Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

GEOSTRATEGI INDONESIA KETAHANAN NASIONAL (TANNAS).

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "GEOSTRATEGI INDONESIA KETAHANAN NASIONAL (TANNAS)."— Transcript presentasi:

1 GEOSTRATEGI INDONESIA KETAHANAN NASIONAL (TANNAS)

2 KETAHANAN NASIONAL (TANNAS) Pengertian Baku TANNAS. Rumusan TANNAS adalah: Kondisi dinamik bangsa Indonesia yang meliputi segenap aspek kehidupan nasional yg terintegra si, berisi keuletan dan ketangguhan yg mengan dung kemampuan mengembangkan kekuatan na sional dalam menghadapi dan mengatasi segala t.a.h.g. baik yg datang dari luar maupun dari dalam untuk menjamin identitas, integritas, kelangsung an hidup bangsa dan negara serta perjuangan mencapai tujuan nasionalnya.

3 Tannas harus di wujudkan  Dalam mewujudkan dilakukan berdasarkan pemikiran strategi, berupa : konsepsi  Dirancang, dirumuskan berdasarkan kondisi bangsa dan konstelasi geografis Indonesia.

4 Pengertian Konsepsi TANNAS Indonesia. Konsepsi TANNAS Indonesia, merupakan pedoman utk meningkatkan keuletan dan ketangguhan bngs yg me ngandung kemampuan mengembangkan kekuatan nasional, dg pendekatan / pengaturan kesejahteraan dan keamanan.

5 Hakikat : tannas dan konsepsi tannas Indonesia Hakekat Tannas Indonesia adalah : keuletan dan ketangguhan bangsa yg me ngandung kemampuan mengembangkan ke kuatan nasional unt menjamin kelangsungan hidup bngs dan negara dlm mencapai tujuan nasional. Hakikat Konsepsi Tannas Indonesia adalah : konsepsi pengembangan kekuatan Nas. melalui pengaturan dan penyelenggaraan kesejahteraan dan keamanan secara seimbang, serasi dan selaras dlm seluruh aspek kehidupan nasional.

6 ASAS-ASAS TANNAS INDONESIA : Adalah tatalaku yang didasari nilai-nilai yg tersusun berlandaskan Pancasila, UUD 1945 dan WASANTARA yg tdr : 1.Asas Kesejahteraan dan Keamanan. Kesejahteraan dan keamanan merupakan kebutuhan manusia yg mendasar. Tanpa kesejahteraan sistem kehidupan nasional tdk akan dpt berlangsung

7 Realisasinya : Dapat dicapai dg menitik beratkan pd kesejahteraan tidak berarti mengabaikan keamanan. Sebaliknya memberikanprioritas pd keamanan tdk boleh mengabaikan kesejahteraan. Tingkat yang dicapai = tolok ukur TANNAS.

8 2.Asas komprehensif integral atau menyeluruh terpadu Sistem kehidupan nasional mencakup segenap kehidupan bangsa secara utuh menyeluruh dan terpadu. Jadi TANNAS mencakup segenap kehidup an bangsa secara utuh, menyeluruh dan terpadu.

9 3. Asas mawas ke dalam dan mawas keluar Sistem kehidupan nasional, perpaduan semua aspek kehidupan nas. Dan lingkungan yg saling berinteraksi berdampak: Positif diperlukan sikap mawas Negatif ke dalam dan ke luar.

10 Mawas ke dalam bertujuan agar kehidupan nasional berdasarkan kemendirian yg proporsional, mampu meningkatkan kualitas derajat bangsa yg ulet dan tangguh :.... merupakan daya saing. Mawas ke luar bertujuan unt mengantisipasi, menghadapi, mengatasi dampak lingkungan strategis luar negeri, menerima kenyataan adanya saling interaksi dan ketergantungan dg dunia inter nasional : merupakan daya tangkal.

11 4.Asas kekeluargaan Mengandung : keadilan, kearifan, kesamaan, kebersamaan, gotong- royong, tenggang rasa dan tanggung jawab dalam bermasyarakat, berbangsa, bernegara.

12 Sifat TANNAS Indonesia 1.Mandiri 2.Dinamis 3.Wibawa 4.Konsultatif dan kerjasama

13 Pengaruh Aspek TANNAS Pada Kehidupan Berbangsa Bernegara Tannas merupakan gambaran dr kondisi tata kehidupan nasional dlm berbagai aspek pada saat tertentu. Aspek kehidupan Nasional yi : a.Aspek alamiah, bersifat statis :  Aspek geografi  Aspek kependudukan  Aspek kekayaan alam

14 b.Aspek Sosial, bersifat dinamis, yi :  Aspek idiologi  Aspek politik  Aspek ekonomi  Aspek sosial budaya  Aspek pertahanan keamanan

15 Pengaruh Aspek Idiologi Idiologi : Suatu sistem nilai yang merupakan kebulatan ajaran yang memberikan motivasi. Idiologi Dunia :  Idiologi liberalisme  Idiologi komunisme  Idiologi faham agama

16 Idiologi Pancasila Pancasila merupakan tatanan nilai yang digali / disarikan dari nilai-nilai dasar budaya bangsa Indonesia.

17 Pengaruh Aspek Politik 1.Politik Dalam Negeri. adalah kehidupan politik dan kenegaraan berdasarkan PS dan UUD 1945 yg mampu menyerap aspirasi masyarakat dan dapat mendorong partisipasi masyarakat dalam suatu sistem.

18 Unsur-Unsurnya terdiri dari : Struktur politik. Wadah penyaluran aspirasi masyarakat. Wadah pengkaderan pimpinan nasional. Proses politik Rangkaian pengambilan keputusan. Penentuan pemilihan kepemimpinan. Budaya politik Merupakan pencerminan dr aktualisasi hak dan kuwajiban rakyat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara.

19 Komunikasi politik Merupakan hubungan timbal balik antar berbagai kehidupan bermasyarakat, berbangsa bernegara. 2.Politik Luar Negeri Berdasarkan Pembukaan UUD Bagian integral dari strategi nasional Garis politik luar negeri: bebas, aktif bebas : tdk memihak kekuatan 2 yg ada. aktif : tdk menjadi obyek, tetapi berperan serta.

20 Pengaruh Aspek Ekonomi Perekonomian berkaitan dg pemenuhan kebutuhan manusia. Di Indonesia mengacu pasal 33 UUD 1945 : “Sistem perekonomian Indonesia disusun sebagai usaha bersama berdasarkan atas asas kekeluargaan dst. Secara makro : perekonomian kerakyatan Secara global : ekonomi nasional secara adaptif mengikuti irama dan dinamika pasar internasional.

21 Pengaruh Aspek Sosial Budaya Sosial : pergaulan hidup manusia dalam bermasyarakat. Budaya : Seluruh tata nilai dan cara hidup yang manifestasinya tampak dalam tingkah laku dan hasil tingkah laku. Antar budaya daerah saling berkomunikasi dan berinteraksi dalam kesetaraan : budaya na sional, bersifat : religius, kekeluargaan, hidup serba selaras, kerakyatan.

22 Pengaruh Aspek Hankam Pandangan bangsa Indonesia tentang perang dan damai mengutamakan cara damai (persuasif). Perang adalah cara terakhir. Penyelenggaraan Hankam merupakan hak dan kewajiban bangsa Indonesia. Diselenggarakan dengan SISHANKAMRATA


Download ppt "GEOSTRATEGI INDONESIA KETAHANAN NASIONAL (TANNAS)."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google