Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

LOADING..... Created by MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL STANDARD KOMPETENSI : Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia serta mekanisme pernafasan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "LOADING..... Created by MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL STANDARD KOMPETENSI : Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia serta mekanisme pernafasan."— Transcript presentasi:

1

2 LOADING.....

3 Created by

4 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL STANDARD KOMPETENSI : Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia serta mekanisme pernafasan manusia. KOMPETENSI DASAR : Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi dan proses pada sistem pernapasan pada manusia.

5 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL. Sistem Respirasi Manusia Istilah bernapas, seringkali diartikan dengan respirasi, walaupun secara harfiah sebenarnya kedua istilah tersebut berbeda. Pernapasan (breathing) artinya menghirup dan menghembuskan napas. Oleh karena itu, bernapas diartikan sebagai proses memasukkan udara dari lingkungan luar ke dalam tubuh dan mengeluarkan udara sisa dari dalam tubuh ke lingkungan. Sementara, respirasi (respiration) berarti suatu proses pembakaran (oksidasi) senyawa organik (bahan makanan) di dalam sel sehingga diperoleh energi

6 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL 1.Struktur Pernafasan Manusia a.Hidung Hidung merupakan alat pernapasan yang terletak di luar dan tersusun atas tulang rawan. Pada bagian ujung dan pangkal hidung ditunjang oleh tulang nasalis. Rongga hidung dibagi menjadi dua bagian oleh septum nasalis, yaitu bagian kiri dan kanan. Bagian depan septum ditunjang oleh tulang rawan, sedangkan bagian belakang ditunjang oleh tulang vomer dan tonjolan tulang ethmoid. Bagian bawah rongga hidung dibatasi oleh tulang palatum, dan maksila. Bagian atas dibatasi oleh ethmoid, bagian samping oleh tulang maksila, konka nasalis inferior, dan ethomoid sedangkan bagian tengah dibatasi oleh septum nasalis.

7 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL b. Faring Udara dan makanan. Faring merupakan percabangan 2 saluran, yaitu saluran pernapasan (nasofaring) pada bagian depan dan saluran pencernaan (orofaring) pada bagian belakang. Udara dari rongga hidung masuk ke faring. Faring berbentuk seperti tabung corong, terletak di belakang rongga hidung dan mulut, dan tersusun dari otot rangka. Faring berfungsi sebagai jalannya udara dan makanan. Faring merupakan percabangan 2 saluran, yaitu saluran pernapasan (nasofaring) pada bagian depan dan saluran pencernaan (orofaring) pada bagian belakang.

8 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL c. Laring Dari faring, udara pernapasan akan menuju pangkal tenggorokan atau disebut juga laring. Laring tersusun atas kepingan tulang rawan yang membentuk jakun. Jakun tersebut tersusun oleh tulang lidah, katup tulang rawan, perisai tulang rawan, piala tulang rawan, dan gelang tulang rawan. Pangkal tenggorokan dapat ditutup oleh katup pangkal tenggorokan (epiglotis). Jika udara menuju tenggorokan, anak tekak melipat ke bawah, dan ketemu dengan katup pangkal tenggorokan sehingga membuka jalan udara ke tenggorokan. Saat menelan makanan, katup tersebut menutupi pangkal tenggorokan dan saat bernapas katup tersebut akan membuka. Pada pangkal tenggorokan terdapat pita suara yang bergetar bila ada udara melaluinya. Misalnya saja saat kita berbicara.

9 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL d. Trakea Tenggorokan berupa pipa yang panjangnya ± 10 cm, terletak sebagian di leher dan sebagian di rongga dada. Dinding tenggorokan tipis dan kaku, dikelilingi oleh cincin tulang rawan, dan pada bagian dalam rongga bersilia. Silia-silia ini berfungsi menyaring benda-benda asing yang masuk ke saluran pernapasan.

10 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL e. Bronkus Bronkus tersusun atas percabangan, yaitu bronkus kanan dan kiri. Letak bronkus kanan dan kiri agak berbeda. Bronkus kanan lebih vertikal daripada kiri. Karena strukturnya ini, sehingga bronkus kanan akan mudah kemasukan benda asing. Itulah sebabnya paru-paru kanan seseorang lebih mudah terserang penyakit bronkhitis.

11 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL f. Paru-paru Organ yang berperan penting dalam proses pernapasan adalah paru-paru. Paru-paru merupakan organ tubuh yang terletak pada rongga dada, tepatnya di atas sekat diafragma. Diafragma adalah sekat rongga badan yang membatasi rongga dada dan rongga perut. Paru-paru terdiri atas dua bagian, paru-paru kanan dan paru-paru kiri. Paru-paru kanan memiliki tiga gelambir yang berukuran lebih besar daripada paru-paru sebelah kiri yang memiliki dua gelambir.

