Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sydney Olympic Station Homebush Bay. Lokasi : Homebush, New South Wales Stasiun Kereta Api Olimpiade Sydney, Homebush Klien : Pemerintah koordinasi olimpiade.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sydney Olympic Station Homebush Bay. Lokasi : Homebush, New South Wales Stasiun Kereta Api Olimpiade Sydney, Homebush Klien : Pemerintah koordinasi olimpiade."— Transcript presentasi:

1 Sydney Olympic Station Homebush Bay

2 Lokasi : Homebush, New South Wales Stasiun Kereta Api Olimpiade Sydney, Homebush Klien : Pemerintah koordinasi olimpiade

3 Sydney Olympic Station telah memenangkan berbagai macam penghargaan dan juga mendapat pengakuan dari banyak industri konstruksi, bukan hanya dari wilayah lokal, akan tetapi juga dari komunitas yang lebih luas dan juga dari penghargaan arsitektur dan teknik yang bergengsi. Tierney & Partners yang menjadi ahli struktural dalam proyek pembangunan Sydney Olympic Station (SOS) telah menerima The Structural Award of Merit dari Persatuan Konsultan Ahli (Teknik) Australia pada perjamuan tahunan mereka di tahun Kriteria bangunan yang dijadikan bahan penjurian antara lain adalah: originalitas, inovasi, kualitas dari teknik yang digunakan, kepuasan pihak klien, keuntungan bagi komunitas disekitar bangunan, dan juga sebuah nilai terhadap profesi sebagai tenaga ahli (teknik).

4 Fungsi bangunan : stasiun kereta api / jalur penghubung Tahun berdiri : 1998 Biaya proyek : $95 juta Tim Proyek Arsitektur dan aristektur lansekap : Hassell Pty. Ltd Ahli sipil dan struktur : Tierney & Partners Ahli teknik lingkungan dan utilitas : Connell Wagner Project manager dan kontraktor : Leighton Contractors Ahli akustik dan suara : Robert Fitzell Acoustics Ahli signage dan desain grafis : Emery Vincent Design Konsultan BCA : Trevor Howse and Associates Penasehat energi : Solarch

5 Sydney Olympic Station didirikan untuk kepentingan transportasi pada saat berlangsungnya Olimpiade Sydney 2000

6 Area tapak memiliki dimensi 35 x 200 meter. Stasiun ini letaknya 500 meter dari stadion dan 100 meter arah barat dari plasa utama Olimpiade. Stasiun beroperasi dalam 3 cara yang berbeda yakni : 1. Cara normal : beroperasi bagaimana layaknya stasiun normal. 2. Cara even besar : mampu mengakomodasi hingga orang perjam (misalnya : pertunjukkan paskah) 3. Cara olimpiade : mampu mengakomodasi hingga orang per jam. Fasilitas stasiun ini dipersyaratkan mampu menampung hingga orang per jam baik kedatangan maupun keberangkatan.

7 ”Persyaratan utama yang dibebankan pada bangunan ini adalah bangunan ini harus bisa mengekspesikan struktur dan fungsinya. Bangunan yang dibuat harus berdasarkan rata-rata bangunan kelas dunia melalui pengembangan elemen dalam bangunan yang diekspresikan melalui bentuk, struktur material, dan pencahayaannya.”

8 Tipe bangunan : s.t.a.s.i.u.n k.e.r.e.t.a a.p.i..form.. Bentuk denah : persegi panjang dengan ukuran 200x35,6 meter Tinggi keseluruhan bangunan : dari platform hingga puncak atap mencapai 21 m dimana permukaan bangunan berada 5 meter dibawah permukaan tanah. Modul dasar atap: atap truss kolong ’daun’ bentang tunggal (single span vaulted'leaf'roof truss) Jumlah modul: 18 modul dengan jarak 12 m Atap tambahan: kanopi lengkung entrance p=14 m & atap awning p=5,5 m Setiap modul terdiri dari sebuah arch kembar dari bahan 355CHS yang dipisahkan secara horisontal dengan kaca setebal 300mm yang menjadi celah untuk memasukkan cahaya yang dipantulkan dengan cara yang menarik, yaitu dengan sistem pembelokan cahaya. Luas keseluruhan lantai : 7000 m2 Hubungan dengan tanah : galian tanah sedalam 6 meter di bawah permukaan tanah, atap kanopi setinggi 15 meter dari permukaan tanah

