Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."— Transcript presentasi:

1 Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada Microsoft PowerPoint 2007 PELAJARAN SEKOLAH SABAT DEWASA DALAM BENTUK POWERPOINT Model Mengajar : Hp:

2 Pedoman Pendalaman Alkitab Januari Februari Maret 2014 Pedoman Pendalaman Alkitab Januari Februari Maret 2014 Rumah Produksi: ® WS Sekolah Sabat dalam bentuk PowerPoint ini dirancang oleh Rudolf Weindra Sagala Hp:

3 Pengguna yang terkasih, Bahan PowerPoint ini disiapkan bagi para Pemimpin Diskusi Sekolah Sabat dan anggota jemaat lokal. Kami berharap bahwa Sekolah Sabat Dewasa dalam bentuk PowerPoint ini dapat bermanfaat untuk konsumsi pribadi maupun untuk digunakan dalam mengajar atau memimpin Diskusi Sekolah Sabat. Kami berharap agar tidak melakukan perubahan seperti: menambahkan ilustrasi, mengubah latar belakang, menyesuaikan ukuran font, dll. Meskipun niat anda mungkin baik, tetapi melakukan hal seperti ini tidak dibenarkan. PEDOMAN PENDALAMAN ALKITAB SEKOLAH SABAT DEWASA Sebuah ajakan………

4 Pedoman Pendalaman Alkitab Pedoman Pendalaman Alkitab Sekolah Sabat Dewasa Sekolah Sabat Dewasa Format.pptx Format.pptx Gereja Masehi Advent Hari Ketujuh 2014

5 Allah mengundang setiap orang percaya di mana saja untuk mengumandangkan rahmat yang tak tertandingi ini, sebagai duta besar yang mengkomunikasikan karya penebusan Ilahi kepada mereka yang diperbudak oleh Iblis dengan jalan memanggil mereka untuk mengikuti, beribadah, dan memuji Sang Pencipta mereka. Pendahuluan Umum

6 Pada akhirnya, mengikut Yesus jauh melebihi sebuah pandangan yang sempit yang menyatakan bahwa pemuridan itu sama dengan sebuah metode yang memperbaiki perilaku dan kebiasaan yang menyimpang, betapapun pentingnya perubahan itu. Sebuah pemahaman yang konprehensif tentang pemuridan tidaklah lengkap kecuali hal itu mencakup kerinduan untuk mengikut Yesus dan oleh kuasa supra alami, timbullah kerinduan untuk menuntun orang lain kepada Kristus. Pendahuluan Umum

7 ma “Segera setelah seseorang datang kepada Kristus maka lahirlah sebuah kerinduan dalam hatinya untuk memperkenalkan Yesus kepada orang lain sebagai sahabat yang paling berharga; kebenaran yang menyelamatkan dan menguduskan tidak dapat tersembunyi dalam hatinya. Bilamana kita mengenakan pakaian kebenaran Kristus dan kita dipenuhi dengan hadirat Roh Kudus, kita tidak akan mampu menahan damai dalam hati kita. Jika kita sudah pernah merasakan dan melihat bahwa Tuhan itu baik maka kita memiliki sesuatu yang perlu dibagikan.... Akan ada suatu kerinduan untuk mengikuti jalan yang Yesus sudah lewati ” Ellen G. White, Kebahagiaan Sejati, hlm. 78,79 Pendahuluan Umum

8 Agar masing-masing kita mengikuti teladan Kristus dalam melakukan pemuridan. Pada pelajaran Sekolah Sabat Triwulan I 2014 ini kita akan melihat pemuridan sebagai sebuah proses yang membuat kita menjadi pengikut Yesus, dengan demikian, dapat menjadi pemenang jiwa yang lebih baik lagi. TUJUAN PELAJARAN SEKOLAH SABAT TRIWULAN INI

9 1. Murid dan Alkitab 2. Pemuridan Melalui Metafora 3. Pemuridan dan Doa 4. Memuridkan Anak-anak 5. Memuridkan Orang Sakit 6. Memuridkan Orang Biasa 7. Yesus dan Orang yang Dibuang 8. Dengan yang Kaya dan Terkenal 9. Memuridkan Orang Berkuasa 10. Memuridkan Bangsa-bangsa 11. Memuridkan Pemimpin Rohani 12. Tuaian dan Penuai 13. Biaya Pemuridan Daftar Isi:

10 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Pelajaran 9 Memuridkan Orang Berkuasa

11 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Kata-kata Pembuka Murid-murid yang setia melayani di mana pun juga, dan untuk siapapun juga, mereka dipanggil untuk melayani, juga termasuk kepada para penguasa.

