Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TRANSLASI VALUTA ASING MATERI AKUNTANSI INTERNASIONAL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TRANSLASI VALUTA ASING MATERI AKUNTANSI INTERNASIONAL."— Transcript presentasi:

1

2 TRANSLASI VALUTA ASING MATERI AKUNTANSI INTERNASIONAL

3 TRANSLASI VALUTA ASING TRANSAKSI VALUTA ASING TERJADI  PERUSAHAAN MEMBELI DAN MENJUAL BARANG YANG PEMBAYARANNYA DILAKUKAN DLM VALAS ATAU KETIKA PERUSAHAAN MEMINJAM VALAS.

4 TRANSLASI VALUTA ASING DIPERLUKAN: 1. UNTUK MENCATAT TRANSAKSI- TRANSAKSI VALAS. 2. UNTUK MELAPORKAN AKTIVITAS- AKTIVITAS CABANG & PERUSAHAAN ANAK INTERNASIONAL. 3. UNTUK MELAPORKAN HASIL-HASIL OPERASI INDEPENDEN DI LUAR NEGRI.

5 TRANSLASI VS KONVERSI KONVERSI  PERTUKARAN PHISIK ANTARA SATU VALUTA DENGAN VALUTA YANG LAIN. TRANSLASI  PERUBAHAN EKSPRESI MONETER.

6 ISTILAH-ISTILAH DALAM PROSES TRANSLASI (1): FUNCTIONAL CURRENCY  NILAI MATA UANG DARI LINGKUNGAN DIMANA PERUSAHAAN BEROPERASI. REPORTING CURRENCY  NILAI MATA UANG YANG DIGUNAKAN PERUSAHAAN INDUK DALAM MENYIAPKAN LAPORAN KEUANGANNYA. FOREIGN CURRENCY  NILAI MATA UANG SELAIN REPORTING CURRENCY.

7 ISTILAH-ISTILAH DALAM PROSES TRANSLASI (2): LOCAL CURRENCY  NILAI MATA UANG NEGARA DI MANA PERUSAHAAN ASING BEROPERASI. LOCAL CURRENCY MERUPAKAN FOREIGN CURRENCY UNTUK PERUSAHAAN INDUK.

8 TRANSAKSI VALAS TER J ADI DIPASAR: 1. SPOT 2. FORWARD 3. SWAP

9 SPOT TRANSAKSI JUAL BELI VALAS DALAM WAKTU SEGERA, DALAM 2 HARI BISNIS.

10 Contoh Translasi (Spot Market) Perusahaan Amerika Serikat yang memiliki cabang di Bombay, India menunjukkan perkiraan kas pada tanggal 31 Januari sebesar Rpe1,000,000. Direct (spot) exchange rate pada tanggal tersebut adalah $ Tentukan besarnya ekuivalen dollar Amerika dari perkiraan kas tersebut.

11 Contoh Translasi (Spot Market) Besarnya ekuivalen dollar Amerika dari perkiraan kas adalah: Rpe1,000,000 x $ = $22,737

12 NILAI TUKAR PASAR SPOT DIPENGARUHI OLEH: 1. PERBEDAAN TINGKAT INFLASI ANTAR DUA NEGARA YANG BERSANGKUTAN. 2. PERBEDAAN SUKU BUNGA NASIONAL. 3. KEKUATAN PERMINTAAN DAN PENAWARAN YANG KOMPLEKS YANG DIPENGARUHI OLEH HARAPAN TERHADAP PERGERAKAN KURS DI MASA DEPAN.

13 FORWARD TRANSAKSI-TRANSAKSI DI PASAR FORWARD ADALAH PERSETUJUAN UNTUK MENUKAR VALUTA TERTENTU DENGAN VALUTA LAIN PADA SUATU WAKTU DI MASA DEPAN, BIASANYA SATU SAMPAI DUA BELAS BULAN KEDEPAN.

14 Contoh Transaksi (Forward Market) Jika tingkat pertukaran pada spot market untuk francs Swiss sebesar $0.5368, sedangkan francs pada forward market 6 bulan sebesar $ Francs pada forward market 6 bulan dijual dengan tingkat premium 2.4% pada dollar Amerika. Tentukan berapa besarnya premium/diskon pada forward market.

15 Contoh Transaksi (Forward Market) Forward premium (discount) = (forward rate – spot rate)/spot rate x 12/n, dimana n adalah jumlah bulan dalam kontrak forward. Sehingga, besarnya Forward premium (discount) dalam dollar Amerika = ($ $0.5368)/$ x 12/6 =

16 SWAP TRANSAKSI SWAP MELIBATKAN: 1. PEMBELIAN SPOT DAN PENJUALAN FORWARD. 2. PENJUALAN SPOT DAN PEMBELIAN FORWARD.

17 TIGA JENIS KURS YANG DAPAT DIGUNAKAN UNTUK MENTRANSLASIKAN SALDO VALUTA ASING KE DALAM VALUTA DOMESTIK: 1. KURS BERLAKU YAITU KURS YANG BERLAKU PADA TANGGAL LAPORAN KEUANGAN. 2. KURS HISTORIS YAITU KURS YANG BERLAKU PADA SAAT ASET – VALUTA ASING PERTAMA KALI DIPEROLEH ATAU KETIKA KEWAJIBAN VALAS TERJADI. 3. KURS RATA-RATA YANG TERDIRI DARI RATA-RATA SEDERHANA ATAU RATA-RATA TERTIMBANG DARI KURS BERLAKU MAUPUN KURS HISTORIS.

