Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDIDIKAN AGAMA HINDU WEDA UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL JAKARTA.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDIDIKAN AGAMA HINDU WEDA UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL JAKARTA."— Transcript presentasi:

1 PENDIDIKAN AGAMA HINDU WEDA UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL JAKARTA

2 Pengertian weda Secara etimologi kata Veda berasal dari bahasa Sansekerta yaitu terdiri dari akar kata Vid yang artinya mengetahui. Dari akar kata Vid berubah menjadi kata benda Veda yang artinya pengetahuan. Kemudian secara sematik kata Veda mengandung arti pengetahuan suci. kebenaran. kebijaksanaan. kitab suci yang mengandung kebenaran abadi. ajaran suci atau kitab suci bag! umat Hindu. Maharsi Sayana mengatakan bahwa Veda merupakan wahyu Tuhan yang mengandung ajaran kebajikan untuk kesempurnaan umat manusia serta menghindarkannya dari perbuatan jahat.

3 BAHASA DALAM WEDA Bhagawan Panini mulai menyusun tata bahasa Sansekerta sebelum Veda mulai diselidiki yaitu pada tahun 700 SM. dan menamakan bahasa yang dipakai di dalam Veda dengan nama Daiwi Wak (bahasa dewata). Bhagawan Panini mulai menyusun tata bahasa Sansekerta sebelum Veda mulai diselidiki yaitu pada tahun 700 SM. dan menamakan bahasa yang dipakai di dalam Veda dengan nama Daiwi Wak (bahasa dewata). Kemudian pada tahun 200 SM. bahasa itu mulai dikenal dengan nama Sansekena setelah Patanjali menulis kitab Bahasa pada abad 11 SM. Nama Sansekerta yang untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh Bhagawan Patanjali adalah untuk menvebutkan nama bahasa yang dipakai oleh masyarakat umum dalam pergaulan di Bharata Warsa. Kemudian bahasa itu pun dibedakandari bahasa Pali, bahasa yang dipakai oleh orang-orang Magadhi di dalam penyebaran agama Budha. Kemudian pada tahun 200 SM. bahasa itu mulai dikenal dengan nama Sansekena setelah Patanjali menulis kitab Bahasa pada abad 11 SM. Nama Sansekerta yang untuk pertama kalinya diperkenalkan oleh Bhagawan Patanjali adalah untuk menvebutkan nama bahasa yang dipakai oleh masyarakat umum dalam pergaulan di Bharata Warsa. Kemudian bahasa itu pun dibedakandari bahasa Pali, bahasa yang dipakai oleh orang-orang Magadhi di dalam penyebaran agama Budha.

4 UMUR KITAB SUCI WEDA Maharsi Wyasa atau Krsnadvipayanalah yang menuliskan kembali ajaran Veda kedalam empat himpunan (samhita) dibantu oleh empat orang siswanya yaitu Pulaha yang menyusun Rg Veda. Vaisampayana yang menyusun Yajur Veda. Jaimini menyusun Atharwa Veda. Maharsi Wyasa atau Krsnadvipayanalah yang menuliskan kembali ajaran Veda kedalam empat himpunan (samhita) dibantu oleh empat orang siswanya yaitu Pulaha yang menyusun Rg Veda. Vaisampayana yang menyusun Yajur Veda. Jaimini menyusun Atharwa Veda.

5 Wahyu Weda diterima : Vidyaranya menyatakan sekitar tahun sebelum masehi. Lokamanya Tilak Shastri menyatakan tahun sebelum masehi. Bal Gangadhar Tilak menyatakan 4000 tahun sebelum masehi. DR. Haug memperkirakan tahun sebelum masehi. Max Muller menyatakan sekitar tahun sebelum masehi. Heina Gelderen memperkirakan lahun sebelum masehi. Sylvain Levy memperkirakan tahun sebelum masehi Stutterheim memperkirakan tahun sebelum masehi.

6 TUJUH RSI PENERIMA WAHYU 1.GRTSMADA 2.WISWAMITRA 3.WAMADEWA 4.ATRI 5.BHARADWAJA 6.WASISTHA 7.KANWA

7 Bagian dan Isi Weda SRUTI Menurut sifat isinya Veda ini dibagi atas tiga bagian, yaitu : 1.Bagian Mantra 2.Bagian Brahmana (karma kanda) 3.Bagian Upanisad /Aranyaka (Jnana Kanda)

8 Bagian Mantra Rg. Veda atau Rg. Veda Samhita. Sama Veda atau Sama Veda Samhita. Yajur Veda atau Yajur Veda Samhita. Atharwa Veda atau Atharwa Veda Samhita

9 Bagian Brahmana Kitab Rg. Veda memiliki dua kitab Brahmana yaitu Aitareya Brahmana dan Kausitaki Brahmana (Sankhyana Brahmana). Kitab Brahmana yang pertama atas 40 Bab dan yang kedua terdiri atas 30 Bab. Kitab Rg. Veda memiliki dua kitab Brahmana yaitu Aitareya Brahmana dan Kausitaki Brahmana (Sankhyana Brahmana). Kitab Brahmana yang pertama atas 40 Bab dan yang kedua terdiri atas 30 Bab.