12 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Tujuan Pelajaran Untuk menekankan kepada setiap anggota kelas Sekolah Sabat bahwa kita harus selalu siap sedia membagikan Firman Tuhan atau menjadikan orang lain “menjadi murid Kristus,” termasuk kepada penguasa atau kepala pemerintahan. Begitu ada waktu dan kesempatan untuk bergaul dengan para penguasa, kita harus gunakan waktu itu untuk memperkenalkan Kristus kepada mereka, sebab kita tidak tahu kapan lagi kita bisa mendapat kesempatan untuk memperkenalkan Kristus kepada mereka..

13 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Ayat Hafalan “Firman Allah makin tersebar, dan jumlah murid Yesus di Yerusalem makin bertambah banyak; juga sejumlah besar imam menyerahkan diri dan percaya.” Kisah. 6:7.

14 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Pengantar Murid-murid tidak diwarisi keberanian dan ketetapan hati orang syahid hingga tiba saat rahmat yang demikian diperlukan. Waktu Petrus dan Yohanes bersaksi di hadapan majelis Sanhedrin, orang banyak ‘heranlah mereka; dan mereka mengenal keduanya sebagai murid Yesus.’ Petrus dan Yohanes

15 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Pengantar ‘ Semua orang yang duduk dalam sidang Mahkamah Agama menatap Stefanus, lalu mereka melihat muka Stefanus seperti muka malaikat.’ ‘Orang banyak tidak sanggup melawan hikmatnya dan Roh yang mendorong dia berbicara.’ Stefanus Kisah 6:15, 10

16 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Pengantar Paulus ‘Pada waktu pembelaanku yang pertama tidak seorang pun yang membantu aku….tetapi Tuhan telah mendampingi aku dan mengatakan aku, supaya dengan perantaraanku Injil diberitakan dengan sepenuhnya dan semua orang bukan Yahudi mendengarkannya. Dengan demikian aku lepas dari mulut singa.’” 2 Tim. 4:16, 17

17 b b Understand the purposes of marriageA Memuridkan Orang Berkuasa Selayang Pandang Memuridkan Orang Berkuasa Selayang Pandang 1. Menghormati Penguasa Sekuler (Lukas 20:25) 2. Menghormati Penguasa Agama (Matius 12:1-16) 3. Bersaksi Kepada Penguasa (Kisah 6:7)

18 b b Understand the purposes of marriageA Memuridkan Orang Berkuasa Selayang Pandang Memuridkan Orang Berkuasa Selayang Pandang 1. Menghormati Penguasa Sekuler (Lukas 20:25)

19 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Memuridkan Orang Berkuasa 1. Menghormati Penguasa Sekular Lukas 20:25 “Lalu kata Yesus kepada mereka: "Kalau begitu berikanlah kepada Kaisar apa yang wajib kamu berikan kepada Kaisar dan kepada Allah apa yang wajib kamu berikan kepada Allah!"

20 Pemuridan Triwulan 1, Menghormati Penguasa Sekular Mengakui Pemerintahan Manusia 1.Menghormati Penguasa Sekular Mengakui Pemerintahan Manusia Apakah yang memberikan pemerintah hak untuk memerintah? Apakah bentuk pemerintahan yang terbaik? Apakah masyarakat harus menuruti pemerintah mereka? Jika tidak, mengapa? Beberapa pertanyaan yang selalu muncul dalam pemikiran manusia sehubungan dengan pemerintahan hingga saat ini: Banyak orang yang telah berjuang untuk memahami peranan dan fungsi pemerintah dan bagaimana penduduk harus berhubungan dengan mereka.

21 Pemuridan Triwulan 1, Menghormati Penguasa Sekular Mengakui Pemerintahan Manusia 1.Menghormati Penguasa Sekular Mengakui Pemerintahan Manusia Boneka pemerintah diizinkan oleh Roma kadang lebih kejam dari Roma itu sendiri. Namun cukup menarik, Yesus tidak pernah menasihatkan bentuk pemberontakan apa pun menentang pemerintahan ini, atau bahkan menahan pajak darinya (Lihat Lukas 20:25).

