Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Usability. Usability dari beberapa ahli dan lembaga Menurut Joseph Dumas dan Janice Redish (1999) Usability digunakan untuk mengukur tingkat pengalaman.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Usability. Usability dari beberapa ahli dan lembaga Menurut Joseph Dumas dan Janice Redish (1999) Usability digunakan untuk mengukur tingkat pengalaman."— Transcript presentasi:

1 Usability

2 Usability dari beberapa ahli dan lembaga Menurut Joseph Dumas dan Janice Redish (1999) Usability digunakan untuk mengukur tingkat pengalaman pengguna ketika berinteraksi dengan produk sistem – baik itu website, software, mobile phone maupun peralatan yang digunakan pengguna lainnya. Secara umum, usability mengacu kepada bagaimana pengguna bisa memperlajari dan menggunakan produk untuk memperoleh tujuannya dan seberapa puaskah mereka terhadap penggunaannya.

3 Menurut Jeff Axup (www.upasoc.org, 2004) Usability adalah sebuah ukuran sebuah karakteristik yang mendeskripsikan seberapa efektif seorang pengguna dalam berinteraksi dengan suatu produk. Usability juga merupakan ukuran seberapa mudah suatu produk bisa dipelajari dengan cepat dan seberapa mudah suatu produk bisa digunakan.

4 Menurut ISO Usability dapat didefinisikan sebagai tingkat dimana sebuah produk bisa digunakan oleh pengguna tertentu untuk mencapai tujuan tertentu dengan efektif, efisien, dan memperoleh kepuasan dalam konteks penggunaannya.

5

6 5 Syarat Usability: Mudah dipelajari Efsien dalam penggunaan Mudah diingat Tingkat Kesalahan Rendah Kepuasan Pengguna Akibat Desain yang tidak memenuhi syarat usability: Frustasi Bingung Kabur Promosi Negatif

7 komponen-komponen yang mempengaruhi usability

8 Learnability (Kemampuan Pembelajaran) Seberapa mudah memperlajari suatu sistem. Seberapa cepat untuk menguasai sampai menjadi mahir. Bagaimana kemampuan pemakai mempertahankan pengetahuannya setelah jangka waktu tertentu.

9 Throughput (Tolak Ukur Keluaran) Seberapa cepat suatu tugas dikerjakan Seberapa banyak kesalahan dan kesalahan-kesalahan apa saja yang dibuat pemakai. seberapa banyak orang yang diperlukan untuk memperbaiki kesalahan.

10 Flexibility (Keluwesan) Seberapa besar kecocokan sistem dengan keahlian seorang pemakai. Fleksibilitas sistem diubah untuk memenuhi jalan kerja yang berbeda atau perbedaan level dari suatu keahlian.

11 Attitude (Perilaku) Kepuasan pemakai terhadap sistem. Manfaat yang dirasakan oleh pemakai terhadap sistem. Berapa lama sistem dipakai oleh pemakai.

12 masalah-masalah usability yang umum terjadi Visualisasi yang buruk. Informasi yang bisa dibaca mengalami kerusakan. Komponen yang tidak dapat dimengerti. Selingan yang mengganggu. Navigasi yang membingungkan.

13 Navigasi yang tidak efisien. Operasi yang tidak efisien. Scrolling yang berlebihan atau yang tidak efisien. Informasi yang berlebihan atau terlalu banyak. Rancangan yang tidak konsisten. Informasi yang tidak ter-update.

14 langkah-langkah perancangan antarmuka sistem Tentukan pengunjung situs. Pahami fungsi bisnis Pahami prinsip-prinsip antarmuka dan rancangan layar yang baik. Kembangkan system menu dan skema navigasi. Pilih jenis windows yang tepat. Pilih peralatan interaksi yang tepat. Pilih pengatur layar yang tepat.

15 Buat teks dan pesan yang jelas. Berikan timbal balik yang efektif. Berikan akses yang efektif. Buat grafik, icon, dan gambar yang berguna. Gunakan warna yang tepat. Atur tataruang windows dan halaman. Lakukan test.

16 Teknik usability dalam mendesain website Link Gunakan garis bawah Biasanya warna biru Semua link harus berfungsi Jika bertingkat dapat menggunakan breadcrumb misalnya: Home > Konsultasi > Keluarga > Pertanyaan 1

17 Grafik Ukuran kecil 30 kb-25kb optimasi grafik: format gif gunakaan atribut width dan height misalnya: Gunakan atribut=0, untuk menghidari border warna biru pada browser tertentu. Gunakan atribut alt, untuk menampilkan keterangan jika browser tidak bisa menampilkan. Jika harus menamplikan gambar yang besar, gunkan link dengan menggunakan gambar kecilnya.

18 Animasi dan suara Gunakan dalam ukuran kecil Untuk animasi dan suara yang besar, beri navigasi player Untuk animasi loading Berikan navigasi untuk mengabaikannya (Skip) Warna Jumlah warna mempengaruhi ukuran file Warna gradasi dapat memperbesar ukuran file Hindari warna buta: menyilaukan, samar atau tidak terlihat


Download ppt "Usability. Usability dari beberapa ahli dan lembaga Menurut Joseph Dumas dan Janice Redish (1999) Usability digunakan untuk mengukur tingkat pengalaman."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google