9 1. DENAH 2. TAMPAK

10 Arches atau batang lengkung yang berada pada setiap modul atap bangunan memiliki dua bagian yang memiliki kecenderungan menjadi satu bagian yang terbuat dari bahan 355CHS yang ditempatkan pada titik awal yang sama dengan posisi tegak lurus dari bidang lengkung (‘daun’). Batang lengkung (arch) yang kembar diletakkan tepat ditengah-tengah modul, batang satu mengikuti modul sebelumnya dan batang yang satu mengikuti modul sesudahnya, sehingga bagian atap yang ditopang memiliki kecenderungan untuk saling bersentuhan. Masing-masing bagian, baik batang lengkung, maupun bidang lengkung (atap) memiliki kecenderungan untuk memikul beban seluas 200x100 rhs, oleh karena itu, batang lengkung diletakkan ditengah-tengah bagian ‘daun’ sehingga menyerupai tulang belakang daun, dan pada bagian tepinya juga terdapat batang lengkung yang berfungsi sebagai pengaku. Batang-batang ini diletakkan di bawah bidang ‘daun’, sehingga dapat terlihat dari dalam stasiun.

11 Batang lengkung yang bersebelahan digabungkan dengan menggunakan balok-balok kecil yang dipasang pada sisi samping batang lengkung. Batang lengkung kemudian diletakkan pada bagian kolom dengan menggunakan pengikat/purlin. Balok yang digunakan untuk menggabungkan batang sengaja disembunyikan dibalik lapisan atap, sehingga terkesan seperti tulang-tulang ‘daun’. Penempatan batang-batang arch memang sangat rumit. Satu batang kolom harus menahan masing-masing empat batang arch yang menerima beban dari atap lengkung yang lumayan berat. Selain itu kolom juga menerima beban dari kanopi yang berupa kantilever yang diletakkan pada bagian samping bangunan. Kesemua ini tentu saja sudah cukup menggambarkan keruwetan dalam merancang Sydney Olympic Station ini.

12 Struktur bangunan Sydney Olympic Sation yang sangat rumit menjadi daya tarik dan kekhasan bangunan.

13 Tierney & Partners mendapatkan persetujuan desain untuk atap dengan mendapatkan sertifikat AS4100, sedangkan persetujuan untuk perhitungan beban angin dan juga analisa secara dinamis diperoleh dengan pemberian sertifikat AS Komponen atap ‘daun’ dibuat di pabrik, baru kemudian diangkut ke lokasi untuk dirakit dan di-finishing. Setelah dirakit secara lengkap dengan pasaknya, kemudian atap diuiji coba oleh pihak Alfasi untuk memastikan dimensinya dan juga kekuatannya. Seluruh bagian atap dibawa ke lokasi secara terpisah dan dirakit ditempat tanpa dilas. Pengangkutan atap ‘daun’ dibatasi disesuaikan dengan bobotnya dan juga kapasitas dari tower crane.

14 Setiap bagian/segmen ‘daun’ telah diregangkan terlebih dahulu sebanyak dua-pertiga dari jumlah regangan total sebelum diangkat dan diletakkan pada posisinya diatas batang arch, baru setelah itu diregangkan total. Setelah menempati posisi yang tepat dan diregangkan total, pekerjaan selanjutnya adalah melubangi panel metal yang digunakan sebagai bahan atap untuk memberikan celah agar sinar/ cahaya matahari dapat masuk ke dalam stasiun.