22 Pemuridan Triwulan 1, Menghormati Penguasa Sekular Mengakui Pemerintahan Manusia 1.Menghormati Penguasa Sekular Mengakui Pemerintahan Manusia Kekerasan dan kebrutalan menjadi cirri-ciri kekaisaran Roma selama zaman Kristus. Tentara Roma meneror dan menaklukkan bangsa-bangsa, dengan paksa membawa mereka ke dalam kekaisaran. Ratusan ribu orang dijarah, dipenjarakan, dan dibunuh.

23 Pemuridan Triwulan 1, Menghormati Penguasa Sekular Mengakui Pemerintahan Manusia 1.Menghormati Penguasa Sekular Mengakui Pemerintahan Manusia “Umat Tuhan mengakui pemerintahan manusia sebagai yang diurapi Allah dan akan mengajarkan penurutan kepadanya sebagai tugas yang suci di dalam batasan yang sah. Tetapi ketika itu bertentangan dengan tuntutan Allah, Firman Allah harus diakui lebih tinggi daripada hukum manusia. ‘Firman Tuhan’ tidak akan disisihkan untuk peraturan gereja atau Negara. Mahkota Kristus harus diangkat di atas mahkota penguasa dunia.” Sikap Umat Tuhan Terhadap Pemerintah Menurut Anjuran Roh Nubuat Ellen G. White, 6T, hlm. 402.

24 Pemuridan Triwulan 1, Menghormati Penguasa Sekular Sang Perwira 1.Menghormati Penguasa Sekular Sang Perwira Sungguh luar biasa bahwa orang yang memiliki kuasa dan pengaruh ini (dan sebagai orang Roma tentunya) dapat menunjukkan betapa dalamnya iman sementara banyak orang yang memiliki keuntungan rohani menolak Yesus. Setiap orang dapat mengalami pengalaman perwira itu. Cerita ini seharusnya mendorong mereka yang menginjil di antara orang-orang yang berkuasa.

25 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Diskusikan Menurut Anda, pelajaran apakah yang dapat kita pelajari dari cara Yesus berhubungan dengan para penguasa. Tuliskan paling sedikitnya 3!

26 b b Understand the purposes of marriageA Memuridkan Orang Berkuasa 2. Menghormati Penguasa Agama (Matius 12:1-16)

27 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Memuridkan Orang Berkuasa 2. Menghormati Penguasa Agama Matius 12:11-14 "Jika seorang dari antara kamu mempunyai seekor domba dan domba itu terjatuh ke dalam lobang pada hari Sabat, tidakkah ia... mengeluarkannya? Bukankah manusia jauh lebih berharga dari pada domba? Karena itu boleh berbuat baik pada hari Sabat.“... Lalu... orang-orang Farisi itu....bersekongkol untuk membunuh Dia.”

28 Pemuridan Triwulan 1, Menghormati Penguasa Agama Belum Pernahkah Kamu Baca...? 2. Menghormati Penguasa Agama Belum Pernahkah Kamu Baca...? Yesus berusaha menyampaikan penebusan... bahkan bagi mereka yang berkuasa dan berpengaruh yang akhirnya menghukum-Nya sampai mati. Kebanyakan dari orang yang paling berkuasa dan berpengaruh yang bertentangan dengan Yesus adalah para pemimpin agama, banyak dari antara mereka yang secara terbuka memusuhi-Nya.

29 Pemuridan Triwulan 1, Menghormati Penguasa Agama Belum Pernahkah Kamu Baca...? 2. Menghormati Penguasa Agama Belum Pernahkah Kamu Baca...? Dalam berhadapan dengan mereka itu, Yesus mengacu kepada Alkitab... sumber yang seharusnya menyentuh pemimpin agama. Yesus mendekati mereka dengan dasar yang sama dengan mereka. Contohnya, Dia mengutip Alkitab ketika berbicara tentang pentingnya belas kasihan melebihi upacara. Dengan melakukan itu Yesus mencoba membawa para pemimpin kepada makna hukum yang lebih dalam di mana mereka mengaku bahwa mereka sangat sungguh- sungguh dan tulus dan menjunjung tinggi hukum itu.

