Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Oleh Elsa Yunia XI TKJ SMK N 2 KLATEN. Jaringan komputer merupakan sebuah komunikasi data sistem yang berhubungan dengan sistem komputer di berbagai situs.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Oleh Elsa Yunia XI TKJ SMK N 2 KLATEN. Jaringan komputer merupakan sebuah komunikasi data sistem yang berhubungan dengan sistem komputer di berbagai situs."— Transcript presentasi:

1 Oleh Elsa Yunia XI TKJ SMK N 2 KLATEN

2 Jaringan komputer merupakan sebuah komunikasi data sistem yang berhubungan dengan sistem komputer di berbagai situs yang berbeda. Sebuah jaringan dapat terdiri dari kombinasi LAN, atau WAN. Ada banyak pertukaran informasi pada jaringan dalam bentuk permintaan, respon dan kontrol data. Data ini pada dasarnya dalam bentuk paket yang berlalu - lalang di jaringan. Hal ini menyebabkan keterlambatan dalam kegiatan komunikasi. Pada akhirnya menghasilkan kemacetan di jaringan. Ini adalah contoh sederhana Lalu Lintas Jaringan. Lalu lintas jaringan dapat menjadi beban pada perangkat komunikasi dan sistem. Lalu lintas pada jaringan kini telah mengakibatkan enterprise menengah dan besar menyadari bahwa mereka harus mengontrol perilaku lalu lintas jaringan untuk memastikan bahwa aplikasi strategis mereka selalu mendapatkan sumber daya yang mereka butuhkan agar sistem berjalan secara optimal.

3 Bandwidth adalah kapasitas atau daya tampung kabel ethernet agar dapat dilewati trafik paket data dalam jumlah tertentu. Bandwidth juga bisa berarti jumlah konsumsi paket data per satuan waktu dinyatakan dengan satuan bit per second [ bps ]. Bandwidth internet di sediakan oleh provider internet dengan jumlah tertentu tergantung sewa pelanggan. Kita dapat mengatur agar user tidak menghabiskan bandwidth yang di sediakan oleh provider. Dalam kehidupan nyata, bandwidth dapat digambarkan sebagai jalan. Ada jalan biasa, jalan raya dan jalan bebas hambatan. Sudah pasti, semakin besar jalannya, maka semakin cepat pula perjalanan yang ditempuh.

4 Piranti jaringan Tipe data yang ditransfer Topologi jaringan Banyaknya pengguna jaringan Spesifikasi komputer client / user Spesifikasi komputer server Induksi listrik dan cuaca

5 Proses mengukur dan mengontrol komunikasi ( lalu lintas, paket ) pada link jaringan, untuk menghindari mengisi link untuk kapasitas atau overfilling link, yang akan mengakibatkan kemacetan jaringan dan kinerja yang buruk. Management bandwidth dapat digambarkan dengan penggunaan selang atau pipa, yang mengalirkan air ke setiap pengguna. Dan setiap pengguna tidak dapat sepuasnya mendapatkan airdari sumbernya. Hal ini tergantung dengan bandwidth secara global. Pembatasan tersebut adalah nilai maksimal yang didapatkan oleh setiap pengguna. Dan sewaktu - waktu dapat menurun sesuai dengan keadaan dan kesibukan pertukaran data.

6 Menerapkan aturan pelambatan kecepatan ke alamat IP tertentu, port dan bahkan antarmuka jaringan dengan tidak ada perubahan infrastruktur jaringan yang ada. Memonitor dan mengatur lalu - lintas bandwidth pada komputer Client. Membagi bandwidth komputer kita, jadi kita bisa mengatur bandwidth dengan software ini sesuka kita dan tergantung kebutuhan Membatasi lalu - lintas bandwidth baik Download ( In ) maupun Upload ( Out ) pada suatu komputer di mana software ini terinstal

7 Pembatasan Transfer DataPembatasan Transfer Data Alogaritma PenjadwalanAlogaritma Penjadwalan Pembagian Secara MerataPembagian Secara Merata Pembagian dengan Memberikan Paket ( Limiter )Pembagian dengan Memberikan Paket ( Limiter )

8 Pembatasan Transfer Data Setiap pengguna diberikan batasan tertentu yang bervariasi tergantung dengan kebutuhan dan paket yang digunakannya. Dengan begitu, penggunaan dapat diatur sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan pengguna itu sendiri. Selain itu dapat dengan membatasi penggunaan data setiap hari atau bulan. Penggunaan data ini disebut dengan kuota. Apabila pengguna telah mencapai batas dari kuota yang telah diberikan maka koneksi yang dia dapatkan akan terputus atau tertunda dengan kata lain, mengurangi kecepatan transfer datanya ke level terendah yang disediakan.

