Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Assalamu Alaikum Warahmatullaahi Wa Barakatuh....

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Assalamu Alaikum Warahmatullaahi Wa Barakatuh...."— Transcript presentasi:

1 Assalamu Alaikum Warahmatullaahi Wa Barakatuh...

2 Kelompok 2

3 Indonesia merupakan Negara kapulauan terbesar di dunia dengan lebih dari buah pulaunya. Luas wilayah Indonesia seluruhnya mencapai km 2. Pulau - pulau utamanya adalah Jawa dan Madura ( Km 2 ), Sumatra ( Km 2 ), Kalimantan ( Km 2 ), Sulawesi ( Km 2 ), Bali (5.561 Km 2 ), dan Irian Jaya ( Km 2 ). Sangat menarik sekali apabila sebuah negara kepulauan dengan pulau - pulau utamanya yang mampu menjadikan kelautan sebagai penghasilan bagi daerah yang bersangkutan dan negara Indonesia. Indonesia merupakan negara maritim antara negara kepulauan dan negara bahari, dimana duapertiga wilayahnya merupakan perairan ( laut ).

4

5 1. Untuk mengetahui apa yang dimaksud dengan aspek dan buaya maritim. 2. Untuk mengetahui perbedaan masyarakat pesisir dan masyarakat agraris. 3. Untuk mengetahui aspek sosial dan budaya perdaban maritim di Indonesia. 4. Untuk mengetahui sumber daya manusia pada perdaban maritim. 5. Untuk mengetahui aspek sosial dan budaya masyrakat pesisir.

6 Aspek sosial merupakan kajian yang perlu dan harus dilakukan dalam setiap tahap proses pelaksanaan pembangunan. Karena pembangunan harus di pandang sebagai suatu aktifitas, yang menyeluruh, yang pada hakikatnya adalah dari masyrakat, oleh masyarakat dan untuk masyarakat dalam mewujudkan kehidupan yang layak berkeadialan dan bersejahtera. Salah fondasi keagungan bangsa indonesia adalah budaya maritim yang kuat. Budaya melaut dan bertempur sudaah lama di miliki bangsa indonesia, yang membangun kekuatan maritim untuk di gunakan sebagai intrumen politik. Menurut profesor Koenjara Ningrat kebudayaan adalah sebuah sistem gagasan, tindakan dan hasil karya yang di hasilkan daalaam rangka kehidupan manusia dan di jadikan hak milik manusia melalui proses belajar.

7 LANJUTAN Bahwa kebudayaan itu meliputi gagasan tindakan dan hasil karya manusia. Jadi hasil karya seprti cara bertutur teori ideologi, dan arsitektur rumah itu dapat kategorikan dalam kebudayaan. Bahkan cara kita berjalan atau makan yang berbeda dari satu tempat ketempat lain itu pun kebudayaan. Contoh adalah penggunaan sendok dan garpu ketika makan oleh masyarakat barat, akan berbeda dengan masyarakat timur tradisional yang langsung menggunakan tangan. Kebudayaan meliputi semua aspek kehidupan manusia. Tujuan awal dari adanya kebudayaan itu adalah untuk mendukung kehidupan manusia seperti cara berpakaian yang merupakn bagian dari kebudayaan. Budaya adalah suatu pola hidup menyeluruh yang bersifat kompleks, abtrask dan luas.

8 Masyarakat maritim menyakini bahwa lautan yang di mililki oleh mereka berdasarkan pembagian kawasan laut yang disahkan oleh kepala desa itu merupakan suatu sumber daya alam yang di jadiakan untuk memenuhi kebutuhan hidup dan lebihnya di jual untuk ke untungan. Tidak jarang di temukan bahwa masyarakat pesisir dan pulau-pulau kecil belum tentu memilih laut sebagai lahan mata pencarian utama. Demikian pula, pada menunjukan pola dari karekter yang berbeda dari kawasan perairan satu ke kawasan lain memiliki pola yang berbeda

9 LANJU TAN

10 Tentang nilai –nilai budaya bahari tersebut, tidak diasumsikan dianut dan diaplikasikan oleh kelompok atau komunitas masyarakat nelayan pada umumnya dan berlaku pada semua periode waktu atau masa. Sebaliknya, keberadaan sebagian besar unsur nilai budaya bahari tersebut bersifat konstektual. Misalnya, kenberanian dan petualangan keketatan organisasi kerjasama etos ekonomi yang tinggi, wawasan kelautan, multikulturalisme, nasionalisme, dan sikap keterbukaan, banyak dimiliki nelayan dan pelayar. Akibat dari adanya pengelolaan laut yang berlebihan maka kerusakan ekosistem lautseperti yang pernah terjadi di beberapa daerah seperti di papua dan di nusa tenggara barat yang di sebabkan dari pembuangan limbah dari perusahaan asing yang beroperasi di daerah tersebut. Dalam dunia pelayaranpun kepentingan nasional juga harus menerima dampak dari diterapkannya pasar bebas. Variabel utama dalam pengelolaan sumber daya kelautan untuk mewujutkan kesejahteraan adalah dengan melakukan kecerdasan atau pembangunan sumber daya manusia (SDM). Lanjutan

11

12 SIMPULAN

13

14 SEKIAN DAN TERIMA KASIH


Download ppt "Assalamu Alaikum Warahmatullaahi Wa Barakatuh...."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google