30 Pemuridan Triwulan 1, Menghormati Penguasa Agama Belum Pernahkah Kamu Baca...? 2. Menghormati Penguasa Agama Belum Pernahkah Kamu Baca...? Yesus membandingkan kepada pemikiran mendasar mereka dalam hal sopan santun dan kebaikan, sesuatu yang berhubungan dengan orang- orang ini. Namun, masalahnya adalah, ketidaksenangan dan kebencian Yesus bahkan menutupi hal itu. Akhirnya, mukjizat itu sendiri seharusnya berbicara dengan nyaring kepada para pemimpin yang berpengaruh ini sehubungan dengan adanya Orang yang luar biasa di antara mereka.

31 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Diskusikan Fakta Alkitab menyatakan bahwa memuridkan orang yang memiliki otoritas lebih sulit dibandingkan dengan orang yang biasa. Selama pelayanan Yesus, orang yang berkuasa yang berhasil dimuridkan hampir tidak kelihatan (kecuali Nikodemus dan Yusuf dari Aramatea), Tetapi setelah kebangkitan-Nya barulah hasilnya melimpah. Apakah yang dikatakan oleh fakta-fakta ini kepada kita tentang betapa pentingnya kita tidak menjadi kecewa saat kesaksiaan kita kelihatannya tidak efektif seperti yang kita harapkan, khususnya di antara orang elit yang berkuasa?

32 b b Understand the purposes of marriageA Memuridkan Orang Berkuasa 3. Bersaksi Kepada Penguasa (Kisah 6:7)

33 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Memuridkan Orang Berkuasa 3. Bersaksi Kepada Penguasa Kisah 6:7 " Firman Allah makin tersebar, dan jumlah murid di Yerusalem makin bertambah banyak; juga sejumlah besar imam menyerahkan diri dan percaya.”

34 Pemuridan Triwulan 1, Bersaksi Kepada Penguasa Hari Penghakiman 3. Bersaksi Kepada Penguasa Hari Penghakiman Apa pun penghakiman yang mereka sampaikan terhadap Kristus pada akhirnya adalah penghakiman yang mereka ucapkan terhadap diri mereka sendiri. Dalam adegan terakhir perjalanan Yesus di bumi, pengikut Kristus melihat sekilas harga penderitaan Kristus... Dari penagkapan hingga penyaliban, Kristus memberikan kesaksian di hadapan orang yang paling berkuasa di negri itu: Kaisar, gubernur, imam.

35 Pemuridan Triwulan 1, Bersaksi Kepada Penguasa Hari Penghakiman 3. Bersaksi Kepada Penguasa Hari Penghakiman Sementara Kristus bersaksi untuk menjadikan murid, kadangkala hasilnya sangat jauh berbeda dari yang Dia sendiri harapkan. Betapa Yesus akan bersukacita jika Pilatus, Kayfas, Herodes, dan orang-orang yang lain telah menyerahkan hati dan bertobat. Dengan kekerasan kepala mereka, mereka menolak permohonan-Nya, tanpa berperasaan mengabaikan panggilan keselamatan mereka yang terakhir.

36 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Demikian halnya juga, pengikut Kristus... harus mengakui bahwa sementara mereka bersaksi untuk menjadikan murid, hasilnya sering sekali jauh dari yang diharapkan dan didoakan. 3. Bersaksi Kepada Penguasa Hari Penghakiman 3. Bersaksi Kepada Penguasa Hari Penghakiman Kesuksesan yang dapat diukur tidak selamanya didapat dari usaha mereka. Hal ini tidak boleh mengecewakan mereka ataupun menghalangi kesaksian selanjutnya. Murid yang sesungguhnya adalah, seperti Kristus itu sendiri, setia sampai mati, bukan setia sampai kecewa. Panggilan untuk keputusan pendengar akan memisahkan sekam dari gandum. Gandum dirayakan, sekam ditangisi, penuaian dilanjutkan.

37 Pemuridan Triwulan 1, Bersaksi Kepada Penguasa Ledakan Permulaan 3. Bersaksi Kepada Penguasa Ledakan Permulaan Murid-murid Kristus yang mula- mula memajukan Injil dengan penuh semangat di seluruh peradaban dunia. Rumah-rumah, sinagog, stadion umum, ruang pengadilan dan istana raja menjadi panggung untuk proklamasi kerajaan. Sayangnya, mereka yang dipenuhi oleh kekuasaan duniawi lebih lambat untuk menerima Kristus.

