Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pendahuluan. Keuntungan Terbuka peluang untuk mencapai tujuan yang dikehendaki sendiri Terbuka peluang untuk mencapai tujuan yang dikehendaki sendiri.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pendahuluan. Keuntungan Terbuka peluang untuk mencapai tujuan yang dikehendaki sendiri Terbuka peluang untuk mencapai tujuan yang dikehendaki sendiri."— Transcript presentasi:

1 Pendahuluan

2

3 Keuntungan Terbuka peluang untuk mencapai tujuan yang dikehendaki sendiri Terbuka peluang untuk mencapai tujuan yang dikehendaki sendiri Terbuka peluang untuk mendemonstrasikan kemampuan serta potensi seseorang scr penuh Terbuka peluang untuk mendemonstrasikan kemampuan serta potensi seseorang scr penuh Terbuka peluang untuk memperoleh manfaat & keuntungan scr maksimal Terbuka peluang untuk memperoleh manfaat & keuntungan scr maksimal Terbuka peluang untuk membantu masyarakat dengan usaha-2 konkrit Terbuka peluang untuk membantu masyarakat dengan usaha-2 konkrit Terbuka peluang untuk menjadi bos. Terbuka peluang untuk menjadi bos.

4 Kelemahan Memperoleh pendapatan yang tidak pasti dan memikul berbagai resiko Memperoleh pendapatan yang tidak pasti dan memikul berbagai resiko Bekerja keras dan waktu/jam kerjanya panjang Bekerja keras dan waktu/jam kerjanya panjang Kualitas kehidupannya masih rendah sampai usahanya berhasil Kualitas kehidupannya masih rendah sampai usahanya berhasil Tanggung jawab besar. Tanggung jawab besar.

5 Model Proses Kewirausahaan Innovation Triggering Event Implementation Growth Bygrave

6 3 Driving Forces Opportunity Entrepreneur Resources Fits & Gaps Uncertainty

7 Wirausaha Entrepreneur as the person who destroys the existing economic order by introducing new products and service, by creating new forms of organization, or by exploiting new raw materials (Bygrave, 1994: 1) Entrepreneur as the person who destroys the existing economic order by introducing new products and service, by creating new forms of organization, or by exploiting new raw materials (Bygrave, 1994: 1)

8 Perbedaan pengertian “wirausaha & wiraswasta” Wirausaha: lebih menekankan pada jiwa, semangat, kemudian diaplikasikan dalam segala aspek kehidupan Wirausaha: lebih menekankan pada jiwa, semangat, kemudian diaplikasikan dalam segala aspek kehidupan Wiraswasta: lebih fokus pada obyek, ada usaha yang mandiri. Wiraswasta: lebih fokus pada obyek, ada usaha yang mandiri.

9 3 tipe wirausaha 1. Wirausaha yang memiliki inisiatif 2. Wirausaha yang mengorganisir mekanis sosial & ekonomi untuk menghasilkan sesuatu 3. Yang menerima resiko atau kegagalan.

10 Profil Wirausaha CO- PRENEURS WOMEN Entrepeneur MINORITY Entrepeneur IMMIGRANT Entrepeneur PART TIME Entrepeneur HOME BASED Entrepeneur FAMILY OWNED Entrepeneur Berbagi macam Profil Wirausaha

11 Sifat-sifat, kepribadian, temperamen & watak wirausaha

12 Sifat-sifat yang perlu dimiliki wirausaha Percaya diri Percaya diri Berorientasi tugas & hasil Berorientasi tugas & hasil Pengambilan resiko Pengambilan resiko Kepemimpinan Kepemimpinan Keorisinilan Keorisinilan Berorientasi ke masa depan. Berorientasi ke masa depan.

13 Kreativitas Sifat keorisinilan seorang wirausaha menuntut adanya kreativitas dalam pelaksanaan tugasnya Sifat keorisinilan seorang wirausaha menuntut adanya kreativitas dalam pelaksanaan tugasnya What is Kreativitas? What is Kreativitas? kemampuan untuk menciptakan suatu produk baru* * Conny Semiawan

14 Hubungan kreativitas & intelegensi Kreativitas rendah, intelegensi rendah Kreativitas rendah, intelegensi rendah Kreativitas tinggi, intelegensi tinggi Kreativitas tinggi, intelegensi tinggi Kreativitas rendah, intelegensi tinggi Kreativitas rendah, intelegensi tinggi Kreativitas tinggi, intelegensi rendah. Kreativitas tinggi, intelegensi rendah.

15 Konsep 10 D dari Bygrave 1. Dream 2. Decisiveness 3. Doers 4. Determination 5. Dedication 6. Devotion 7. Details 8. Destiny 9. Dollars 10. Distribute.

16 Beberapa kelemahan wirausaha Indonesia Sifat mentalitet yang meremehkan mutu Sifat mentalitet yang meremehkan mutu Sifat mentalitet yang suka menerabas Sifat mentalitet yang suka menerabas Sifat tak percaya kepada diri sendiri Sifat tak percaya kepada diri sendiri Sifat tak berdisiplin murni Sifat tak berdisiplin murni Sifat mentalitet yang suka mengabaikan tanggung-jawab yang kokoh. Sifat mentalitet yang suka mengabaikan tanggung-jawab yang kokoh.

17 Pemanfaatan waktu Manfaatkan waktu anda sebaik- baiknya untuk hal-hal yang bermanfaat!

18 Kepribadian, Temperamen & Watak

19 What is Kepribadian? By personality I Understand the totality of inherited aquired psycihic qualities which are characteristic of one individual and which make the individual unique* Erich Fromm(1975)

20 Kepribadian yang produktif Seorang wirausaha adalah seorang yang memiliki kepribadian yang produktif

21 Temperamen Cara bereaksi atau bertingkah laku yang bersifat tetap

22 Hippocrates membedakan 4 macam temperamen: Choleric Choleric Sanguine Sanguine Melancholic Melancholic Phlegmatic Phlegmatic

23 Watak Dibentuk oleh pengalaman- pengalaman semasa kanak- kanak dan dapat berubah pada batas-2 tertentu. Dibentuk oleh pengalaman- pengalaman semasa kanak- kanak dan dapat berubah pada batas-2 tertentu.


Download ppt "Pendahuluan. Keuntungan Terbuka peluang untuk mencapai tujuan yang dikehendaki sendiri Terbuka peluang untuk mencapai tujuan yang dikehendaki sendiri."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google