15 Fasade atap terbuat dari bahan zincalume speed deck 500 yang diproduksi oleh Stramit dan dirangkai oleh Thomas Roofing. Uji coba untuk memeriksa kemampuan dari lembaran-lembaran zincalume tersebut dilakukan agar lembaran tersebut sesuai dengan batang lengkung (arch) yang sudah disediakan. Atap dari bahan zincalume

16  Material atap : baja  Material dasar (base) : beton Tipe struktur atap : atap truss kolong ’daun’ bentang tunggal (single span vaulted 'leaf' roof truss) Pola : konfigurasi kolong lipat yang berulang Struktur pendukung : kolom, buttresses, arched trusses Pijakan : pads, papan di atas tanah, anker batu..structure..

17 3. rencana ATAP 4. POTONGAN

18 Potongan dari Sydney Olympic Station dari beberapa titik yang berbeda

19 Detail sambungan kolom dan arches trusses Detail bahan pengikat arches trusses Detail Struktur... Detail arches trusses untuk bahan kerangka atap

20 …Persyaratan Desain… Ketika Sydney m emenangkan penawaran untuk menjadi t uan rumah Olimpiade 2000, t idak ada kerja yang n yata yang menangani masalah t ransportasi dan p erancanaan wilayah untuk H omebush Bay, pada a khir tahun 1993, pihak Workshop internasional memutuskan untuk mengembangkan w ilayah Sydney. HASSEL d itunjuk sebagai t im desain untuk mempersiapkan rencana desain wilayah, dan pada t ahun 1995 diputuskan untuk m embuat jalur kereta api bawah tanah pada wilayah pusat kegiatan olimpiade.

21 Olympic Co-ordination Authority (OCA) mempersyaratkan sebuah fasilitas yang membentuk semacam ‘pintu gerbang’ ke dalam site sebagai bagian dari fasilitas publik dan daerah publik pada Homebush Bay. TEKNOLOGI BAHAN I Sydney Olympic Station merupakan sarana transportasi untuk mendukung berlangsungnya Olimpiade Sydney 2000, dan berada di sekitar pusat kegiatan olimpiade sos

22 Fasilitas transportasi berupa stasiun ini diharapkan layaknya rata-rata bangunan kelas dunia yang ditunjukkan dengan rancangan yang mengagumkan dan menjadi bangunan yang mudah dikenali yang membanggakan bagi masyarakat setempat. Stasiun ini harus beroperasi dan dikelola secara efektif menurut standar keselamatan internasional. Oleh karena itu, kinerja dan durabilitas material yang dipergunakan harus senantiasa diperhatikan. Materialnya merupakan material pilihan yang sesuai dengan standar internasional, kuat, dan kokoh

23 Selain efektif dan sesuai dengan standar internasional, stasiun ini harus sesuai dengan kebijakan lingkungan yang ditetapkan oleh OCA. Persyaratan utama yang dibebankan pada bangunan ini adalah bangunan Sydney Olympic Station ini harus bisa mengekspesikan struktur dan fungsinya.

24 TEKNOLOGI BAHAN I Struktur atap harus mampu mengatasi beban hidup dan beban angin secara aman. Sistem footing (atau dasarnya) harus mampu menyalurkan beban secara aman ke pondasi.

25 Sejumlah kriteria desain... telah dikemukakan sebagai interpretasi terhadap brief dan site yang ada, dan dapat dijadikan beberapa poin sebagai berikut: 1. Menjamin kejelasan bagi penumpang di stasiun. 2. Melihat proyek ini sebagai bangunan ‘di bawah permukaan tanah’ ketimbang sebagai ‘bawah tanah’ yang dipandang pada struktur open air-nya. 3. Memungkinkan bagi kepedulian lingkungan luar 4. Merayakan kedatangan dan keberangkatan 5. Memaksimalkan penghawaan dan pencahayaan alami 6. Memberikan rasa yang jelas terhadap arah dalam arsitektur 7. Mengeksplorasi tradisi dari rancangan stasiun, mengekspresikan permainan cahaya serta struktur. 8. Membedakan antara dasar dan kanopi pada bangunan. 9. Menyediakan jalur yang tak terlihat pada area publik. 10. Memberikan image tunggal yang kuat bagi stasiun.

