Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Keuangan Internasional Program S1 Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember “Pasar Keuangan Internasional”

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Keuangan Internasional Program S1 Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember “Pasar Keuangan Internasional”"— Transcript presentasi:

1 Keuangan Internasional Program S1 Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember “Pasar Keuangan Internasional”

2 Topik Bahasan Perkuliahan 1.Kontrak Perkuliahan dan Pendahuluan 2.Manajemen Keuangan Internasional dan Perusahaan Multinasional 3.Pasar Keuangan Internasional 4.Penentuan Nilai Tukar 5.Pengaruh Pemerintah atas Nilai Tukar 6.Currency Futures dan Currency Options 7.Arbitrasi Internasional dan Paritas Suku Bunga 8.Ujian Tengah Semester (UTS)

3 Topik Bahasan Perkuliahan (2) 9.Transaction Exposure 10.Operating Exposure 11.Accounting Exposure 12.Interest Rate Exposure and SWAP 13.Cost of Capital dan Struktur Keuangan Global 14.Equity Global 15.Hutang Global 16.Ujian Akhir Semester (UAS)

4 Pasar Valuta Asing Pasar Valuta Asing (Foreign Exchange Market) merupakan pasar yang memfasilitasi pertukaran valuta untuk mempermudah transaksi-transaksi perdagangan dan keuangan internasional. Banyak pedagang menerima Dollar AS karena bisa menggunakannya untuk membeli barang dari negara- negara lain. Tipe transaksi valas yang paling umum adalah jual beli valas memakai kurs spot (nilai tukar berjalan suatu valuta) Pasar yang memfasilitasi transaksi-transaksi nilai berjalan suatu valuta dinamakan dengan pasar spot.

5 Pengertian Pasar Valuta Asing “Pasar di mana transaksi valuta asing dilakukan baik antarnegara maupun dalam suatu negara”. Setiap kali melakukan transaksi valuta asing, digunakan kurs (nilai tukar). Dalam perdagangan pasar valas internasional hanya mata uang yang tergolong “convertible currencies” yang diperdagangkan. Yang menentukan golongan convertible currencies adalah salah satunya volume perdagangan suatu negara baik secara kualitas maupun kuantitas.

6 Yang termasuk golongan mata uang yang kuat convertible currencies: US Dollar, France Perancis, Yen Jepang, France Swiss, Dollar Australia, Dollar Singapura, dll. Jenis mata uang yang tergolong lemah (soft currencies): Rupe India, Peso Filipina, Rupiah  berasal dari negara-negara berkembang. Dalam transaksi valas bank menggunakan kurs jual dan kurs beli.

7 Kurs jual pada saat bank menjual dan nasabah membeli Kurs beli pada saat bank membeli dan nasabah menjual. Selisih antara kurs jual dan kurs beli yang disebut spread merupakan keuntungan bank  kurs jual > kurs beli.

8 Tujuan Melakukan Transaksi Valas 1.Untuk transaksi pembayaran 2.Mempertahankan daya beli 3.Pengiriman uang ke luar negeri 4.Mencari keuntungan 5.Minimalisasi risiko 6.Kemudahan berbelanja

9 Jenis-jenis Transaksi Valas 1.Transaksi tunai (spot transaction) 2.Transaksi tunggak (forward transaction) 3.Transaksi barter (swap transaction).

10 Ada tiga cara penyerahan dalam transaksi spot sbb: a.Value today => Dimana penyerahan dilakukan pada tanggal (hari) yang sama dengan tanggal (hari) yang dilakukannya transaksi. Penyerahan ini bisanya disebut cash settlement. b.Value tomorrow => penyerahan dilakukan pada hari kerja berikutnya atau disebut one day settlement, contoh transaksi terjadi hari senin tanggal 1 Mei, maka penyerahannya dilakukan pada hari selasa tanggal 2 Mei. c.Value Spot => penyerahan dilakukan 2 hari kerja setelah transaksi. Transaksi tunai (spot transaction)

11 Transaksi tunggak (forward transaction) => Dalam transaksi forward contract penyerahan dilakukan beberapa hari mendatang, baik secara mingguan atau bulanan. Transaksi forward sering dilakukan untuk pemagaran risiko atau (hedging) terhadap fluktuasi tingkat pertukaran (exchange rates) Transaksi tunggak (forward transaction)

12 merupakan kombinasi antara pembeli dan penjual untuk dua mata uang secara tunai yang diikuti dengan membeli dan menjual kembali mata uang yang sama secara tunai dan tunggak secara simultan dengan batas waktu yang berbeda. Tujuan dari traksaksi barter untuk menjaga kemungkinan dari kerugian yang disebabkan perubahan kurs. Transaksi barter banyak dilakukan oleh bank apabila pada suatu saat bank mengalami kelebihan jenis mata uangnya. Transaksi barter (swap transaction)

13 Tipe transaksi valas yang paling umum adalah jual beli valas memakai kurs spot (spot rate) Kurs spot adalah nilai tukar berjalan suatu valuta Pasar tempat transaksi ini dinamakan pasar spot (spot market) Perdagangan valas per hari di seluruh dunia lebih dari $ 1 triliun Kurs Spot

14 Jika sebuah bank mengalami kekuarangan valas tertentu, bank tsb dapat membeli valas dari bank lain, disebut Pasar antar bank. Bid –ask spread Kuotasi bid (beli) suatu valas dari sebuah bbank selalu lebih rendah dari kuotasi ask (jual). Bid – Ask Spread

