Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT. KEBUDAYAAN Berasal dari bahasa Sanskerta buddhayyah, yaitu kata jamak dari buddhi = budi atau akal. Artinya sebagai segala.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT. KEBUDAYAAN Berasal dari bahasa Sanskerta buddhayyah, yaitu kata jamak dari buddhi = budi atau akal. Artinya sebagai segala."— Transcript presentasi:

1 KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT

2 KEBUDAYAAN Berasal dari bahasa Sanskerta buddhayyah, yaitu kata jamak dari buddhi = budi atau akal. Artinya sebagai segala sesuatu yang berhubungan dengan budi atau akal. Kebudayaan/culture/colere artinya mengolah atau mengerjakan, yaitu mengolah tanah atau bertani. Sebagai segala daya dan kegiatan manusia untuk mengolah dan mengubah alam. Koentjaraningrat (Soekanto, 2003: 172)

3 KEBUDAYAAN Selo Soemardjan dan Soelaiman Soemardi (Soekanto, 2002: 173 ), kebudayaan sebagai semua hasil karya, rasa, cipta dan karsa. E. B Taylor (Saifuddin, 2005: 82 ), kebudayaan yaitu totalitas pengalaman manusia.

4 KEBUDAYAAN Kesimpulan Kebudayaan adalah produk dari seluruh rangkaian sosial yang dijalankan oleh manusia dalam masyarakat dengan segala aktivitasnya. Merupakan hasil nyata dari sebuah proses sosial.

5 KEBUDAYAAN Wujud Kebudayaan, menurut J.J. Hoenigman antara lain: 1. Gagasan 2. Aktivitas 3. Artefak

6

7 KEBUDAYAAN Unsur-unsur kebudayaan universal (Koentjaraningrat, 1979: 218), yaitu: Sistem teknologi, yaitu peralatan dan perlengkapan hidup manusia. Sistem mata pencaharian hidup (sistem ekonomi). Sistem kemasyarakatan. Bahasa. Kesenian. Sistem pengetahuan. Religi.

8 KEBUDAYAAN 4 Unsur Pokok Kebudayaan, Melville J. Herskovits (Soekanto, 2002: 175) yaitu: Alat-alat teknologi Sistem ekonomi Keluarga Kekuasaan politik

9 KEBUDAYAAN Unsur-unsur penting lain kebudayaan universal yang lebih luas yaitu: System teknologi System mata pencaharian hidup System sosial System bahasa System kesenian System ilmu pengetahuan System religi System pertahanan dan kekuasaan System norma dan aturan System pendidikan System kesehatan System pertahanan (kekuatan).

10 P ENGELOMPOKAN KEBUDAYAAN Pengelompokan kebudayaan berdasarkan wujudnya: 1.Kebudayaan Material 2.Kebudayaan Non Material

11 KEBUDAYAAN DAN KEPRIBADIAN Kebudayaan merupakan karakter suatu masyarakat dan bukan karakter individual. Semua yang dipelajari dalam kehidupan sosial dan diwariskan dari satu generasi ke generasi berikutnya merupakan kebudayaan. Kebudayaan di masyarakat turut memberikan sumbangan dalam pembentukan kepribadian seseorang, antara lain melalui nilai-nilai, norma- norma dalam sistem budaya setempat.

12 POLA KEPRIBADIAN DAN KEBUDAYAAN MASYARAKAT KEPRIBADIAN INDIVIDU DAN PERILAKUNYA KEBUDAYAAN

13 TIPE-TIPE KEBUDAYAAN KHUSUS YANG MEMPENGARUHI KEPRIBADIAN Kebudayaan-kebudayaan khusus atas dasar faktor kedaerahan Cara hidup di kota dan di desa yang berbeda Kebudayaan khusus kelas sosial Kebudayaan khusus atas dasar agama Kebudayaan berdasarkan profesi

14

15 MASYARAKAT Masyarakat (society) adalah yang pengertiannya mencakup interaksi sosial, dinamika sosial, dan rasa kebersamaan. Masyarakat adalah sekelompok manusia yang saling berinteraksi dan berhubungan serta memiliki nilai-nilai dan kepercayaan yang kuat untuk mencapai tujuan dalam hidupnya.

16 INTERAKSI SOSIAL Bentuk umum proses sosial adalah interaksi sosial, sedangkan bentuk khususnya adalah aktivitas-aktivitas sosial. Interaksi sosial merupakan hubungan social yang dinamis menyangkut hubungan antar orang perorangan, antar kelompok-kelompok manusia, maupun antar orang perorangan dengan kelomok manusia (Soekanto, 2002: 62 ). Syarat terjadinya interaksi sosial adalah adanya kontak sosial dan komunikasi.

17 DINAMIKA SOSIAL Dinamika sosial adalah penelaahan tentang perubahan-perubahan yang terjadi di dalam fakta-fakta sosial yang saling berhubungan satu dengan lainnya.

18 CONTOH DINAMIKA SOSIAL Perubahan kebijakan pemerintah akan berakibat berubahnya lembaga-lembaga kemasyarakatan lainnya.

19 BENTUK PERUBAHAN SOSIAL Bentuk perubahan sosial dan kebudayaan yang terjadi di masyarakat antara lain: Perubahan Kecil Perubahan Besar Evolusi Revolusi Perubahan yang Dikehendaki Perubahan yang tidak Dikehendaki

20 UNSUR-UNSUR SOSIAL MASYARAKAT Unsur-unsur sosial masyarakat yang harus ada yaitu: Kepercayaan dan Pengetahuan Perasaan Tujuan Norma/Kaidah/Peraturan Sosial Kedudukan (Status) dan Peran (Role) Tingkat/Pangkat Kekuasaan Sanksi Fasilitas (Sarana)

21 D AFTAR P USTAKA Burhan Bungin Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat. Jakarta: Prenada Media Group. Soerjono Soekanto Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajagrafindo Persada. Ruswanto Sosiologi. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional Sosiologi: Ilmu Sosial. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional. Bagja Waluya Sosiologi: Menyelami Fenomena Sosial di Masyarakat. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.


Download ppt "KEBUDAYAAN DAN MASYARAKAT. KEBUDAYAAN Berasal dari bahasa Sanskerta buddhayyah, yaitu kata jamak dari buddhi = budi atau akal. Artinya sebagai segala."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google