Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Tugas bahasa indonesia analisis kesalahan pada teks1 KELOMPOK : AKBAR DARMAWAN ANITA RAFIQA ZEIN PUTU PURBA PADMA PRATIWI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Tugas bahasa indonesia analisis kesalahan pada teks1 KELOMPOK : AKBAR DARMAWAN ANITA RAFIQA ZEIN PUTU PURBA PADMA PRATIWI."— Transcript presentasi:

1 Tugas bahasa indonesia analisis kesalahan pada teks1 KELOMPOK : AKBAR DARMAWAN ANITA RAFIQA ZEIN PUTU PURBA PADMA PRATIWI

2 Kalimat 1 Negara Indonesia terdiri dari bermacam-macam suku bangsa (1). Kesalahan : Kalimat tidak logis dan tidak konsisten Perbaikan : Bangsa Indonesia terdiri dari bermacam-macam suku bangsa.

3 Kalimat 2 Sudah barang tentu tiap-tiap suku bangsa mempunyai bahasa yang berbeda-beda pula, bahkan tiap-tiap daerah mempunyai dialek-dialek tersendiri (2). Kesalahan : kalimat kurang efektif Perbaikan : Setiap suku bangsa memiliki bahasa daerah masing- masing dengan dialek yang berbeda-beda.

4 Kalimat 3 Tetapi mengingat tujuan negara Indonesia adalah negara kesatuan, maka penting pula adanya bahasa kesatuan (3). Kesalahan : adanya kesalahan pemikiran. Negara kesatuan bukanlah tujuan dari negara ndonesia Perbaikan : Akan tetapi bentuk negara Indonesia adalah negara kesatuan sehingga diperlukan adanya bahasa kesatuan.

5 Kalimat 4 Karena terdorong rasa pentingnya persatuan bangsa Indonesia, maka tiap-tiap suku bangsa dengan senang hati bersedia mengangkat dan mengakui bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional (4). Kesalahan : adanya kesalahan dalam pemilihan kata Perbaikan : Menyadari pentingnya persatuan bangsa Indonesia, maka tiap-tiap suku bangsa dengan senang hati...dst.

6 Kalimat 5 Karena itulah tanggal 28 Oktober 1928 diikrarkan Sumpah Pemuda (5). Kesalahan : bisa digabung dengan kalimat 4 Perbaikan : Menyadari pentingnya persatuan bangsa Indonesia, maka tiap-tiap suku bangsa dengan senang hati bersedia mengangkat dan mengakui bahasa Melayu menjadi bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional sebagaimana diikrarkan dalam Sumpah Pemuda tanggal 28 Oktober 1928

7 Kalimat 6 Meskipun dalam Sumpah Pemuda dinyatakan bahwa bangsa Indonesia berbahasa satu, yaitu bahasa Indonesia, tetapi itu bukan berarti menghilangkan atau mematikan bahasa-bahasa daerah yang ada (6). Kesalahan : kurang efektif Perbaikan : Walaupun bangsa Indonesia berbahasa satu, yaitu bahasa Indonesia tetapi bahasa-bahasa daerah tetap ada bukan hendak dihilangkan atau dimatikan.

8 Kalimat 7 Antara bahasa Indonesia dan bahasa daerah saling isi mengisi untuk memperkaya perbendaharaan kata dan memperkaya kebudayaan nasional (7). Kesalahan : struktur gramatikal kurang tepat Perbaikan : Bahasa Indonesia dan bahasa daerah saling isi mengisi untuk memperkaya perbendaharaan kata dan memperkaya kebudayaan nasional.

9 Kalimat 8 Hal ini sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 Pasal 36 yang menyatakan “Bahasa Negara adalah Bahasa Indonesia” (8). Kesalahan : jika dilihat dari frasa “Hal ini..” menunjukan kalimat 8 masih memiliki kaitan dengan kalimat 7. Namun jika dilihat isi kalimat 8, kalimat 8 tidak memiliki hubungan dengan kalimat 7.

10 Tambahan Dalam sebuah paragraf tersebut, terdapat 3 pokok pikiran  Bangsa Indonesia terdiri dari bermacam-macam suku bangsa, yang memiliki bahasa daerahnya masing-masing dengan dialek yang berbeda-beda.  Demi kesatuan dan persatuan Indonesia semua suku bangsa dapat menerima bahasa Indonesia, yang diangkat dari bahasa Melayu, dan yang diikrarkan pada tanggal 28 Oktober 1928 sebagai bahasa nasional Indonesia.  Bahasa Indonesia sebagai bahasa Nasional dan bahasa negara bukan merupakan saingan bagi bahasa daerah karena bahasa daerah dijamin kelangsungan hidupnya di dalam Undang-Undang Dasar 1945.


Download ppt "Tugas bahasa indonesia analisis kesalahan pada teks1 KELOMPOK : AKBAR DARMAWAN ANITA RAFIQA ZEIN PUTU PURBA PADMA PRATIWI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google