38 Pemuridan Triwulan 1, Bersaksi Kepada Penguasa Ledakan Permulaan 3. Bersaksi Kepada Penguasa Ledakan Permulaan Kristus telah setia mengabarkan Injil. Para misionaris telah bersaksi di seluruh Yudea. Tidak dapat disangkal bahwa para petobat mula-mula menolong untuk membawa pekabaran Kemudian,... Rasul Paulus memasuki gambaran itu.... kesaksiannya tidak dihargai secara universal. Kadangkala orang-orang terkemuka menganiaya dan mengusirnya.

39 Pemuridan Triwulan 1, Bersaksi Kepada Penguasa Ledakan Permulaan 3. Bersaksi Kepada Penguasa Ledakan Permulaan Walaupun menghadapi penoalakan dan penganiayaan yang sama, murid Kristus di abad dua puluh satu harus tetap bertekun.

40 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Diskusikan Kita harus mengakui bahwa tidak semua orang cocok bekerja atau bersaksi kepada kelompok para pemimpin atau penguasa. Menurut Anda, apakah syaratnya agar kita dapat memuridkan orang-orang yang berkuasa tersebut? Mohon dibagaikan pengalaman Anda dalam bersaksi kepada penguasa jika ada!

41 Pemuridan Triwulan 1, 2014 KUTIPAN ROH NUBUAT “Bukan karena suatu jamahan biasa dan secara kebetulan maka jiwa-jiwa yang kaya, yang mencintai dan menyembah dunia itu ditarik kepada Tuhan. Sering orang-orang seperti ini paling sukar didekati. Usaha perorangan harus dilaksanakan bagi mereka oleh pria dan wanita yang dipenuhi oleh semangat sebagai utusan Tuhan, mereka yang tak akan gagal atau penuh semangat. Sebagian orang lebih cocok bekerja di kalangan yang lebih tinggi.” Ellen G. White, Membina Keluarga Sehat, hlm. 189.

42 Pemuridan Triwulan 1, 2014 Rangkuman Metode Yesus menjangkau orang yang kuat dan berpengaruh adalah sama dengan metode-Nya untuk orang lain: Dia bertemu dan bersimpati dengan mereka, melayani mereka, dan memenangkan keyakinan mereka. Setiap usaha untuk “mengambil jalan pintas” dari metode-Nya tidak akan berhasil

43 PENERAPAN Hal penting apakah dari pelajaran SS ini yang dapat saya terapkan dalam hidup saya minggu mendatang ini? PelajaranAplikasiMasalahKeputusan Kita harus memiliki keyakinan bahwa saat kita berdiri dihadapan para penguasa untuk menyampaikan khabar baik dan bersaksi bagi mereka, kita tidak sendirian. Roha Allah akan selalu mendampingi kita. Sebagaimana Roh Kudus membanu dan memberikan kuasa kepada para murid untuk bersaksi kepada para penguasa, Dia juga akan melakukan hal yang sama bagi kita yang hidup pada saat ini Saya tidak menydari hal ini. Minggu depan ini saya berusaha melalui pertolongan Roh Kudus dan belajar Alkitab berusaha untuk menggunakan kesempatan yang ada untuk menjadi saksi bagi para penguasa dan yang berwenang yang ada di daerah atau wilayah saya.

44 Efektif untuk Kelompok Kecil SELIDIKI kebenaran – Mengapa saya harus mempelajari pelajaran ini ? INTISARIKAN kebenaran – Apa kata Alkitab tentang kebenaran ini ? ADAPTASIKAN kebenaran – Bagaimana kebenaran ini mempengaruhi aku? GUNAKAN kebenaran – Bagaimana saya bisa menggunakan kebenaran ini ? APLIKASIKAN kebenaran – Perobahan apa yang aku perlukan dalam hidup ini ? Model Mengajar “SIAGA”


Download ppt "Presentasi PowerPoint ini digunakan hanya untuk satu komputer dan tidak untuk dipindahkan ke komputer lainnya. Presentasi ini lebih cocok digunakan pada."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google