Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDIDIKAN AGAMA HINDU SOSIOLOGI HINDU DHARMA UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL JAKARTA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDIDIKAN AGAMA HINDU SOSIOLOGI HINDU DHARMA UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL JAKARTA."— Transcript presentasi:

1 PENDIDIKAN AGAMA HINDU SOSIOLOGI HINDU DHARMA UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL JAKARTA

2 PENGERTIAN SOSIOLOGI AGAMA HINDU Sosiologi Agama Hindu adalah suatu disiplin ilmu yang merupakan bagian dari sosiologi agama, yang mempelajari masyarakat pemeluk agama Hindu secara emperis yang bersifat positif, menuju pengetahuan yang bersifat universal mengenai structural, fungsi-fungsi serta perubahan - perubahan yang di alami masyarakat penganut agama Hindu.

3 Keluarga dan Masyarakat dalam Agama Hindu Kata keluarga berasal dari bahasa sansekerta yaitu kula dan warga artinya abdi pelayan dan warga berarti jalinan atau ikatan. jadi kata keluarga berarti jalinan atau ikatan pengabdian dan pelayanan. Ikatan pengabdian dan pelayanan antar bapak dengan ibu (suami istri), ayah ibu kepada anak-anak, anak-anak kepada ayah ibu bahkan pada leluhur. Kata keluarga berasal dari bahasa sansekerta yaitu kula dan warga artinya abdi pelayan dan warga berarti jalinan atau ikatan. jadi kata keluarga berarti jalinan atau ikatan pengabdian dan pelayanan. Ikatan pengabdian dan pelayanan antar bapak dengan ibu (suami istri), ayah ibu kepada anak-anak, anak-anak kepada ayah ibu bahkan pada leluhur.

4  Tujuan agama melandasi tujuan hidup setiap umat Hindu, yang merupakan dasar dan pedoman hidup dalam mencapai tujuan itu, umat Hindu mempunyai pedoman dan pegangan yaitu kitab suci Weda yang tidak boleh diingkari. diyakini kebenarannya. Berkaitan dengan itu, ajaran Tri Hita Karana menjelaskan bahwa ada tiga penyebab kesejahtraan yang bersumber pada keharmonisan hubungan antara : Manusia dengan Tuhan. manusia dengan alam sekitar (lingkungan),

5 Manawa Dharma Sastra IX : Ada delapan jenis perkawinan yaitu : Brahma Wiwaha Brahma Wiwaha Daiwa Wiwaha Daiwa Wiwaha Rsi (Arsa) Wiwaha Rsi (Arsa) Wiwaha Prajapati Wiwaha Prajapati Wiwaha Asura Wiwaha Asura Wiwaha Gandhanva Wiwaha Gandhanva Wiwaha Raksasa Wiwaha Raksasa Wiwaha Paisaca Wiwaha Paisaca Wiwaha

6 Ada 4 Jenis yang masih relevan : Prajapati Wiwaha Asura Wiwaha Gandharwa Wiwaha Rsi (Arsa) Wiwaha

7 CATUR WARNA Didalam bahasa sansekerta kata warna berasal dari urat kata Vr yang berarti pilihan. catur warna berarti empat pilihan propesi atau fungsi sesuai dengan tugas yang dapat dilaksanakan oleh setiap orang dalam kehidupannya dimasyarakat. Didalam bahasa sansekerta kata warna berasal dari urat kata Vr yang berarti pilihan. catur warna berarti empat pilihan propesi atau fungsi sesuai dengan tugas yang dapat dilaksanakan oleh setiap orang dalam kehidupannya dimasyarakat.

8 BRAHMANA Brahmana warna adalah mereka yang didalam kehidupan ini lebih mengutamakan dan mengembangkan Guna Satwan, artinya mereka senantiasa melaksanakan pengendalian diri. Brahmana Warna adalah para bijaksana. rohaniawan. sanyasin atau orang yang senantiasa menuntun dan mengembangkan sifat ketuhanan dalam kehidupan. Brahmana warna adalah mereka yang didalam kehidupan ini lebih mengutamakan dan mengembangkan Guna Satwan, artinya mereka senantiasa melaksanakan pengendalian diri. Brahmana Warna adalah para bijaksana. rohaniawan. sanyasin atau orang yang senantiasa menuntun dan mengembangkan sifat ketuhanan dalam kehidupan.

9 KSATRYA Kesatria Warna adalah mereka yang didalam kehidupan ini akan senantiasa cendrung bersifat heroik. pemberani penuh aktivitas atau enerjik. Guna dari sifat kesatrxa dimiliki dilaksanakan oleh pemerintah sipil maupun militer. atau orang-orang yang bertugas bertempur membela negara. Kesatria Warna adalah mereka yang didalam kehidupan ini akan senantiasa cendrung bersifat heroik. pemberani penuh aktivitas atau enerjik. Guna dari sifat kesatrxa dimiliki dilaksanakan oleh pemerintah sipil maupun militer. atau orang-orang yang bertugas bertempur membela negara.

10 WASYA Yakni orang yang dalam guna karmanya mengatur tata perekonomian masyarakat untuk mewujudkan kemakmuran negara. Mereka adalah ira pengusaha atau wiraswasta yang melakukan perdagangan dan pertanian.

11 SUDRA Sudra Warna adalah yang mempunyai fungsi dan tugas dalam kehidupan dimasyarakat kita lihat sebagian orang mengambil kegiatan bagai pekerja pelayan seperti buruh dipabrik-pabrik. Pembantu rumah tangga. pelayan toko dan sebagainya itulah guna karma seorang Sudra. Sudra Warna adalah yang mempunyai fungsi dan tugas dalam kehidupan dimasyarakat kita lihat sebagian orang mengambil kegiatan bagai pekerja pelayan seperti buruh dipabrik-pabrik. Pembantu rumah tangga. pelayan toko dan sebagainya itulah guna karma seorang Sudra.

12 Kuis : 1. Jelaskan apakah yang anda ketahui tentang manusia ! 1. Jelaskan apakah yang anda ketahui tentang manusia ! 2. Apakah yang di maksud dengan sosiologi agama Hindu jelaskan ! 2. Apakah yang di maksud dengan sosiologi agama Hindu jelaskan ! 3. Coba anda jelaskan bagaimana keluarga dan masyarakat dalam agama Hindu ! 3. Coba anda jelaskan bagaimana keluarga dan masyarakat dalam agama Hindu ! 4. Sebutkan delapan jenis perkawinan dalam agama Hindu ! 4. Sebutkan delapan jenis perkawinan dalam agama Hindu ! 5. Jelaskan dan sebutkan catur warna dalam agama Hindu ! 5. Jelaskan dan sebutkan catur warna dalam agama Hindu !


Download ppt "PENDIDIKAN AGAMA HINDU SOSIOLOGI HINDU DHARMA UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL JAKARTA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google