Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional. Setiap negara bangsa memiliki kepentingan nasional untuk memenuhi kebutuhan sendiri dalam rangka mencapai tujuan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional. Setiap negara bangsa memiliki kepentingan nasional untuk memenuhi kebutuhan sendiri dalam rangka mencapai tujuan."— Transcript presentasi:

1 Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional

2 Setiap negara bangsa memiliki kepentingan nasional untuk memenuhi kebutuhan sendiri dalam rangka mencapai tujuan nasionalnya. Dikenal teori geopolitik -- >melihat kebijakan sebuah negara dengan menghubungkanya pada keadaan dan posisi geografis negara tersebut. – Diungkap pertama kali oleh Kjellen ( ) dengan berdasarkan pada pandangannya Ratzel ( ) yang melihat bahwa negara adalah organisme yang membutuhkan ruang untuk hidup -- > ekpansionisme.

3 Geopolitik Negara Bangsa Indonesia Terumuskan dalam Wawasan Nusantara -- > cara pandang bangsa Indonesia terhadap tanah air dan lingkungannya untuk mencapai tujuan nasional, dimana wilayah Indonesia adalah dari Sabang sampai Merauke yang merupakan wilayah bekas jajahan Belanda/eks. Hindia Belanda. Secara historis, bangsa Indonesia pernah terjajah, terpecah dan terpisah wilayahnya. Wawasan Nusantara -- > menginginkan negara bangsa yang bersatu dengan wilayah yang utuh.

4 Deklarasi Juanda 1957 Memiliki arti penting dalam kewilayah Negara Republik Indonesia sebagai negara kepulauan. – Teritorial laut tidak lagi 3 Mil dari garis pantai sebagaimana Hukum Laut Internasional tahun 1939 tetapi menjadi 12 Mil dari garis pantai. – Wilayah NKRI kemudian menjadi utuh dan bulat. – Lalu lintas damai pelayaran yang lebih menjamin keselamatan dan keamanan NKRI – Mengubah paradigma laut sebagai pemisah menjadi laut sebagai penghubung. 30 April 1982, Indonesia diakui oleh PBB sebagai negara kepulauan (archipelago state).

5 Hakikat Wawasan Nusantara Kepulauan nusantara sebagai satu kesatuan : – Politik (wilayah nasional, pesatuan dan kesatuan bangsa, falsafah dan ideologi, serta kesatuan hukum yang mengabdi pada kepentingan nasional) – Ekonomi (kepemilikan bersama atas kekayaan alam, pemerataan hasil pemanfaatan kekayaan, dan keserasian serta keseimbangan pertumbuhan ekonomi) – Sosial budaya (keserasian dan keseimbangan serta keselarasan sosial budaya dan mengakui ragam budaya bangsa sebagai kekayaan nasional) – Pertahanan keamaan (setiap WN memiliki hak dan kewajiban yang sama dalam melakukan bela negara, perasaan senasib-sepenanggungan dalam bidang Hankam).

6 Tujuan Wawasan Nusantara Internal -- > menjamin perwujudan persatuan dan kesatuan segenap aspek kehidupan nasional Eksternal -- > terjaminnya kepentingan nasional dalam dunia yang serba berubah dan ikut melaksanakan ketertiban dunia sebagaimana amanah UUD 1945.

7 Ketahanan Nasional Sebagai Kondisi -- > suatu penggambaran atas keadaan yang seharusnya dipenuhi sehingga mampu menghadapi ancaman, gangguan,hambatan dan tantangan bagi keberlangsungan hidup negara bangsa Sebagai pendakatan -- > metode/cara dalam menjalankan suatu kegiatan khususnya pembangunan negara. Sebuah pendakatan yang integral dalam membangun/memecahkan masalah. Doktrin -- > ajaran konseptual tentang pengaturan dan penyelenggaraan negara.

