Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

M O D U L XIV. MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN IMPLEMENTASI POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL YANG MENCAKUP BIDANG-BIDANG PEMBANGUNAN NASIONAL 1. Materi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "M O D U L XIV. MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN IMPLEMENTASI POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL YANG MENCAKUP BIDANG-BIDANG PEMBANGUNAN NASIONAL 1. Materi."— Transcript presentasi:

1 M O D U L XIV. MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN IMPLEMENTASI POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL YANG MENCAKUP BIDANG-BIDANG PEMBANGUNAN NASIONAL 1. Materi Kuliah Implementasi Politik dan Strategi Nasional yang mencakup bidang-bidang pembangunan Nasional a. Visi dan Misi GBHN b. Bidang-bidang Pembangunan Nasional c. Implementasi Polstranas pada Bidang-bidang Pembangunan Nasional 2. Tujuan Pendidikan a. Tujuan Instruksional Umum Memahami implementasi Politik dan Strategi Nasional (Polstranas) yang mencakup bidang-bidang Pembangunan Nasional yang meliputi: Visi dan Misi GBHN 1999 – 2004, bidang-bidang Pembangunan Nasional, Kaidah Pelaksanaan, serta implementasi Polstranas pada bidang-bidang Pembangunan tersebut. b. Tujuan Instruksional Khusus Mampu menjelaskan implementasi Politik dan Strategi Nasional (Polstranas) yang mencakup bidang-bidang Pembangunan Nasional yang meliputi: Visi dan Misi GBHN 1999 – 2004, bidang-bidang Pembangunan Nasional, Kaidah Pelaksanaan, serta implementasi Polstranas pada bidang-bidang Pembangunan tersebut. 3. Uraian Materi Kuliah a. Visi dan Misi GBHN 1999 – 2004

2 (8) (9) Perwujudan otonomi daerah dalam rangka pembangunan daerah dan pemerataan pertumbuhan. Perwujudan kesejahteraan rakyat yang ditandai oleh meningkatnya kualitas kehidupan yang layak dan bermartabat serta memberi perhatian utama pada tercukupinya kebutuhan dasar, yaitu: pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, dan lapangan kerja. (10) Perwujudan aparatur negara yang berfungsi melayani masyarakat, berdaya guna, produktif, transparan, bebas dari KKN. (11) Perwujudan sistem dan iklim pendidikan nasional yang demokratis, bermutu, kreatif, inovatif, berwawasan kebangsaan, cerdas, sehat, berdisiplin, bertanggung jawab, terampil, serta menguasai Iptek dalam rangka meningkatkan kualitas manusia Indonesia. (12) Perwujudan politik luar negeri yang berdaulat, bermartabat, bebas, dan proaktif bagi kepentingan nasional dalam menghadapi perkembangan global. b. Bidang-bidang Pembangunan Nasional 1) Hukum 2) Ekonomi 3) Politik a) Politik Dalam Negeri b) Politik Luar Negeri c) Penyelenggaraan Negara d) Komunikasi, Informasi, dan Media Masa 4) Agama 5) Pendidikan 6) Sosial dan Budaya a) Kesehatan dan Kesejahteraan Sosial

3 serta pada mental, tekad, semangat, dan ketaatan dan disiplin pada penyelenggaraan negara. Dalam rangka pelaksanaan tanggung jawab bersama, serta makin kukuhnya persatuan dan kesatuan bangsa perlu peran aktif masyarakat dalam rangka menyiapkan GBHN. Pembangunan nasional yang merupakan politik dan strategi nasional akan memperkuat jati diri dan kepribadian manusia, masyarakat, dan bangsa Indonesia dalam suasana yang demokratis, tentram, aman, dan damai. Keberhasilan Politik dan Strategi Nasional Penyelenggaraan pemerintah dan setiap warga negara Indonesia harus memiliki: 1) Keimanan dan Ketakwaan kepada Tuhan YME. 2) Semangat kekeluargaan yang berisi kebersamaan, kegotongroyongan, persatuan, dan kesatuan. 3) Kepercayan diri akan kemampuan dan kekuatan sendiri yang bersendikan kepribadian bangsa. 4) Kesadaran, kepatuhan, dan ketaatan pada hukum. 5) Pengendalian diri sehingga terjadi keseimbangan, keserasian, dan keselarasan dalam berbagai kepentingan. 6) Mental, jiwa, tekad, dan semangat dari pengabdian, disiplin dan etos kerja yang tinggi, mengutamakan kepentingan bangsa dan negara dalam rangka bela negara melalui perjuangan non fisik. 7) Iptek dengan memperhatikan nilai agama dan budaya bangsa sehingga memiliki daya saing. d. Implementasi Polstranas pada bidang-bidang Pembangunan Nasional 1) Implementasi Polstranas di bidang hukum a) Mengembangkan budaya hukum dalam rangka supremasi hukum dan tegaknya negara hukum.


Download ppt "M O D U L XIV. MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN IMPLEMENTASI POLITIK DAN STRATEGI NASIONAL YANG MENCAKUP BIDANG-BIDANG PEMBANGUNAN NASIONAL 1. Materi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google