Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDIDIKAN AGAMA HINDU ETIKA AGAMA HINDU IDA MADE SUGITA. SAg.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDIDIKAN AGAMA HINDU ETIKA AGAMA HINDU IDA MADE SUGITA. SAg."— Transcript presentasi:

1 PENDIDIKAN AGAMA HINDU ETIKA AGAMA HINDU IDA MADE SUGITA. SAg

2 Pengertian Etika Agama Hindu Etika adalah bentuk pengendalian diri dalam pergaulan hidup bcrsama. (I Gede Sura. Pengendalian diri dan Etika ). Manusia sebagai mahluk sosial. perlu membina hubungan yang serasi dan harmonis dengan orang lain, atas dasar saling menghargai dan menghormati. Dalam kehidupan bersama orang harus mengatur dirinya bertingkah laku. Tidak seorang pun boleh berbuat sekehendak hatinya.

3 Pokok-pokok Etika dalam Agama Hindu 1.Baik dan Buruk 2.Benar dan Salah 3.Wiweka 4.Daivi dan Asuri Sampad 5.Pengendalian Diri

4 Kedudukan Etika dalam Agama Hindu Agama adalah merupakan dasar tata susila yang kokoh dan kekal, ibarat landasan bangunan, dimana suatu bangunan harus didirikan. Maka landasan itu tidak kuat, maka mudah benar bangunannya roboh. Demikian juga halnya dengan tata susila; bila tidak dibangun atas dasar agama, sebagai landasan yang kokoh dan kekal, tidak mendalam dan tidak meresap dalam diri pribadi manusia. (Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Tata susila Hindu Dharma).

5 Baik dan Buruk Apa yang disebut baik dan apa yang disebut buruk, sulit dirumuskan. Walaupun demikian manusia tahu apa yang disebut baik dan buruk itu. Membohong, mencuri adalah buruk. Menolong, jujur adaiah baik. Kesadaran akan adanya baik dan buruk disebut kesadaran etis. Akan tetapi apa yang baik tidak selalu benar dan apa yang buruk itu salah. (I Gede Sura. Pengendalian diri dan Etika)

6 Benar dan Salah Bilamanakah perbuatan itu dianggap benar dan bilamanakah perbuatan itu dianggap salah ? Segala sesuatu yang dapat menolong dunia ini melalui jalan yang telah ditentukan oleh Sang Hyang Widhi Wasa adalah benar. dan segala sesuatu yang menghalangi jalan ini adalah salah. (Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Tata susila Hindu Dharma)

7 Wiweka –Karena penentuan baik dan buruk. benar dan salahnya perbuatan itu atas dasar pertimbangan-pertimbangan. ini berarti ada faktor kesengajaan untuk memilih yang baik dan buruk. Manusia sebagai mahluk berpikir. secara potensial telah memiliki kemampuan yang perlu dikembangkan. yaitu kemampuan untuk membeda-bedakan. dan menimbang- nimbang. dan akhirnya memilih antara yang baik dan buruk. salah dan benar dan sebagainya. –Kemampuan yang demikian dalam ajaran agama Hindu disebut wiweka. Kemampuan untuk memilih ini dan atas dasar pilihan ini ia dapat meningkatkan hidupnya dari tidak baik menjadi baik.

8 Daivi dan Asuri Sampad Ketiga guna ini saling mempengaruhi sehingga mewarnai kecendrungan berlaku lembut dan tenang dan ada yang mempunyai kecendrungan keras dan kasar. Dalam Bhagawad Gita dibedakan kedua kecendrungan itu dengan istilah - Daivi sampad. yaitu kecendrungan kedewaan dan - Asuri sampad. yaitu kecendrungan keraksasaan.

9 Pengendalian Diri Unsur baik dan unsur buruk, unsur raksasa dan unsur dewata. maka orang harus mengarahkan daya pikir dan daya-daya lain dalam dirinva untuk menundukkan yang tidak baik itu. Ini berarti orang harus mengendalikan diri dalam segala hal. berpikir. berkata dan bertindak sehingga segala daya menuju kepada yang baik.

10 Kuis : 1.Apakah yang dimaksud dengan Etika dalam agama Hindu jelaskan ! 2.Jelaskan kedudukan etika dalam agama Hindu ! 3.Sebut dan jelaskan pokok-pokok etika dalam agama Hindu ! 4.Jelaskan fungsi Wiweka yang anda miliki ! 5.Bagaimana pendapat anda tentang pengendalian diri Jelaskan !


Download ppt "PENDIDIKAN AGAMA HINDU ETIKA AGAMA HINDU IDA MADE SUGITA. SAg."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google