Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SENI TARI Tahun ajaran 2013/2014 SMA NEGERI 1 PURWOREJO.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SENI TARI Tahun ajaran 2013/2014 SMA NEGERI 1 PURWOREJO."— Transcript presentasi:

1 SENI TARI Tahun ajaran 2013/2014 SMA NEGERI 1 PURWOREJO

2 Nomor : 02 Nama : Amrih Wening Pangestuti Kelas : X-Mathematics Sains 3

3 1. TARI GANDRUNG BANYUWANGI Tari Gandrung Banyuwangi adalah tarian tradisional Indonesia yang berasal dari Banyuwangi. Tarian ini di bawakan sebagai ucapan syukur masyarakat pasca panen. Tarian ini di bawakan oleh sepasang penari, yaitu penari perempuan sebagai penari utama atau penari gandrung, dan laki-laki yang biasa langsung di ajak menari, biasa disebut sebagai paju. Menurut kebiasaan, pertunjukan lengkapnya dimulai sejak sekitar pukul dan berakhir hingga menjelang subuh (sekitar pukul 04.00).

4

5 2. TARI PAYUNG Tari Payung merupakan salah satu kebudayaan yang berasal dari tanah Minang, Sumatera Barat dan merupakan jenis tarian pergaulan bagi para remaja khususnya. payung biasanya akan dibawakan secara berpasangan oleh penari pria dan penari wanita. Di mana sang penari pria akan membawa payung sebagai pelengkap tarian dan penari wanita akan membawa selendang sebagai alat bantu yang digunakan dalam pertunjukan. Penggunaan payung pada tari Payung sebenarnya melambangkan perasaan kasih sayang seorang kekasih pada pasangannya.

6 Tari payung sering dipertunjukan dalam acara pernikahan, utamanya pernikahan yang menggunakan adat Minang. Lagu yang digunakan untuk mengiringi tari payung merupakan lagu dengan syair yang menggambarkan suasana bulan madu sepasang suami istri di sungai Tanang. Pengambilan nama ini sesuai dengan judul lagunya Berbendi – bendi ke Sungai Tanang.

7

8 3. TARI BADUI Tari Badui adalah tarian rakyat yang menggambarkan suatu adegan peperangan atau serombongan prajurit yang sedang melakukan suatu latihan perang. Jika dilihat dari cara penyampaian tarian ini, tarian ini termasuk tarian kelompok berpasangan. Fungsi dari kesenian ini di samping sebagai alat dakwah agama Islam juga merupakan tontonan yang eksotik bagi masyarakat.

9 Jumlah para pendukung pementasan kesenian Badui tidak tentu, Biasanya sekitar 40 orang dengan perincian 10 orang sebagai pemegang instrumen musik dan vokalis, sedangkan yang 30 orang sebagai penarinya. Hingga kini, tari Badui masih berkembang di kabupaten Sleman.

10 Mengenal Tari Badui Instrumen yang dipergunakan adalah genderang (tambur) satu buah, terbang genjreng 3 buah dan satu jedor. Kadang-kadang ditambah sebuah peluit yang berfungsi untuk memberi aba-aba akan dimulainya pementasan, pergantian posisi, maupun berhenti / selesainya pertunjukan. Penari terdiri dari laki-laki yang usianya rata-rata antara tahun. Kostum yang dipakai pemain terdiri dari peci Turki berwarna merah (kanigoro) atau kuluk temanten yang berwarna merah yang ada kucirnya, baju putih lengan panjang, rompi, celana panji, kain (rampekan) stagen dan ikat pinggang, kaos kaki dan sepatu putih. Para penari membawa godo/gembel (senjata dan kayu).

11 Kesenian ini biasanya dipentaskan pada malam hari, selama kurang lebih 4,5 jam. Alat penerangan yang digunakan adalah lampu petromak. Ada kalanya pula tarian ini diselingi dengan pencak silat.

12

13 4. TARI YAPONG Tari Yapong merupakan suatu tari gembira dengan gerakan yang dinamis dan erotis. Adegan ini dinamai Yapong dan tidak mengandung arti apapun. Namun istilah Yapong ini lahir dari bunyi lagunya ya, ya, ya, ya, yang dinyanyikan artis pengiringnya serta suara musik yang berkesan pong, pong, pong, sehingga lahirlah “ya-pong” dan berkembang menjadi Yapong. Tari Yapong diwarnai oleh tari rakyat Betawi, Instrumen yang digunakan Rebana Biang, Rebana Hadroh, dan Rebana Ketimpring.

14 1. Rebana Biang 2. Rebana Hadroh 3. Rebana Ketimpring

15

16 5. TARI MERAK Tari Merak merupakan tarian kreasi baru dari tanah Pasundan yang diciptakan oleh Raden Tjetjep Somantri pada tahun 1950an dan dibuat ulang oleh dra. Irawati Durban pada tahun Gerakan tari merak lebih didominasi oleh gerakan yang menggambarkan keceriaan dan kegembiraan yang dipancarkan oleh sang merak jantan. Dalam setiap acara tari Merak paling sering ditampilkan terutama untuk menyambut tamu agung atau untuk memperkenalkan budaya Indonesia terutama budaya Pasundan ke tingkat Internasional.

17

18


Download ppt "SENI TARI Tahun ajaran 2013/2014 SMA NEGERI 1 PURWOREJO."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google