10 Kitab Sama Veda memiliki kitab Tandya Brahmana, yang sering juga dikenal dengan nama Panca\vimsa, kitab ini memuat legenda (ceritra-ceritra kuno) yang dikaitkan dengan upacara Yadnya. Selain itu ada juga Sadwimsa Brahmana. Kitab ini terbagi atas 25 buku. Bagian terakhir yatu paling terkenal ialah kitab Adhibuta Brahmana. merupakan jenis wedangga yang memuat mengenai ramalan- ramalan dan penjelasan mengenai berbagai mujizat. Kitab Sama Veda memiliki kitab Tandya Brahmana, yang sering juga dikenal dengan nama Panca\vimsa, kitab ini memuat legenda (ceritra-ceritra kuno) yang dikaitkan dengan upacara Yadnya. Selain itu ada juga Sadwimsa Brahmana. Kitab ini terbagi atas 25 buku. Bagian terakhir yatu paling terkenal ialah kitab Adhibuta Brahmana. merupakan jenis wedangga yang memuat mengenai ramalan- ramalan dan penjelasan mengenai berbagai mujizat.

11 Lanjutan Yajur Veda memiliki beberapa kitab Brahmana. Yajur Veda hitam (Krsna Yajurveda) memiliki Taitiriya Brahmana. Kitab ini merupakan lanjutan Taitiriya Samhita yang merupakan simbolisasi Purusamedha. Yajur Veda putih memiliki Sathapatha Brahmana. Disebut demikian karena kitab ini terdiri atas seratus adhyaya. Bagian terakhir dari kitab ini merupakan sumber dari kitab Brhadaranyaka Upanisad. Kitab Athanva Veda memiliki kitab Brahmana yang disebut Gopatha Brahmana.

12 Bagian Upanisad dan bagian Aranyaka Upanisad yang tergolong Rg. Veda : Aitareya. kausitaki. Nada Bindhu. Atmaprabodha. Mint ana. Mudgala. Aksamalika. Tripura. Saubhagya dan Bahwrca Upanisad. Aitareya. kausitaki. Nada Bindhu. Atmaprabodha. Mint ana. Mudgala. Aksamalika. Tripura. Saubhagya dan Bahwrca Upanisad. Upanisad yang tergolong jenis Sama Veda : Kena Chandogya. Arum, Maitrayani. Maitreyi. Wajrasucika. Yogacudamani, Wasudewa. Mahat Sanyasa. Awyakta. Kondika. Sawirei. Rudraksajabala, Darsana dan Jabali. Kena Chandogya. Arum, Maitrayani. Maitreyi. Wajrasucika. Yogacudamani, Wasudewa. Mahat Sanyasa. Awyakta. Kondika. Sawirei. Rudraksajabala, Darsana dan Jabali. Upanisad yang tergolong jenis Yajur Veda : Yajur Veda Hitam Kathawali. Taittiriyaka. Brahma. Kaivsalya. Swetaswatara. Garba Narayaria, Amrtabindu. Asartanada, Katagnirudra, Yajur Veda Hitam Kathawali. Taittiriyaka. Brahma. Kaivsalya. Swetaswatara. Garba Narayaria, Amrtabindu. Asartanada, Katagnirudra,

13 KITAB SMERTI : Kelompok Wedangga (batang tubuh Veda) Kelompok Wedangga (batang tubuh Veda) Siksa (phonetika) Wyakarana (Tata Bahasa) Chanda (lagu) Nirukta (sinonim dan antonim) Jyotisa (astronomi) Kalpa (ritual)

14 LANJUTAN Kelompok Upaveda (Weda Tambahan) terdiri atas beberapa cabang ilmu : Kelompok Upaveda (Weda Tambahan) terdiri atas beberapa cabang ilmu : Jenis Itihasa Jenis Itihasa Jenis Purana Jenis Purana Jenis Arthasastra Jenis Arthasastra Jenis Ayurveda Jenis Ayurveda Jenis Gandharwa Veda. Jenis Gandharwa Veda.

15 KUIS : 1.Coba anda jelaskan pengertian Weda ! 2.Jelaskan asal mula bahasa yang dipakai dalam Weda! 3.Sebut dan jelaskan umur kitab suci Weda ! 4.Jelaskan dan sebutkan tujuh Rsi penerima Wahyu ! 5.Jelaskan pembagian dan isi Weda !


Download ppt "PENDIDIKAN AGAMA HINDU WEDA UNIVERSITAS INDONUSA ESA UNGGUL JAKARTA."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google