Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL."— Transcript presentasi:

1 PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL

2 PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL LATAR BELAKANG Sejak proklamasi kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945,bangsa dan negara Indonesia tidak luput dari berbagai gejolak dan ancaman dari dalam maupun luar negeri yang nyaris membahayakan kelangsungan hidup bangsa dan negara.Meskipun demikian,Bangsa dan negara Indonesia telah mampu mempertahankan kemerdekaan dan kedaulatannya terhadap ancaman dari luar antara lain agresi militer Belanda, dan mampu menegakkan wibawa pemerintah dengan menumpas gerakan separatis,pembrontakan PKI,DI/TII bahkan merebut kembali Irian Jaya.Hal tersebut secara langsung maupun tidak langsung akan menimbulkan dampak negatif terhadap segenap aspek kehidupan bangsa dan mempengaruhinya,bahkan membahayakan kelangsungan hidup dan Eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

3 PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL A.PENGERTIAN KETAHANAN NASIONAL 1.Pengertian ketahanan dan keamanan nasional adalah -Kondisi dinamika bangsa indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional. Tannas berisi keuletan dan ketangguhan yang mengandung kemampuan untuk mengembangkan kekuatan nasional dalam mengatasi dan menghadapi segala tantangan,ancaman,hambatan dan gangguan baik dari dalam maupun dari luar.Dan untuk menjamin identitas dan kelangsungan hidup bangsa dan negara serta perjuangan mencapai tujuan nasionalnya.

4 PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIOANAL Dalam pengertian tersebut,ketahanan dan keamanan nasional adalah kondisi kehidupan nasional yang harus diwujudkan yang sejak dini yang harus dibina secara terus menerus.

5 PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL 2.Pengertian konsep ketahanan dan keamanan nasional adalah -Konsepsi pengembangan kekuatan nasional melalui pengaturan dan penyelenggaraaan kesejahteraan dan keamanan yang seimbang,serasi,selaras,dalam seluruh aspek kehidupan secara utuh dan menyeluruh dan terpadu berdasarkan pancasila,UUD 1945,dan wawasan nusantara. Konsep ketahanan nasional indonesia merupakan pedoman (sarana) untuk meningkatkan (metode) keuletan dan ketangguhan bangsa.

6 PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL 1.Hakikatnya ketahanan nasional indonesia adalah keuletan dan ketangguhan bangsa yang mengandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara dalam mencapai tujuan nasional. 2.Hakikatnya konsepsi ketahanan nasional indonesia adalah pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan secara seimbang,serasi,dan selaras dalam seluruh aspek kehidupan nasional.

7 PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL B.ASAS-ASAS KETAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL Asas ketahanan nasional indonesia adalah tata laku berdasarkan nilai- nilai pancasila dan UUD 1945,dan wawasan nusantara yang terdiri dari:

8 PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL 1.Asas kesejahteraan dan keamanan Kesejahteraan dan keamanan dapat dibedakan tetapi tidak dapat dipisahkan dan merupakan kebutuhan manusia yang mendasar dan esensial.Dengan demikian,kesejahteraan dan keamanan merupakan asas dalam sistem kehidupan nasional. Tanpa kesejahteraan dan keamanan,sistem kehidupan nasional tidak akan dapat berlangsung.Kesejahteraan dan keamanan merupakan nilai intrinsik yang ada pada sistem kehidupan nasional itu sendiri.

9 PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL 2.Asas komprehensif integral atau menyeluruh terpadu Sistem kehidupan nasional mencakup segenap espek kehidupan bangsa Dalam bentuk perwujudan persatuan dan perpaduan yang seimbang,serasi dan selaras pasa seluruh aspek kehidupan bermasyarakat,berbangsa dan bernegara. Ketahanan nasional mencakup ketahanan segenap aspek kehidupan bangsa secara utuh,menyeluruh,dan terpadu (komprehensif integral).

10 PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL 3.Asas mawas kedalam dan mawas keluar Sistem kehidupan nasional merupakan perpaduan segenap aspek kehidupan bangsa yang saling berinteraksi.Disamping itu,sistem kehidupan nasional juga berinteraksi dengan lingkungan disekelilingnya.Dalam proses interaksi tersebut dapat timbul berbagai dampak baik yang berifat positif maupun negatif. Untuk itu diperlukan sikap mawas kedalam maupun mawas keluar.