26 Buttresses merupakan struktur yang menggunakan bahan beton. Biasanya struktur ini digunakan untuk struktur kolom dan terbuat dari bahan concrete. Arches Trusses merupakan struktur rangka yang terbuat dari bahan baja atau bahan elastis lainnya yang dilengkungkan. Bahan yang paling sesuai untuk Arches Trussed adalah bahan berbentuk tube atau tabung. Arches Trusses biasa digunakan sebagai struktur stadion, gelanggang olah raga, dan juga hall atau tempat pertemuan.

27 Biasanya struktur arches memiliki bentang lebih dari 300 inches. Jenis arches trusses yang sering digunakan adalah jenis triple arches, dimana struktur ini terdiri dari tiga buah trusses yang digabungkan dengan pengait/purlin. Arches trusses memberikan bentuk lengkung pada bangunan. Biasanya profil baja yang digunakan untuk menopang arches trusses yang berfungsi sebagai atap adalah baja profil H atau profil W.

28 TEKNOLOGI BAHAN I Struktur arches trusses dan kolom penopangnya yang digunakan sebagai struktur SOS

29 Struktur Arches Trusses merupakan struktur gabungan dari beberapa trusses yang digabungkan dengan menggunakan pengikat / purlin pada bagian ujungnya. Tali dan bahan web dapat membantu menciptakan sudut ganda antara arches trusses dengan pelat sambungnya. Pengait cabang bagian samping : 1. Menggunakan pengikat diagonal pada bagian permukaan lengkungan yang berada diantara batang lengkungan. 2. Menggunakan pengikat/ purlin sebagai pengait cabang bagian samping tulang belakang ‘daun’.

30 Dalam sebuah site yang didominasi elemen-elemen arsitektural yang tinggi dan besar, stasiun ini tidak boleh saling bersaing dalam skala-skala vertikal. Memberi sebuah tampilan dalam skala-skala horizontal dan menekankan pada cahaya dan ruang untuk mencapai pengalaman yang berkesan bagi penumpang. Tantangan desain dalam stasiun ini adalah bagaimana caranya untuk membuat base yang solid dan kuat yang teridentifikasi dan terintegrasi dengan area publik lainnya yang dominan serta kanopi yang lembut dan ringan yang memberikan kesan kehadiran yang nyata pada stasiun di dalam site. Design Strategy … Solusi…

31 Tampilan bangunan dalam skala horisontal dan tampilan fasade yang unik telah membuat bangunan tampil menonjol dan memberikan identitas yang kuat bagi wilayah sekitarnya. Design Strategy …

32 ..design decisions.. Sistem bentang tunggal yang dipilih untuk menghasilkan ruang bebas kolom sydney olympic station tidak mendapat cahaya matahari yang cukup dari sisi samping karena merupakan bentukan yang tertutup membuka tengah truss lengkung dengan cara membuat dua buah lengkungan untuk memasukkan cahaya iklim tidak sesuai bagi penggunaan kaca yang tereksis matahari, sehingga garis kaca selebar 100 mm dirasakan cukup bagi cahaya masuk kedalam bukaan. Cahaya dalam stasiun muncul ketika cahaya matahari masuk pada perpotongan sudut tertentu. TEKNOLOGI BAHAN I

33 Secara arsitektural, Sydney Olympic Station tidak murni dibangun berdasarkan struktur tetapi juga perpaduan dengan ekspresi bentukan bangunan. Dalam desain stasiun ini terlihat adanya keinginan untuk menuangkan sebuah prinsip struktur yang menampilkan kerangka utama yang menindas kerangka sekunder dan bukan sebaliknya seperti pada bangunan-bangunan pada umumnya. Hal tersebut dilakukan dengan mengait atau mengikat kerangka busur atau kerangka atap yang lengkung dengan sebuah sistem penekan, dengan pengikatan silang antara pengikat /purlin-purlin yang tertutup oleh langit-langit bangunan.