18 KEUNTUNGAN ATAU KERUGIAN PERTUKARAN VALAS: 1. KERUGIAN ATAU KEUNTUNGAN TRANSAKSI. 2. KERUGIAN ATAU KEUNTUNGAN TRANSLASI.

19 METODE TRANSLASI DIKLASIFIKASIKAN KEDALAM METODE: 1. SINGLE RATE METHOD  METODE INI MENGAPLIKASIKAN KURS TUNGGAL YAITU KURS BERLAKU ATAU KURS PENUTUPAN UNTUK SEMUA AKTIVA DAN KEWAJIBAN VALUTA ASING. 2. MULTIPLE RATE METHOD  MENGKOMBINASIKAN NILAI TUKAR BERJALAN DAN HISTORIS DALAM PROSES TRANSLASI.

20 MULTIPLE RATE METHOD DIBAGI MENJADI TIGA METODE: 1. METODE CURRENT – HISTORIS. 2. METODE MONETER – NONMONETER 3. METODE TEMPORAL

21 METODE CURRENT – HISTORIS (1) 1. AKTIVA LANCAR DAN KEWAJIBAN LANCAR SEBUAH PERUSAHAAN ANAK DI LUAR NEGRI DITRANSLASIKAN KEDALAM VALUTA PELAPORAN PERUSAHAAN INDUKNYA DENGAN MENGGUNAKAN KURS BERLAKU/CURRENT. 2. AKTIVA DAN KEWAJIBAN NON LANCAR DITRANSLASIKAN DENGAN KURS HISTORIS.

22 METODE CURRENT – HISTORIS (2) 3. ITEM-ITEM LAPORAN RUGI LABA, KECUALI BEBAN DEPRESIASI DAN AMORTISASI, DITRANSLASIKAN DENGAN KURS RATA- RATA MASING-MASING BULAN OPERASI ATAU BASIS RATA-RATA TERTIMBANG DARI SELURUH PERIODE YANG AKAN DILAPORKAN. 4. BEBAN DEPRESIASI DAN AMORTISASI DITRANSLASIKAN DENGAN MEMAKAI KURS HISTORIS YANG BERLAKU PADA SAAT ASET YANG BERSANGKUTAN DIPEROLEH.

23 METODE MONETER – NONMONETER (1) 1. ASET DAN KEWAJIBAN MONETER – MEWAKILI HAK UNTUK MENERIMA ATAU KEHARUSAN UNTUK MEMBAYAR SEJUMLAH VALAS TERTENTU DI MASA DEPAN, MISALNYA KAS, PIUTANG DAN HUTANG, TERMASUK HUTANG JANGKA PANJANG, DITRANSLASIKAN MEMAKAI CURRENT KURS.

24 METODE MONETER – NONMONETER (2) 2. ITEM-ITEM NON MONETER SEPERTI AKTIVA TETAP, INVESTASI JANGKA PANJANG DAN PERSEDIAAN, DITRANSLASIKAN MEMAKAI KURS HISTORIS.

25 METODE MONETER – NONMONETER (3) 3. ITEM-ITEM LAPORAN RUGI LABA DITRANSLASIKAN DENGAN MENGGUNAKAN PROSEDUR YANG SAMA DENGAN PROSEDUR BAGI METODE CURRENT – HISTORIS.

26 METODE TEMPORAL (1) 1. ITEM-ITEM MONETER SEPERTI KAS, PIUTANG DAN HUTANG DITRANSLASIKAN DENGAN CURRENT KURS. 2. ITEM-ITEM NON MONETER DITRANSLASIKAN DENGAN KURS YANG SESUAI DENGAN BASIS PENGUKURAN ASLINYA.

27 METODE TEMPORAL (2) 3. ITEM-ITEM PENDAPATAN DAN BEBAN DITRANSLASIKAN MEMAKAI CURRENT KURS ATAU KURS YANG BERLAKU PADA SAAT TRANSAKSI YANG MENDASARINYA TERJADI, WALAUPUN PEMAKAIAN KURS RATA- RATA DISARANKAN JIKA TRANSAKSI- TRANSAKSI PENDAPATAN DAN BEBAN TERLALU BANYAK.

