Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kebudayaan. Definisi E.B Tylor: Kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat,dan lain kemampuan- kemampuan serta.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kebudayaan. Definisi E.B Tylor: Kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat,dan lain kemampuan- kemampuan serta."— Transcript presentasi:

1 Kebudayaan

2 Definisi E.B Tylor: Kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat,dan lain kemampuan- kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan, yang didapatkan oleh manusia sebagai anggota masyarakat. Selo Soemardjan dan Soelaeman Soemardi: Semua hasil karya, rasa dan cipta masyarakat.

3 Karya menghasilkan teknologi Cipta yang merupakan kemampuan mental, berpikir, menghasilkan ilmu pengetahuan serta filsafat Rasa yeng meliputi jiwa manusia, menghasilkan kesenian dan semua unsur yang merupakan hasil ekspresi jiwa manusia yang hidup sebagai anggota masyarakat,

4 Semua hasil karya, cipta dan rasa manusia dikuasai oleh karsa. Segi materiel : karya, kemampuan manusia untuk menghasilkan benda- benda. Segi Spiritual: cipta, menghasilkan ilmu pengetahuan, kedah, serta rasa, yang menghasilkan keindahan.

5 Manusia mendapatkan ilmu pengetahuan melalui logika. Menyerasikan perilaku terhadap kaedah melalui etika, Mendapatkan keindahan melalui estetika

6 Fungsi Kebudayaan Melindungi diri dari kekuatan alam Melindungi diri dari kekuatan-kekuatan lainnya di dalam masyarakat itu sendiri Alat untuk memenuhi kebutuhan masyarakat itu sendiri

7 Sifat Hakikat Kebudayaan Kebudayaan terwujud dan tersalurkan lewat perilaku manusia Kebuadayaan telah ada terlebih dahulu mendahului lahirnya suatu generasi tertentu, dan tidak akan mati dengan habisnya usia generasi yang bersangkutan Kebudayaan diperlukan dan diwujudkan dalam tingkah laku manusia Kebudayaan menckup aturan-aturan yang berisikan kewajiban-kewajiban, tindakan-tindakan yang diterima dan ditolak, tindakan-tindakan yang dilarang dan tindakan-tindakan yang dizinkan

8 Sifat Kebudayaan Bersifat universal, akan tetapi dalam perwujudannya mempunyai ciri-ciri khuhsus Bersifat stabil disamping juga dinamis Kebudayaan mengisi serta menentukan jalannya kehidupan manusia, walauoun hal tersebut jarang disadari oleh manusia sendiri.

9 Kepribadian dan Kebudayaan Kepribadian: merupakan organisasi sikap-sikap yang dimiliki seseorang sebagai latar belakang terhadap perilaku.( Theodore M. Newcomb) Kepribadian mencakup kebiasaan-kebiasaan, sikap dan lain-lain sifat yag khas dimiliki seseorang Dari sudut sosiologi : yang dilihat adalah perilaku nyata pada waktu berhubungan dengan imdividu lain.

10 Pengaruh Kebudayaan terhadap Kepribadian Kebudayaan-kebudayaan khusus atas dasar faktor kedaerahan Cara hidup di kota dan di desa yang berbeda ( urban dan rural) Kebudayaan khusus kelas sosial Kebudayaan khusus atas dasar agama Kebudayaan berdasarkan profesi

11 Gerak Kebudayaan Akulturasi: suatu proses dimana unsur kebudayaan sendiri dihadapkan pada unsur-unsur suatu kebudayaan asing yang berbeda sedemikian rupa, sehingga unsur-unsur kebudayaan asing terdebut lambat laun diterima dan diolah ke dalam kebudayaan sendiri, tanpa menghilangkan kepribadian kebuadayaan sendiri.

12 Masalah Dalam Akulturasi Unsur-unsur kebudayaan asing manakah yang mudah diterima, Unsur-unsur kebuadayaan asing manakah yang sulit diterima, Individu-individu manakah yang cepat menerima unsur-unsur yang baru, Ketegangan-ketegangan apakah yang timbul sebagai akibat akulturasi tersebut.


Download ppt "Kebudayaan. Definisi E.B Tylor: Kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat,dan lain kemampuan- kemampuan serta."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google