Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MODUL1 MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENDAHULUAN DAN KONTRAK KULIAH 1. Materi Kuliah Latar belakang Pendidikan Kewarganegaraan dan Kompetensi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MODUL1 MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENDAHULUAN DAN KONTRAK KULIAH 1. Materi Kuliah Latar belakang Pendidikan Kewarganegaraan dan Kompetensi."— Transcript presentasi:

1 MODUL1 MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENDAHULUAN DAN KONTRAK KULIAH 1. Materi Kuliah Latar belakang Pendidikan Kewarganegaraan dan Kompetensi yang diharapkan a. Latar Belakang Pendidikan Kewarganegaraan b. Kompetensi yang diharapkan dari Pendidikan Kewarganegaraan 2. Tujuan Pendidikan a. Tujuan Instruksional Umum Memahami latar belakang Pendidikan Kewarganegaraan serta kompetensi yang diharapkan dari pendidikan tersebut. b. Tujuan Instruksional Khusus MampumenjelaskanlatarbelakangPendidikan Kewarganegaraan serta kompetensi yang diharapkan dari pendidikan tersebut. 3. Uraian Materi Kuliah

2 bernegara, cinta tanah air, mengutamakan persatuan dan kesatuan bangsa dan negara. Untuk tujuan-tujuan tersebut di atas diperlukan sarana kegiatan pendidikan,yangdalamhaliniadalahPendidikan Kewarganegaan. b. Kompetensi yang diharapkan 1) Hakikat pendidikan Hakikat pendidikan adalah upaya sadar dari masyarakat dan pemerintah guna menjamin kelangsungan hidup generasi penerus secara berguna (kemampuan spiritual), bermakna (kemampuankognitifdanpsikomotorik),sertamampu mengatasi masa depan. Kehidupan penuh paradoksal, sehingga diperlukan Pendidikan Kewarganegaraan, yang bertujuan agar warga Negara memiliki wawasan bernegara untuk membela Negara, serta memiliki pola piker, sikap, dan perilaku cinta tanah air didasarkan pada falsafah bangsa ialah Pancasila. 2) Kemampuan Warga Negara

3 Pendidikan nasional yang berakar pada kebudayaan bangsa Indonesia diarahkan untuk meningkatkan kecerdasan serta harkat dan martabat bangsa, mewujudkan manusia serta masyarakat Indonesia yang beriman dan bertakwa terhadap Tuhan yang Maha Esa, berkualitas mandiri, sehingga mampu membangun dirinya dan masyarakat sekelilingnya serta dpat memenuhi kebutuhan pembangunan nasional dan bertanggung jawab atas pembangunan bangsa. Selanjutnya pendidikan nasional bertujuan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia, yaitu manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa, berbudi pekerti luhur, berkepribadian mandiri, maju tangguh, cerdas, kreatif, trampil, berdisiplin, beretos kerja, professional, bertanggung jawab, dan produktif, serta sehat jasmani dan rohani. PendidikanNasionalharusmenimbulkanjiwapatriotik, mempertebal rasa cinta tanah air, meningkatkan semangat kebangsaan, kesetiakawanan sosial, kesadaran pada sejarah bangsa, sikap menghargai jasa para pahlawan, dan berorientasi ke masa depan. Kehidupan kampus pendidikan tinggi hendaklah dikembangkan sebagai lingkungan ilmiha yang dinamis, berwawasan budaya bangsa, bermoral keagamaan, dan berkepribadian Indonesia.


Download ppt "MODUL1 MATA KULIAH PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PENDAHULUAN DAN KONTRAK KULIAH 1. Materi Kuliah Latar belakang Pendidikan Kewarganegaraan dan Kompetensi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google