28 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VALUTA PERUSAHAAN INDUK SEBAGAI VALUTA FUNGSIONAL (1): 1. ARUS KAS  MEMPENGARUHI ARUS KAS PERUSAHAAN INDUK SECARA LANGSUNG & DPT DITARIK KEMBALI KE PERUSAHAAN INDUK SAAT ITU JUGA. 2. HARGA PENJUALAN  RESPONSIF TERHADAP PERUBAHAN KURS & DITENTUKAN OLEH KOMPETISI GLOBAL. 3. PASAR PENJUALAN  SEBAGIAN BESAR DALAM NEGARA INDUK & DLM VALUTA PERUSAHAAN INDUK. 4. BEBAN  SANGAT TERKAIT PADA FAKTOR- FAKTOR PRODUKTIF YANG DIIMPOR DARI PERUSAHAAN INDUK.

29 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VALUTA PERUSAHAAN INDUK SEBAGAI VALUTA FUNGSIONAL (2): 5. PEMBIAYAAN  TERUTAMA DARI PERUSAHAAN INDUK ATAU BERGANTUNG KEPADA INDUK DLM MEMENUHI KEWAJIBAN HUTANG. 6. TRANSAKSI INTRA-PERUSAHAAN  SERING & EKSTENSIF.

30 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VALUTA LOKAL SEBAGAI VALUTA FUNGSIONAL (1): 1. ARUS KAS  TERUTAMA DLM VALUTA LOKAL & TIDAK MEMPENGARUHI ARUS KAS PERUSAHAAN INDUK. 2. HARGA PENJUALAN  SANGAT TIDAK RESPONSIF TERHADAP PERUBAHAN KURS DAN DITENTUKAN SECARA SUBSTANSIAL OLEH KOMPETISI LOKAL. 3. PASAR PENJUALAN  SEBAGIAN BESAR DALAM NEGARA TAMU & DLM VALUTA LOKAL. 4. BEBAN  SEBAGIAN BESAR BERASAL DARI LINGKUNGAN LOKAL.

31 FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI VALUTA LOKAL SEBAGAI VALUTA FUNGSIONAL (2): 5. PEMBIAYAAN  SEBAGIAN BESAR DALAM VALUTA LOKAL DAN DISEDIAKAN OLEH OPERASI-OPERASI LOKAL. 6. TRANSAKSI INTRA-PERUSAHAAN  JARANG & TIDAK EKSTENSIF.

32 TRANSLASI VALUTA ASING – KANADA ATURAN DAN PENGUKURAN PENGARUH TRANSAKSI DENGAN MATA UANG LUAR NEGRI MEMILIKI PERSAMAAN DENGAN AS. PERBEDAANNYA YAITU DALAM PERLAKUAN RUGI ATAU LABA PERTUKARAN ITEM MONETER JANGKA PANJANG YANG BELUM DIREALISASI, SALDO PAJAK DITANGGUHKAN DARI OPERASI LUAR NEGRI, DAN HEDGE AKTIVA, UTANG ATAU PENDAPATAN YANG DIANTISIPASI.

33 TRANSLASI VALUTA ASING – JERMAN PERUSAHAAN BEBAS MEMILIH METODE AKUNTANSI YANG DIGUNAKAN UNTUK MENGUKUR PENGARUH TRANSAKSI MATA UANG ASING, DENGAN SYARAT HARUS DISERTAI DENGAN PENGUNGKAPAN.

34 TRANSLASI VALUTA ASING – JEPANG PENGARUH TRANSAKSI DENGAN MENGGUNAKAN MATA UANG ASING DIATUR OLEH ACCOUNTING STANDARDS FOR FOREIGN CURRENCY TRANSLATION.

35 TRANSLASI VALUTA ASING – INGGRIS ATURAN UNTUK PENGUKURAN PENGARUH TRANSAKSI DENGAN MENGGUNAKAN MATA UANG ASING, LEBIH FLEKSIBEL (MISALNYA DALAM AKUNTANSI HEDGE) DARIPADA AS.

36 TRANSLASI VALUTA ASING – AMERIKA SERIKAT 1. AKUNTANSI TRANSLASI MATA UANG ASING MENJADI KONTROVERSIAL DI AS. SFAS NO. 52 MENGIDENTIFIKASIKAN KRITERIA TERTENTU UNTUK MENENTUKAN FUNCTIONAL CURRENCY DARI SUATU ENTITAS. 2. ADA 6 FAKTOR EKONOMI YANG DIPERTIMBANGKAN UNTUK MENENTUKAN LINGKUNGAN BISNIS UTAMA SEBUAH ENTITAS DAN FUNCTIONAL CURRENCY YAITU ARUS KAS, HARGA JUAL, HARGA PASAR, BEBAN, PENDANAAN, DAN TRANSAKSI ANTAR PERUSAHAAN. 3. KETIADAAN PEDOMAN SPESIFIK MEMBUAT MANAJEMEN MENENTUKAN KEBIJAKAN TERTENTU DALAM PENENTUAN FUNCTIONAL CURRENCY. PENGGUNAAN FUNCTIONAL CURRENCY HARUS SECARA KONSISTEN.


Download ppt "TRANSLASI VALUTA ASING MATERI AKUNTANSI INTERNASIONAL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google