9 Alogaritma Penjadwalan Dalam jaringan komputer, merupakan suatu penjadwalan antrian FIFO (first in first out) dari paket yang terkirim. Paket akan ter-buffer dan mengantri, menghasilkan berbagai waktu tunda pada jaringan. Jaringan nirkabel HSDPA (High Speed Downlink Packet Access) dengan sistem selular 3.5G. Penjadwalan dapat digunakan untuk mengambil keuntungan. Jika kondisi menguntungkan, maka throughput dan efisiensi danpat dilakukan. Data yang dikirimkan membentuk paket – paket yang akan dikirimkan ke setiap node. Dan memiliki latensi berbeda untuk setiap node sehingga mempengaruhi kecepatan dari transfer data.

10 Pembagian Secara Merata

11 Pembagian dengan Memberikan Paket ( Limiter ) Cara ini seperti yang dilakukan oleh ISP. Dimana mereka telah memberikan batasan – batasan penggunaan bandwidth. Dengan cara ini, pengguna lebih leluasa memilih kecepatan sesuai dengan budget yang mereka miliki. Kelebihannya selain memberikan banyak pilihan ke pengguna, juga kecepatan dari internet tetap terjaga. Namun kelemahan dari cara ini adalah terdapat bandwidth yang tidak digunakan, akan sulit jika ada banyak pengguna dengan paket akses yang besar dan semuanya melebihi bandwidth yang dimiliki oleh server.

12 NetLimiter SoftPerfect Bandwidth Manager BitMeter CucuSoft Net Guard Net Speed Monitor Free Meter Net Traffic Net Worx Net Balancer Tbb Meter

13 Sebuah software yang menawarkan fitur lengkap dalam memanajemen / mengontrol kegiatan lalu lintas untuk tool yang ada di Windows yang menawarkan keefektifan dalam melakukan kontrol bandwidth dan menjaga kualitas layanan berdasarkan built - in aturan yang diprioritaskan.

14  Fleksibel, diprioritaskan, dua arah aturan untuk menentukan tingkat data maksimum.  Transparansi bagi pengguna akhir.  Statistik terinci dan komprehensif yang tersedia untuk setiap aturan.  Kuota dan hukuman untuk mencegah penyalahgunaan. Ketika client di shutdown / restart, kecepatan bandwidth nya tetap pada saat terakhir kita setting…kecuali FIREWALL kita aktifkan. Menawarkan biaya bandwidth yang efektif dan kontrol kualitas layanan berdasarkan pada built - in diprioritaskan aturan. Kita dapat menerapkan aturan pelambatan kecepatan ke alamat IP tertentu, port dan bahkan antarmuka jaringan dengan tidak ada perubahan infrastruktur jaringan yang ada.

15  Harus manual connect ke client nya, artinya 1 per 1 kita connect kan dgn menekan F 2.

16  WebHtb  Tools Net Meter  Bmon  BWM  Iperf  Ifstat  IbMonitor  IF Status  The Multi Router Traffic Graphe (MRTG)  Net MRG

17 WebHTB adalah sebuah tools untuk mengatur Bandwidth langsung pada TC, WebHTB sebenarnya pengembangan dari HTB ‐ Tools sedangkan yang sekarang ini lebih user ‐ friendly karena didukung Web ‐ GUI. Aplikasi ini dapat memberikan batasan bandwidth pada masing - masing client. Penggunaan WebHtb berdasarkan rulkes pada kartu jaringan server, jadi semua lalu lintas data yang melewati kartu jaringan akan segera disaring oleh aplikasi WebHtb

18 Limitasi Bandwidth dengan IP Publik untuk upload dan download Limitasi Bandwidth dengan IP Privat Match mark Match mark dengan u 32 Match MAC address pada u 16 dan u 32 untuk download and upload

19


Download ppt "Oleh Elsa Yunia XI TKJ SMK N 2 KLATEN. Jaringan komputer merupakan sebuah komunikasi data sistem yang berhubungan dengan sistem komputer di berbagai situs."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google