11 PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL -Mawas kedalam bertujuan menumbuhkan hakikat,sifat,dan kondisi kehidupan itu sendiri berdasarkan nilai-nilai kemandirian yang proposional untuk meningkatkan kualitas derajat kemandirian bangsa yang ulet dan tangguh.Yang mengandung sikap isolasi nasionalisme sempit. -Mawas keluar bertujuan untuk mengatisipasi dan berperan serta mengatasi dampak lingkungan strategis luar negeri dan menerima kenyataan adanya interaksi dan ketergantungan dengan dunia internasional,yang mengembangkan kekuatan nasional untuk memberikan dampak keluar dalam bentuk daya tangkal dan daya tawar.

12 PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL 4.Asas kekeluargaan Asas kekeluargaan mengadung keadilan,kearifan,kebersamaan,kesamaan,gotong royong,tenggang rasa,dan tanggung jawab dalam kehidupan bermasyarakat,berbangsa,dan bernegara. Asas ini mengakui adanya perbedaan dikembangkan secara serasi dalam hubungan kemitraan agar tidak berkembang menjadi konflik yang bersifat saling menghancurkan.

13 PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL C.SIFAT KETAHANAN NASIONAL INDONESIA Ketahahan nasional memiliki sifat yang terbentuk dari nilai-nilai yang terkandung dalam landasan dan asas-asasnya yaitu:

14 PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL 1.ASAS MANDIRI Ketahanan nasional pada kemampuan dan kekuatan sendiri serta pada keuletan dan ketangguhan,yang mengadung prinsip tidak tidak mudah menyerah dengan tumpuan pada identitas,integritas,dan kepribadian bangsa.Kemandirian (independency) ini merupakan prasyarat untuk menjalin kerja sama yang saling mengutungkan dalam perkembangan global (interdependent).

15 PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL 2.ASAS DINAMIS Ketahanan nasional tidaklah tetap.Ia dapat meningkat atau menurun,tengantung pasa situasi dan kondisi bangsa,negara,serta lingkungan strategisnya.upaya peningkatan ketahanan nasional harus senantiasa diorientasikan ke masa depan dan dinamikanya diarahkan untuk pencapaian kondisi kehidupan nasional yang lebih baik.

16 PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL 3.ASAS WIBAWA Keberhasilan pembinaan ketahanan nasional indonesia secara berlanjut dan berkesinambungan akan meningkatkan kemampuan dan kekuatan bangsa Makin tinggi tingkat ketahanan makin tinggi pula nilai kewibawaan dan tingkat daya tangkal yang dimiliki oleh bangsa dan negara indonesia.

17 PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL 4.ASAS KONSULTASI DAN KERJASAMA Konsepsi ketahanan nasional tidak mengutamakan sikap konfrontatif dan antagonistis,tidak mengandalkan kekuasaan da kekuatan fisik semata,tetapi lebih mengutamakan sikap konsultatif,kerjasama,serta saling menghargai dengan mengandalkan kekuatan moral dan kepribadian bangsa.

18 PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL Berdasarkan rumusan pengertian Tannas dan kondisi kehidupan nasional Indonesia,Tannas sesungguhnya merupakan gambaran dari kondisi sistem (tata) kehidupan nasional dalam berbagai aspek pada saat tertentu. Dari pemahaman tentang hubungan tersebut timbul gambaran bahwa konsepsi ketahanan nasional akan menyangkut hubungan antar aspek yang mendukung kehidupan yaitu:

19 PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL 1.Aspek yang berkaitan dengan alam bersifat statis,yang meliputi aspek Geografi,aspek kependudukan dan aspek sumber kekayaan alam. 2.Aspek yang berkaitan dengan sosial bersifat dinamis,yang meliputi aspek ideologi,aspek politik,aspek sosial budaya dan aspek pertahanan dan keamanan. THE END


Download ppt "PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PERTAHANAN DAN KEAMANAN NASIONAL."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google