Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Organisasi yang terlibat dalam Pasar Modal 1. Pemerintah dalam hal ini Badan Pembina Pasar modal (BPPM) dan Bapepam. 2. Perusahaan Emiten 3. Lembaga Penunjang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Organisasi yang terlibat dalam Pasar Modal 1. Pemerintah dalam hal ini Badan Pembina Pasar modal (BPPM) dan Bapepam. 2. Perusahaan Emiten 3. Lembaga Penunjang."— Transcript presentasi:

1 Organisasi yang terlibat dalam Pasar Modal 1. Pemerintah dalam hal ini Badan Pembina Pasar modal (BPPM) dan Bapepam. 2. Perusahaan Emiten 3. Lembaga Penunjang Emisi a. Penjamin Emisi (Underwriter) b. Perusahaan Penilai (Apraisal) c. Akuntan Publik d. Notaris e. Konsultan Hukum

2 f. Wali Amanat g. Penanggung (guarantor) 4. Perantara perdagangan efek, pedagang efek 5. Para pemodal baik perseorangan maupun lembaga. Pasar primer (Pasar perdana) adalah penawaran surat berharga untuk pertama kali kepada pemodal sebelum surat berharga tersebut dicatatkan di bursa. Pasar sekunder, setelah perusahaan menjual surat berharganya di pasar primer, surat berharga tersebut dapat diperjual belikan di pasar skunder.

3 Likuiditas, Solvabilitas dan Rentabilitas Likuiditas Pengertian Likuiditas adalah kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendeknya (hutang-hutang yang segera jatuh tempo). Likuiditas membandingkan antara aktiva lancar dengan hutang lancarnya. Likuiditas > 200 % ? (haruskah )

4 Contoh : PT X Akt lancar hutang lancar Likuiditas = 1000/500 = 200 % Untuk memperbaiki likuiditas 1.Menambah aktiva lancar 2.Mengurangi hutang lancar 3.Menambah modal

5 solvabilitas Solvabilitas suatu perusahaan menunjukan kemampuan perusahaan untuk memenuhi segala kewajiban finansilnya apabila perusahaan tersebut dilikwidasi. Solvabilitas : (total harta)/(total hutang) Contoh : - total aktiva = total hutang = 350 Solvabilitas : 450/300 = 150 %

6 Rentabilitas Rentabilitas suatu perusahaan menunjukan perbandingan antara laba dengan aktiva atau modal yang menghasilkan laba tersebut. Rentabilitas = (Laba/modal ) x 100 % Rentabilitas ekonomi adalah perbandingan antara laba usaha dengan total modal. Rentabilitas modal sendiri (rentabilitas usaha) adalah perbandingan antara laba untuk pemilik modal sendiri dengan jumlah modal sendiri.

7 Laporan keuangan Adalah dua daftar yang disusun oleh akuntan pada akhir periode untuk suatu perusahaan. LAPORAN KEUANGAN ADALAH LAPORAN YANG DISUSUN OLEH PERUSAHAAN (KOPERASI) UNTUK SATU PERIODE (TAHUN) TERTENTU. Umumnya terdiri dari : 1.Laporan Neraca 2.Laporan Rugi-Laba 3.Laporan-lainya

8 Analisis Laporan Keuangan Analisis terhadap laporan yang telah dibuat oleh perusahaan (koperasi). Sehingga diketahui tingkat profitabilitas, tingkat risiko dan tingkat kesehatan perusahaan (koperasi). Dengan melakukan analisis terhadap laporan keuangan sehingga bisa ditentukan apa rencana ke depan yang akan dilakukan perusahaan.


Download ppt "Organisasi yang terlibat dalam Pasar Modal 1. Pemerintah dalam hal ini Badan Pembina Pasar modal (BPPM) dan Bapepam. 2. Perusahaan Emiten 3. Lembaga Penunjang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google