34 Sydney Olympic Station berhasil tampil dengan sebuah ekspresi yang mengesankan dengan menggunakan struktur dan juga bentukan kaleng/ tong raksasa memanjang yang tersusun dari beberapa lembar daun yang cukup unik.

35 TEKNOLOGI BAHAN I Kebutuhan akan cahaya penerangan pada malam hari, membuat Sydney Olympic Station dirancang dengan menggunakan atap yang diberi celah pada bagian tengahnya dari bahan zincalume dengan beberapa pengait atau pasak yang tersembunyi pada langit-langitnya yang dapat memantulkan cahaya pada malam hari. Cahaya lampu yang masuk akan dipantulkan dengan sistem pembelokan cahaya. Pencahayaan Sydney Olympic Station pada malam hari berasal dari lampu yang dipantulkan dengan sistem pembelokan cahaya

36 Pada langit-langit Sydney Olympic Station juga terdapat sebuah penyelesaian akustik untuk menekan tingkat kebisingan di dalam stasiun. Penyelesaian tersebut dilakukan dengan pemberian lubang-lubang pada bagian langit-langit dan juga bahan penyerap bunyi pada lapisan bagian atasnya.

37 Arsiteknya ingin membuat bagian yang lebih dalam pada rangka lengkung, sehingga tampilan langit-langit menjadi lebih tinggi dengan divisi-divisi yang lebih dangkal. Arsiteknya berharap kanopi Sydney Olympic Station memiliki bentukan yang cukup unik, yang berbeda dengan bentukan kanopi bangunan pada umumnya. Hal tersebut tentu saja sangat sulit untuk diwujudkan mengingat keinginan untuk menyembunyikan pasak-pasak atau pengait struktur di balik langit-langit bangunan telah menimbulkan kerumitan tersendiri dalam pembangunan Sydney Olympic Station. Penyelesaian bahan-bahan bangunan dari bangunan ini juga menggunakan pertimbangan arsitektural. Semua material sengaja di- ekspose sesuai dengan kondisi aslinya dan dapat terlihat dari dalam stasiun.

38 Material bangunan sengaja di-ekspose dengan pertimbangan arsitektural, sehingga dapat terlihat dan terbaca dengan jelas dari dalam stasiun …Material...

39 Pembedaan antara bagian stuktural dan bagian non-struktural masih tetap ada. Hal ini dapat dilihat dari fasade bahan beton untuk dinding menggunakan semen putih sedangkan kolom struktural yang berada diantara dinding non-struktural menggunakan semen abu-abu. Dalam pelaksanaan konstruksi, struktur stasiun dibuat dengan menggunakan penyusun yang sesuai dengan standard dan juga material yang sesuai dengan kebutuhan struktur untuk mengurangi biaya dan juga untuk mendapatkan ekspresi arsitektural yang diinginkan. Pin yang berbentuk V digabungkan dengan pengerjaan yang cukup rumit dan sangat mudah terlihat dari dalam stasiun, hal ini memerlukan sebuah kombinasi dari segi struktural dan arsitektural agar mencapai sebuah kombinasi yang serasi

