Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDIDIKAN AGAMA HINDU PANCA SRADDHA UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL JAKARTA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDIDIKAN AGAMA HINDU PANCA SRADDHA UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL JAKARTA."— Transcript presentasi:

1 PENDIDIKAN AGAMA HINDU PANCA SRADDHA UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL JAKARTA

2 Sad Sraddha 1.Satya artinya kebenaran, kesetiaan, kejujuran. 2.Rtha dan Dharma adalah hukum kebenaran dan hukum yang dibuat. 3.Diksa (inisiasi) artinya penyucian. pentasbihan. 4.Tapa artinya pengendalian diri. 5.Brahma atau pujian yaitu semacam doa yang disebut tiga mantra. 6.Yadnya artinya memuja atau memberi (menjadi suci

3 PENGERTIAN SRADDHA Kata Panca Sraddha berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti lima kayakinan. Sraddha bersifat filosofls abstrak yang mengarah pada tattwa. yaitu tentang Itu (abstrak). Panca Sraddha terdiri dari : 1.Brahman Tattva 2.Atma Tattwa 3.Karma Phala Tattva 4.Punarbhawa Tatt\va 5.Moksa Tattva

4 1. Brahman Tattva adalah keyakinan adanya Hyang Vidhi. Beberapa sloka dalam Weda menyebutkan : Ekam sad wiprah bahudha vadanti. Agni Yamam Matarisvanam. Artinya hanya ada satu hakekat dari pada Tuhan. akan tetapi para arif bijaksana menyebutkan dengan banyak nama seperti Agni. Yama. Matariswa dsb. sinar suci dan kekuatan Tuhan itu sendiri. Penamaan atas fungsi, sinar suci dan kekuatan itulah disebut Dewa Berasal kata Div artinya sinar suci. Dewa ada beribu-ribu. tetapi Tuhan tetaplah tunggal. Bagian – bagian :

5 2. Atma Tattva adalah keyakinan adanya Atma sebagai sumber makluk hidup. Atma bersumber pada Brahman yang merupakan percikan halus yang manghidupkan makluk hidup. Di dalam badan/sarira atman disebut Jiwatman. Sesungguhnya tiap makluk hidup terdiri dari unsur raga dan jiwa atau Atman. Bila Atma meninggalkan badan itu disebut mati. Hal ini bagaikan bola lampu tidak akan menyala tanpa ada aliran listrik. Begitu pula aliran listrik tidak terlihat dalam lampu yang nyala. Sifat Atma adalah kekal abadi. karena merupakan unsur Brahman. Lanjutan

6 3. Karma Phala Tattwa adalah keyakinan adanya perbuatan yang akan mcnerima hasil. Perbuatan baik akan menghasilkan hasil yang baik. dan perbuatan tidak baik akan mcnerima hasil yang tidak baik. Perbuatan yang baik disebut Subha karma. dan perbuatan yang tidak baik disebut Asubha Karma. Karma Phala dibedakan menjadi tiga; - Sancinta Karma Phala artinya perbuatan yang terdahulu'yang belum habis dinikmati dan sisanya dinikmati pada kehidupan sekarang ini. - Prarabdha Karma Phala artinya'hasil dari pada perbuatan ktia masa hidup ini dan langsung kita nikmati tanpa ada sisanya. - Kryamana Karma Phala artinya bahwa hasil dari perbuatan kehidupan ini hasilnya belum sempat dinikmati dan akan dinikmati pada kehidupan yang akan datang

7 4. Punarbhawa Tattwa adalah percaya adanya kehidupan yang berulang-ulang, atau percaya pada reinkarnasi. Hal ini disebabkan karena Karma seorang belum habis dinikmati. sehingga Atma harus mengalami kelahiran kembali. Dari penjelmaan satu ke penjelmaan berikutnya selalu berbeda. disebabkan dari Karma Wasananya. Bila seorang lebih banyak Subha karma maka dalam penjelmaan akan lebih baik. Begitu pula sebaliknya. Oleh karena itu kelahiran itu disebabkan oleh Karma Wasananya.

8 5. Moksa Tattwa adalah bebas dari reinkarnasi. bebas dari kelahiran dan ini berati Moksa adalah apabila Atma menyatu dengan Paramatma/Tuhan. Moksa dalam arti yang lebih luas adalah kebebasan dari ikatan duniawi, yakni apabila kita bisa melepaskan segala nafsu duniawi. Hal ini disebut dengan Jiwan Mukti. Orang yang dapat mencapai keadan seperti itu akan menerima wahyu langsung dari Brahman.

9 Theologi Hindu Theologi atau Brahma Widya adalah ilmu tentang Tuhan. Theos (bahasa Yunani) berarti Tuhan dan Loghos berarti ilmu. Dalam ajaran Hindu, ilmu yang mempelajari ketuhanan disebut Brahma Widhya atau Tattwa Jnana. Brahma artinya Tuhan dan Widya artinya ilmu. Di dalam ilmu agama khusus daam bidang theologi dikenal berbagai ajaran (isme) yang menggambarkan hubungan kepercayaan manusia terhadap hakekat Tuhan. Seperti monotheisme, politheisme, animesme, totemisme dan sebagainya.

10 Kesimpulan –Adapun pembahasan secara khusus mengenai theologi Hindu secara panjang lebar terdapat dalam kitab Upanisad. Brahma sutra. Darsana. Mithologi yang terdapat dalam kitab-kitab Purana sangat banyak mempengaruhi cara berpikir para theolog Hindu yang kurang menyadari arti serta kedudukan kitab-kitab Purana. –Berpikir tentang Tuhan orang akan sampai kepada Tuhan. Berpikir tentang raksasa orang akan sampai kepada raksasa. Oleh karena itu untuk sampai kepada Tuhan. orang harus berpikir tentang Tuhan. berarti orang harus mengenal Tuhan. baik yang dikenal sebagai aspek NIRGUNA BRAHMAN maupun sebagai aspek SAGUNA BRAHMAN.

11 Kuis : 1.Jelaskan Apakah yang dimaksud dengan panca Sraddha ! 2.Apakah pengertian Theologi Hindu Jelaskan ! 3.Jelaskan pengertian tentang Brahman dan Atman ! 4.Coba anda jelaskan tentang Karmaphala sebutkan bagiannya ! 5.Apakah yang anda ketahui tentang Moksa dan Phunarbhawa Jelaskan !


Download ppt "PENDIDIKAN AGAMA HINDU PANCA SRADDHA UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL JAKARTA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google