8 Ketahanan Nasional adalah Geostrategi Negara Bangsa Indonesia. Yakni suatu cara/pendekatan dalam memanfaatkan kondisi lingkungan untuk mewujudkan cita-cita proklamasi dan tujuan nasional. Ketahanan nasional digagas awal 1960 dari SESKOAD – Meluasnya faham komunis di Asia -- > memunculkan kekhawatiran di Indonesia – Sebagian besar negara Asia tidak memiliki kekuatan untuk bertahan. – Historis bangsa Indonesia memiliki kekuatan nasional -- > perang gerilya dan konsep pertahanan teritorial.

9 1964 lahir konsep ketahanan nasional “keuletan dan daya tahan suatu bangsa yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional yang ditujukan untuk menghadapi segala ancaman dan kekuatan yang membahayakan kelangsungan hidup negara bangsa Indonesia” Ancaman -- > lebih dari sekedar ancaman komunis dan pemberontakan.

10 Aspek Ketahanan Nasional Ketahanan ideologi -- > kondisi mental bangsa Indonesia yang berlandaskan keyakinan akan kebenaran ideologi Pancasila Ketahanan politik -- > kondisi kehidupan politik bangsa yang berlandaskan demokrasi politik atas dasar UUD 1945 dalam menciptakan sistem yang sehat dan dinamis serta politik LN yang bebas aktif Ketahan ekonomi -- > kondisi kehidupan ekonomi bangsa yang berlandaskan demokrasi ekonomi atas dasar Pancasila untuk melahirkan stabilitas ekonomi yang sehat dan dinamis serta kemampuan menciptakan kemandiriaan ekonomi nasional dengan daya saing yang tinggi dan mewujudkan kemakmuran rakyat yang adil dan merata

11 Ketahanan Sosial Budaya -- > kemampuan membentuk dan mengembangkan kehidupan sosial budaya bangsa berdasarkan Pancasila, sehingga mampu menangkal penetrasi negatif budaya asing Ketahanan pertahanan dan keamanan -- > daya tangkal bangsa Indonesia yang dilandasi kesadaran bela negara untuk menjaga stabilitas Hankam yang dinamis, mengamankan pembangunan dan mempertahankan kedaulatan negara.

12 Unsur Ketahanan Nasional Penduduk (kualitas dan kuantitas) Wilayah (luas dan bentuk wilayah serta posisi geografis) SDA (potensi SDA, kemampuan mengeksplorasi SDA, pemanfaatan SDA dengan memperhahtikan masa depan dan LH, kontrol atas SDA)

13 Ideologi Politik (sistem politik, sistem dan bentuk pemerintahan, susunan negara) Ekonomi -- > kekuatan nasional sesungguhnya saat ini. Unsur penting terkait memberi dan mendistribusi kebutuhan WN. Indonesia menganut sistem ekonomi Pancasila yang berasaskan kerakyatan. Sosial budaya -- > asimilasi budaya/kebhinekaan Hankam -- > Pertahanan rakyat semesta, dengan TNI sebagai komponen utama pertahanan.

14 Bela Negara Sikap dan perilaku WN yang dijiwai kecintaan kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan negara Bangsa. Bela Negara -- > pasal 27 dan pasal 30 UUD 1945 dimana WN memiliki hak dan kewajiban dalam melakukan bela negara dan berpartisipasi dalam pertahanan keamanan negara bangsa Bela Negara -- > Pkn, Wamil, Pengabdian sebagai TNI/Polri, Pengabdian sesuai profesi.

15 Ancaman – Fisik – Non fisik – Multidimensi (fisik dan non fisik)

16 Ancaman Negara Bangsa NKRI (Lemhannas) Terorisme Separatisme Radikalisme Konflik Komunal Kejahatan Lintas Negara Imigrasi gelap Pertahanan dan Keamanan darat, laut dan udara Kerusakan lingkungan Bencana alam


Download ppt "Wawasan Nusantara dan Ketahanan Nasional. Setiap negara bangsa memiliki kepentingan nasional untuk memenuhi kebutuhan sendiri dalam rangka mencapai tujuan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google