Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Hardware (perangkat keras)  Software (perangkat lunak)  Brainware (pengguna komputer)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Hardware (perangkat keras)  Software (perangkat lunak)  Brainware (pengguna komputer)"— Transcript presentasi:

1  Hardware (perangkat keras)  Software (perangkat lunak)  Brainware (pengguna komputer)

2 Perangkat Keras Komputer Contoh Sistem OperasiBasic Perangkat LunakBhs. PemrogramanPascal Program Aplikasi Fortran C/C++/C# Dsb BrainwarePemakai

3  Program adl kumpulan instruksi tersendiri yang biasa disebut sebagai source code  Kumpulan instruksi ini dibuat oleh programmer (pembuat program)  Program adl kumpulan instruksi atau perintah yang disusun sedemikian rupa sehingga mempunyai urutan nalar yang tepat untuk menyelesaikan suatu persoalan.

4  Instruksi (statement) yang dimaksud adl syntax(cara penulisan) yang sesuai dengan bahasa pemrograman yang digunakan dimana mempunyai komponen input, proses, dan output.  Contoh sistem login facebook input= ,password proses=validasi , password output=jika valid bisa menggunakan fb, salah mengulang

5  Apakah kentang yang akan digoreng sudah tersedia atau harus dibeli terlebih dahulu?  Jika sudah dibeli, apakah kentang yang akan digoreng sudah dikupas kulitnya?  Ada berapa buah kentaang yang harus digoreng?  Apakah semua kentang memiliki mutu yang baik atau ada yang busuk?  Jika ada yang busuk, apakah kentang tersebut akan tetap dipakai atau akan dibuang?  Jika kentang sudah selesai digoreng, bagaimana cara menghidangkannya? Apakah menggunakan saos tomat ataukah tidak?

6 InputProsesOutput

7  Algoritma adalah urutan langkah yang logis untuk menyelesaikan masalah tertentu. Yang ditekankan adalah urutan langkah logis, yang berarti algoritma harus mengikuti suatu urutan tertentu,tidak boleh melompat-lompat.  Secara definisi algoritma adl alur pemikiran logis yang dapat dituangkan ke dalam bentuk tulisan. Yang ditekankan pertama adalah alur fikiran, shg algoritma seseorang dapat berbeda dengan algoritma orang lain.Penekanan kedua adl tertulis yang berarti dapat berupa kalimat,gambar,atau tabel tertentu(flowchart).

8  Requirement yaitu tahap mencari tahu kebutuhan klien/user, bisa dilakukan dengan wawancara, bertemu secara langsung atau dengan melihat program yang sudah ada.  Design yaitu tahap membuat prototype/bentuk program interface (tampilan program) yang bakal dibuat namun belum fungsional.  Implementation, yaitu tahap dimanaprogrammer melakukan pengkodean program secara nyata hingga semua fungsionalitasnya terpenuhi dan benar.  Testing yaitu tahap setelah program jadi. Program dites apakah semua fungsionalitasnya benar-benar sesuai dengan requirement yang sudah ditetapkan sebelumnya.  Maintenance yaitu tahap dimana setelah program valid maka program harus dipelihara, dapat diupdate, dibackup atau mungkin ditingkatkan versinya dalam jangka waktu tertentu.

9  Input minimal program hrs memiliki nol input atau lebih dari pengguna. Program pasti memiliki input. Yang dimaksud memiliki nol input berarti program tidak mendapatkan masukan data dari pengguna secara langsung, namun semua data yang akan digunakan oleh program sudah dideklarasikan didalam kode program yang akan dieksekusi. Jadi tidak perlu diinputkan dari luar.

10  Output minimal program hrs memiliki 1 output. Program pasti menghasilkan output karena program dibuat untuk tujuan tertentu. Tujuan itulah outputnya.Output program bisa ditampilkan ke layar (screen), ditulis di file atau disimpan di clipboard untuk kemudian dipakai di program lain atau disimpan dalam basis data.

11  Finite (Terbatas) Program harus pasti dan berhenti, bukan tak terhingga. Suatu program yang dieksekusi haruslah berhenti dan selesai, bukan berjalan terus menerus hingga hang up atau not responding dan akhirnya harus dikill(dimatikan) secara paksa.

12  Definite(Pasti) Program harus jelas arah dan tujuannya. Suatu program harus jelas kapan mulai dan kapan berakhir, apa tujuannya, dan memiliki logika yang jelas agar dapat menghasilkan output yang sesuai dengan yang diharapkan.

13  Efisien Artinya program harus efisien, tidak memakan banyak memori, tidak melakukan hal-hal yang tidak perlu. Contoh x=5+0 atau y=100*0

14  Algoritma Sekuensial Alur pemikiran yang terstruktur, terurut, pasti, dan jelas untuk menyelesaikan masalah.Dalam algoritma ini kadang ada langkah2 yang tidak boleh ditukar urutannya. Contoh :…………..

15  Algoritma Percabangan dimana programmer harus memilih langkah yang harus dia lakukan berdasarkan kondisi tertentu. Contoh :…………..

16  Algoritma Perulangan dimana terdapat satu atau lebih kejadian/tindakan yang harus diulang terus menerus sampai kondisinya tidak terpenuhi lagi. Contoh :…………..


Download ppt " Hardware (perangkat keras)  Software (perangkat lunak)  Brainware (pengguna komputer)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google