12 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL 2. Mekanisme Pernafasan Manusia 1). Pernapasan dada Inspirasi : Bila otot antar tulang rusuk berkontraksi, maka tulang rusuk terangkat, volume rongga dada akan membesar sehingga tekanan udara di dalamnya menjadi lebih kecil daripada tekanan udara luar, sehingga udara masuk ke paru-paru. Ekspirasi : Bila otot antar tulang rusuk relaksasi, maka posisi tulang rusuk akan menurun, akibatnya volume rongga dada akan mengecil sehingga tekanan udara membesar, akibatnya udara terdorong ke luar dari paru- paru.

13 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL 2). Pernapasan perut Inspirasi : Bila otot diafragma berkontraksi, maka posisi diafragma akan mendatar, akibatnya volume rongga dada bertambah besar, tekanan mengecil, sehingga udara masuk ke paru-paru Ekspirasi : Bila otot diafragma relaksasi, maka posisi diafragma naik/melengkung, sehingga rongga dada mengecil, tekanan membesar, akibatnya udara terdorong keluar.

14 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL Gambar. 1 “Ekspirasi bukan saja akibat otot-otot antar tulang rusuk dan diafragma yang berelaksasi, tetapi juga karena kontraksi otot dinding perut”.

15 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL 3. Volume Udara Pernafasan Volume udara yang dipernafaskan sangat bervariasi, sebab dipengaruhi oleh cara dan kekuatan seseorang melakukan respirasi. Udara yang dipernafaskan oleh tubuh dapat digolongkan menjadi: Volume Tidal (VT) : Volume udara yang keluar masuk paru- paru sebagai akibat aktivitas pernapasan biasa (500 cc). Volume Komplemen (VK) : Volume udara yang masih dapat dimasukkan secara maksimal ke dalam paru-paru setelah inspirasi biasa (1500 cc) Volume Suplemen (VS) : Volume udara yang masih dapat dihembuskan secara maksimal dari dalam paru-paru setelah melakukan ekspirasi biasa (1500 cc)

16 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL Volume Residu (VR) : Volume udara yang selalu tersisa di dalam paru-paru setelah melakukan ekspirasi sekuat- kuatnya (1000 cc) Kapasitas Vital (KV) : Volume udara yang dapat dihembuskan sekuat-kuatnya setelah melakukan inspirasi sekuat-kuatnya (KV = VT + VK + VS) Kapasitasi Total (KT) : Volume total udara yang dapat tertampung di dalam paru-paru (KT = KV + VR)

17 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL ANIMASI

18 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL VIDEO

19 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL 1. Alur yang tepat untuk menunjukkan keluarnya karbon dioksida dalam tubuh adalah …. A. alveolus --> bronkiolus --> bronkus --> laring --> trakea B. alveolus --> bronkiolus --> bronkus --> trakea --> laring C. alveolus --> bronkus --> bronkiolus --> trakea --> laringalveolus --> bronkus --> bronkiolus --> trakea --> laring D. laring --> trakea --> bronkus --> bronkiolus --> alveoluslaring --> trakea --> bronkus --> bronkiolus --> alveolus E. trakea --> laring --> bronkus --> bronkiolus --> alveolus. trakea --> laring --> bronkus --> bronkiolus --> alveolus

20 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL 2. Peristiwa yang menyebabkan masuknya udara ke paru- paru saat pernapasan dada adalah …. A. membesarnya rongga dada.membesarnya rongga dada B. otot-otot antar tulang rusuk mengecilotot-otot antar tulang rusuk mengecil C. otot diafragma mengendur. otot diafragma mengendur D. tekanan udara dalam paru-paru berkurang. tekanan udara dalam paru-paru berkurang E. volume paru-paru berkurangvolume paru-paru berkurang

21 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL 3. Besar volume tidal pada orang dewasa umumnya berkisar …. A mililiter5000 mililiter B mililiter3000 mililiter C mililiter1100 mililiter D. 800 mililiter. 800 mililiter E. 500 mililiter

22 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL 4. Bagian tubuh yang rusak pada penderita penyakit Pneumonia adalah …. A. faring. faring B. laring. laring C. alveoulus. alveoulus D. bronkiolus. bronkiolus E. trakea. trakea

23 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL 5. Faktor yang mempengaruhi frekuensi pernapasan pada manusia kecuali …. A. umur. umur B. jenis kelamin. jenis kelamin C. bentuk hidung. bentuk hidung D. suhu tubuh. suhu tubuh E. posisi tubuh. posisi tubuh

24 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL SCORE 0 0

25 MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL


Download ppt "LOADING..... Created by MENU SK & KD MATERI ANIMASI VIDEO SOAL STANDARD KOMPETENSI : Menjelaskan struktur dan fungsi organ manusia serta mekanisme pernafasan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google