40 Rangka-rangka dirakit dengan menggunakan pengait / purlin dan satu pengait digunakan untuk dua komponen batang arches. Komponen tersebut kemudian dipasang di atas elemen yang diregangkan dengan kolom beton pre-cast dengan menggunakan tower crane. Sebuah rangka yang melengkung dibuat sepanjang 35 meter dengan cara menggabungkan dua tiang berbentuk tabunng kembar yang dilengkungkan pada bagian punggung bubungan ( tulang belakang ‘daun’ ) sehingga memberikan bentukan lengkung menunduk pada bagian bawah penutup atap. Bentuk tabung merupakan bentuk yang paling sesuai dan solusi terbaik untuk membuat bentukan lengkung ( arch ) yang sesuai dengan ilmu geometri, karena bentuk ini dapat melengkung dengan sempurna dan memiliki daya regang yang cukup kuat. Bahan 355CHS adalah bahan yang digunakan untuk membuat lengkungan-lengkungan tersebut.

41 Penggabungan dan perakitan dari bahan 355CHS yang digunakan sebagai bahan untuk arches memberikan tampilan visual yang sangat menarik pada bangunan. Bahan ini sengaja diekspose, agar struktur bangunan dapat terlihat dan terbaca dengan jelas. Untuk menggabungkan dan merakit bahan 355CHS sehingga menjadi kerangka atap yang kuat, digunakan pasak dari bahan yang sama. Pasak-pasak tersebut kemudian disembunyikan dibalik langit-langit bangunan agar tidak terlihat.

42 TEKNOLOGI BAHAN I Material yang di- ekspose, terutama arches trusses memberikan tampilan menarik pada bangunan. Material yang di- ekspose membuat struktur terlihat dan terbaca dengan jelas.

43 Sebuah penahan yang berukuran kurang lebih 900mm diletakkan disekitar kotak beton (kolom) yang berada diantara penutup dari bahan beton pre-cast dengan dinding yang memotongnya. Talang atap berada di sepanjang pipa baja tahan karat yang tepatnya berada di dalam kolom beton pre-cast. Air hujan kemudian dialirkan ke bawah tanah, tepatnya pada titik yang memiliki momen lekuk paling besar terhadap kolom. TEKNOLOGI BAHAN I

44 Ada banyak sekali masalah struktural yang perlu diatasi dan diselesaikan oleh ahli struktural dalam perancangan Sydney Olympic Station. Akses dan jalan keluar diarahkan ke bagian barat dari stasiun tersebut. Sebuah kombinasi dari tangga, ramp, dan juga lift digunakan sebagai alat sirkulasi vertikal. Ramp dalam berada pada bagian sebelah utara dan selatan dari komplek stasiun, sedangkan untuk lift dan tangga ditempatkan pada daerah-daerah yang memerlukan pendistribusian keramaian dengan cepat.

45 Tangga sebagai sarana sirkulasi vertikal yang dapat membantu pendistribusian keramaian di dalam stasiun dengan cepat.

46 Stasiun yang ada menampung tiga buah platform. Platform yang berada di pusat menangani semua kedatangan dan keberangkatan yang bersifat normal, dan platform ini diperuntukkan untuk kedatangan pada saat acara utama pada event Olimpiade Sydney. Platform pusat bisa juga digunakan pada saat keberangkatan, jika pada saat itu tidak ada jadwal kereta yang akan datang di stasiun. Hal ini dapat diberlakukan pada saat acara-acara utama dalam olimpiade sedang berlangsung. Sistem yang diadopsi oleh platform ini mempengaruhi kondisi platform dan juga penempatan platform pada bangunan stasiun. Pada dasarnya segala sesuatu yang direncanakan dan dibuat pada Sydney Olympic Station merupakan sarana yang mempermudah penyelenggaraan pesta olimpiade 2000 yang diadakan di Kota Sydney, terutama kemudahan dalam hal transportasi dari dan ke- tempat dilangsungkannya pertandingan-pertandingan olimpiade.


Download ppt "Sydney Olympic Station Homebush Bay. Lokasi : Homebush, New South Wales Stasiun Kereta Api Olimpiade Sydney, Homebush Klien : Pemerintah koordinasi olimpiade."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google