) Sedang berproses Diseminasi hasil riset internal dalam Seminar Nasional Kebudayaan Betawi dan Hasil Riset Internal Kolaboratif PHK-I 2010 Akan diselenggarakan pada 14—15 Desember 2010 Publikasi internasional dalam jurnal/terbitan internasional bekerja sama dengan Universiteit Utrecht Sesudah riset internal kolaboratif selesai Capaian 2010

23 SubprogramIndikator KinerjaBaselineTarget Capaian 2010Kegiatan Menuju Target Capaian KegiatanHasil/Proses Pengembangan Pusat Unggulan Indonesia Goes International (IGI) Jumlah publikasi internasional 2 publikasi internasional Pendataan publikasi internasional Sedang berproses hingga akhir tahun 2010 Capaian 2010


Download ppt "PHKI Program Tema D Tahun Pelaksanaan 2010 FAKULTAS ILMU PENGETAHUAN BUDAYA UNIVERSITAS INDONESIA Internasionalisasi Universitas Indonesia melalui Pengembangan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google