15 Selisih (spread) antara bid dengan Ask tersebut dimaksudkan untuk menutupi biaya permintaan jual-beli valas. Contoh : Tuan “x” memiliki $ 1000 US berencana pergi ke Inggris. Kurs bid (beli) pound adalah $ 1.52 US Kurs ask (jual ) pound adalah $ 1,60 Tuan X pergi ke bank untuk menukar dolarnya dengan poundsterling diperoleh 625 poun

16 Jumlah dollar / harga bank per pound $1000 / $ 1.60 = 625 pound. Bila ternyata tuan X batal ke inggris Dan menukarkan kembali pousdsterlingnya ke $, Jika kurs belum berubah maka diperoleh 625 pound X $1,52 (kurs beli bank) = $ 950. Adanya bid ask spread tuan X hilang $ 50 Bid/ask spread = (kurs jual – kurs beli)/kurs jual.

17 valutabidaskBid-ask spread % Pound inggris$ 1,52$ 1,60(1,60- 1,52)/1,6 5 % Yen jepang$ 0,0070$ 0,0074(0, )/0, ,4 % contoh

18 Nilai valas berfluktuasi sepanjang waktu bisa menguntungkan atau merugikan. Untuk mengurangi risiko salah satu caranya bank melakukan hedging posisi mereka dalam valas. Risiko nilai tukar

19 Nilai tukar suatu valuta dengan valuta lain pada suatu waktu yang akan datang yang dikuotaasikan oleh bank-bank. Kontrak Forward : yaitu kontrak yang memungkinkan seorang membeli atau menjual valuta di masa depan. Kontrak forward diinplementasikan menggunakan kurs forward. Dalam kenyataanya sekarang semua mnc menggunakan kontrak forward Kurs Forward

20 Perusahaan AS membutuhkan 1 juta DM untuk 90 hari yad. Untuk mengimport barang dari jerman. Kurs spot $ 0,50 per DM. Berdasarkan kurs ini perusahaan perlu dana X 0,50 = $ Namun perusahaan mungkin tidak punya dana saat ini untuk membeli DM. Perusahaan harus menunggu 90 hari kemudian untuk mdembeli DM dengan kurs spot saat itu contoh

21 Kalau kurs spot saat itu (90 hari yad) $0,60 artinya naik maka perusahaan perlu dana $ ,- perusahaan akan rugi $ Maka lebih baik beli sekarang walaupun dana nya pinjam. Perusahaan sebaiknya mengunci kurs 90 hari yad tanpa harus menukar $ ke DM dengan kontrak forward. Kontrak Forward adalah persetujuan antara sebuah perusahaan dengan bank untuk saling menukar valuta pada kurs tertentu(kurs Forward) pada suatu waktu tertentu di masa depan.

22 Kurs forward juga mempunyai bid-ask spread. Premium jika kurs forward> kurs spot Diskon jika kurs forward < kurs spot. Premium/diskon umumnya dihitung tahunan Premium /diskon

23 Tipe kursNilai per poundWaktu jt tempopremium/diskon Kurs spot$ 1, Kurs forward 30 hari $ 1, hari( )/18632 x(360/30)= - 0,71 % Kurs forward 90 hari 1, hari( ) / X (360/90) = - 0,99 % contoh

24 Pasar currency futures dan pasar currency options Kontrak currency futures menetapkan volume standar dari suatu valuta tertentu yang akan dipertukarkan pada tanggal penyelesaian (settlement date) tertentu di masa depan. Kontrak currency option diklasifikasikan sebagai call atau put. Currency Call option merupakan pabrik yang memberikan hak untuk membeli suatu valuta tertentu selama periode waktu tertentu dengan harga tertentu (stike price atau exercise price). Exercise price adalah kurs yang dipakai pada saat pemilik currency call option menggunakan hak opsinya.

25 Pasar Eurocurrency Pasar Eurodolar atau yang sekarang disebut dengan pasar Eurocurrency merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli Dolar AS yang didepositokan pada bank-bank Eropa. Petrodollar merupakan deposito-deposito dolar yang ditempatkan oleh negara- negara yang menerima dolar hasil penjualan minyak ke negara-negara lain.

26 Pasar Eurocredit pasar Eurocredit merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli kredit berjangka waktu jatuh tempo 1 tahun atau lebih yang diberikan oleh Eurobank. London Interbank Offer Rate (LIBOR) merupakan suku bunga yang umumnya dikenakan bagi pinjaman-pinjaman antar Eurobank. Syndicated Eurocredit Loan meruapakan kredit yang disediakan oleh kelompok bank dalam pasar Eurocredit.

27 Pasar Eurobond Pasar Eurobond merupakan tempat bertemunya penjual dan pembeli obligasi- obligasi yang dijual di luar negara dari valuta yang mendenominasi obligasi yang dimaksud.

28 Pemanfaatan Pasar Keuangan Internasional 1.Perdagangan luar negeri dengan mitra-mitra perusahaan. 2.Investasi asing langsung, atau akuisisi aset di luar negeri. 3.Investasi jangka pendek dalam sekuritas- sekuritas luar negeri. 4.Pembiayaan jangka pendek dalam pasar Eurocurrency. 5.Pembiayaan jangka panjang dalam pasar Eurocredit, Eurobond, atau pasar-pasar saham internasional.

29 SEKIAN


Download ppt "Keuangan Internasional Program S1 Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Jember “Pasar Keuangan Internasional”"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google