Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KELOMPOK 4 ASTRID FATIMAH A. HADI YAHYA A.F LINDA TJAHJADI VASCO R.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KELOMPOK 4 ASTRID FATIMAH A. HADI YAHYA A.F LINDA TJAHJADI VASCO R."— Transcript presentasi:

1 KELOMPOK 4 ASTRID FATIMAH A. HADI YAHYA A.F LINDA TJAHJADI VASCO R.

2 Campuran gas alam mengandung CH 4 sebanyak 80% dan C 2 H 6 sebanyak 20%. Pada suhu 350 K dan tekanan 2 bar. Tentukan volumenya dengan menggunakan metode virial equation. Buatlah Kurva V terhadap P pada temperatur konstan.

3  Step 1 : Menentukan Persamaan dan Data-Data yang Diperlukan Persamaan Umum Virial Tetapi, atas dasar rekomendasi dari Pak Yuswan, maka persamaan virial yang digunakan hanya sampai pada 3 variabel di sebelah kanan, sehingga persamaannya menjadi:

4  Dimana : Data- data yang diperlukan : Dari Appendix B, Buku Introduction To Chemical Engineering Thermodynamic 4 th Edition, karangan VanNess, didapatkan nilai Vc untuk CH 4 dan C 2 H 6 adalah sebagai berikut: Vc CH 4 = 98.6 cm 3 /mol dan Vc C 2 H 6 = 145,5 cm 3 /mol. Nilai Tetapan Gas R = 83,14 cm 3 bar mol -1 K -1 Temperatur yang digunakan, T : 350 K

5  Step 2 : Menentukan Nilai Vc Nilai Vc yang digunakan adalah nilai Vc gabungan antara Vc CH 4 dan Vc C 2 H 6 yang didapat dengan menjumlahkan nilai Vc masing-masing yang telah dikalikan dengan fraksi mol masing-masing terlebih dahulu. /mol

6  Step 3 : Menetukan Nilai Koefisien B dan C B = -Vc  B = - C = Vc / 3  C = - / 3 = 3886,56 cm 3 /mol Step 4 : Substitusi semua data yang ada ke persamaan umum virial Dalam perhitungan ini, nilai tekanan tidak dimasukkan karena tujuan kita adalah untuk menentukan nilai Vm pada variasi nilai P. Penentuan nilai Vm dilakukan dengan metode pencarian akar dengan metode secant.

7  Step 5: Membuat Algoritma Program Dengan Pascal

8  Setelah program tersebut di Run, maka volume pada P = 2 bar yaitu Vm = 14441,0160 cm 3.  Kemudian kita plot grafik untuk beberapa variasi tekanan untuk mendapatkan variasi nilai volume. Grafiknya dapat dilihat di bawah ini:

9 Tekanan ( bar )V0lume ( cm 3 )

10


Download ppt "KELOMPOK 4 ASTRID FATIMAH A. HADI YAHYA A.F LINDA TJAHJADI VASCO R."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google