Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

M O D U L VIII. MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KETAHANAN NASIONAL INDONESIA 1. Materi Kuliah Ketahanan Nasional Indonesia a. Latar Belakang b.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "M O D U L VIII. MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KETAHANAN NASIONAL INDONESIA 1. Materi Kuliah Ketahanan Nasional Indonesia a. Latar Belakang b."— Transcript presentasi:

1 M O D U L VIII. MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KETAHANAN NASIONAL INDONESIA 1. Materi Kuliah Ketahanan Nasional Indonesia a. Latar Belakang b. Pokok-pokok Pikiran c. Pengertian Ketahanan Nasional Indonesia d. Asas dan Sifat Ketahanan Nasional Indonesia 2. Tujuan Pendidikan a. Tujuan Instruksional Umum Memahami tentang latar belakang, pokok-pokok pikiran yang mendasari konsepsi Ketahanan Nasional, Pengertian Ketahanan Nasional, serta asas dan sifat ketahanan Ketahanan Nasional Indonesia. b. Tujuan Instruksional Khusus Mampu menjelaskan tentang latar belakang, pokok-pokok pikiran yang mendasari konsepsi Ketahanan Nasional, Pengertian Ketahanan Nasional, serta asas dan sifat ketahanan Ketahanan Nasional Indonesia. 3. Uraian Materi kuliah a. Latar Belakang

2 mempertahankan eksistensinya. Untuk itu, manusia sebagai makhluk yang berbudaya akan hubungan: a) Dengan Tuhan, yang disebut Agama b) Dengan cita-cita, yang disebut Ideologi c) Dengan kekuatan/kekuasaan, yang disebut Politik d) Dengan pemenuhan kebutuhan, yang disebut Ekonomi e) Dengan manusia, yang disebut Sosial f) Dengan rasa keindahan, yang disebut Seni/Budaya g) Dengan pemanfaatan alam, yang disebut Iptek h) Dengan rasa aman, yang disebut Pertahanan dan Keamanan 2) Tujuan Nasional, Falsafah Bangsa, dan Ideologi Negara Tujuan Nasional, untuk mencapainya akan menghadapi masalah-masalahinternaldaneksternal.Untuk menghadapinya diperlukan adanya kesiapan. Falsafah dan ideologi juga menjadi pokok pikiran. Hal ini tampak pada Pembukaan UUD 1945: a) Alinea I yang bermakna kemerdekaan adalah hak semua bangsa dan penjajahan bertentangan dengan hak asasi manusia. b) Alinea II mengandung makna adanya masa depan yang dicita-citakan. c) Alinea III mengandung makna kehidupan berbangsa dan bernegara yang kita cita-citakan mendapat ridho Allah, yang memberikan dorongan spiritual. d) Alinea IV mengandung makna bahwa cita-cita yang harus dicapai oleh bangsa Indonesia itu harus melalui wadah NKRI.

3 2) Asas Komprehensif Integral atau menyeluruh terpadu Artinya Ketahanan Nasional mencakup ketahanan seluruh aspek kehidupan bangsa secara utuh, menyeluruh, dan terpadu. 3) Asas Mawas ke Dalam dan Mawas ke Luar a) Mawas ke Dalam, bertujuan menumbuhkan hakikat, dan kondisikehidupannasionalberdasarkannilai-nilai kemandirian yang ulet dan tangguh. b) Mawas ke Luar, bertujuan untuk dapat mengantisipasi dan berperan serta mengatasi dampak lingkungan strategis luar negeri dan menerima kenyataan adanya interaksi dan ketergantungan dengan dunia internasional. Kehidupan nasional harus mampu mengembangkan kekuatan nasional untuk memberikan dampak ke luar dalam bentuk daya tangkal dan daya tawar. Interaksi dengan pihak lain diutamakan dalam bentuk kerja sama yang saling menguntungkan. 4) Asas Kekeluargaan = mengandung keadilan, kearifan, kebersamaan, kesamaan, gotong royong, tenggang rasa, dan tanggung jawab. Perbedaan yang terdapat dikembangkan secara serasi dalam hubungan kemitraan, agar tidak berkembang menjadi konflik. e. Sifat Ketahanan Nasional Indonesia


Download ppt "M O D U L VIII. MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KETAHANAN NASIONAL INDONESIA 1. Materi Kuliah Ketahanan Nasional Indonesia a. Latar Belakang b."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google