Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TEATER RAKYAT INDONESIA PRESENT BY AHMAD JUHAIDI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TEATER RAKYAT INDONESIA PRESENT BY AHMAD JUHAIDI."— Transcript presentasi:

1 TEATER RAKYAT INDONESIA PRESENT BY AHMAD JUHAIDI

2 TEATER RAKYAT Teater Rakyat merupakan suatu pementasan yang terjadi dikalangan masyarakat jelata yang dilaksanakan dengan berbagai fungsi dan tujuan tertentu berdasarkan adat istiadat wilayah yang bersangkutan.

3 RAGAM TEATER RAKYAT NUSANTARA

4

5

6 ARJA Arja merupakan seni teater masyarakat Bali yang merupakan perpaduan dari berbagai jenis kesenian yang hidup di Bali, seperti seni tari, seni drama, seni vokal, seni instrumentalia, puisi, seni peran, seni pantonim, seni busana, seni rupa dan sebagainya. Semua jenis seni yang bersatu dalam Arja dapat saling menyatu dan padu, sehingga satu sama lain tidak saling merugikan.

7 SEJARAH PERKEMBANGAN ARJA Arja diduga berkembang sejak sekitar tahun 1814, yaitu pada pemerintahan I Dewa Gde Sakti di Puri Klungkung, saat diadakannya upacara Pelebon yang dilakukan oleh I Gusti Ayu Karangasem. Upacara Pelebon besar-besaran itu dihadiri oleh berbagai kalangan, termasuk raja-raja seluruh Bali. Pada saat itu atas prakarsa I Dewa Agung Mangis asal Gianyar dan Dewa Agung Jambe digelarkan untuk pertama kalinya Arja.Ketika itu Arja dikenal dengan nama Dadap dan lakon yang dipertunjukkan adalah Limbur.

8 FASE – FASE PERKEMBANGAN ARJA: Arja Doyong (Arja tanpa iringan gamelan, dimainkan oleh satu orang). Arja Gaguntangan (Memakai gamelan Gaguntangan dengan jumlah pelaku lebih dari satu orang). Arja Gede ( Dibawakan oleh antara 10 sampai 15 pelaku dengan struktur pertunjukan yang sudah baku seperti yang ada sekarang).

9 UNSUR – UNSUR TEATER RAKYAT ARJA Tembang Arja adalah tembang Lelawasan, sejenis kidung atau tembang Gambuh. Cerita Arja merupakan cerita yang populer di masyarakat Bali seperti cerita Panji & Mahabarata. Upacara sebelum dilakukannya pertunjukkan. Tokoh – tokoh yang antara lain Inya, Galuh, Desak, Limbur, Liku, Panasar, Mantri Manis, Mantri Buduh dan dua pasang punakawan atau Panasar kakak beradik yang masing – masing terdiri dari Punta dan Kartala. Tembang Arja adalah tembang Lelawasan, sejenis kidung atau tembang Gambuh. Cerita Arja merupakan cerita yang populer di masyarakat Bali seperti cerita Panji & Mahabarata. Upacara sebelum dilakukannya pertunjukkan. Tokoh – tokoh yang antara lain Inya, Galuh, Desak, Limbur, Liku, Panasar, Mantri Manis, Mantri Buduh dan dua pasang punakawan atau Panasar kakak beradik yang masing – masing terdiri dari Punta dan Kartala.

10 Fungsi Teater Arja Menceritakan kehidupan masyarakat yang sangat dipengaruhi oleh perbedaan kasta. Mendidik dalam hal sebagai media komunikasi yang baik bagi komunikator.

11 PEMENTASAN ARJA

12 TEATER RAKYAT MASYARAKAT JAWA

13

14 WAYANG KULIT Wayang Kulit merupakan pertunjukkan teater yang menggunakan wayang yang terbuat dari kulit (lembu atau kerbau) sebagai tokoh atau pemeran dalam teater tersebut. Tokoh – tokoh wayang tersebut dimainkan oleh seorang dalang yang berada di belakang layar.

15 SEJARAH PERKEMBANGAN WAYANG KULIT Kesenian wayang timbul sebelum kebudayaan Hindu masuk di Indonesia dan mulai berkembang pada jaman Hindu Jawa. Pertunjukan Kesenian wayang adalah merupakan sisa-sisa upacara keagamaan orang Jawa yaitu sisa-sisa dari kepercayaan animisme dan dynamisme. Sekitar abad ke 10 Raja Jayabaya berusaha menciptakan gambaran dari roh leluhurnya dan digoreskan di atas daun lontar. Bentuk gambaran wayang tersebut ditiru dari gambaran relief cerita Ramayana pada Candi Penataran di Blitar. Ceritera Ramayana sangat menarik perhatiannya karena Jayabaya termasuk penyembah Dewa Wisnu yang setia, bahkan oleh masyarakat dianggap sebagai penjelmaan atau titisan Batara Wisnu. Figur tokoh yang digambar pertama kali adalah Batara Guru atau Sang Hyang Jagadnata yaitu perwujudan dari Dewa Wisnu.

16 UNSUR – UNSUR TEATER RAKYAT “WAYANG KULIT” Wayang yang terbuat dari kulit lembu atau kerbau, sebagai tokoh – tokoh dalam perteunjukkan. Dalang yang memainkan wayang – wayang yang ada sehingga menjadi sebuah cerita utuh. Layar sebagai tempat terbentuknya bayangan sekaligus sebagai tempat dimana wayang kulit dapat disaksikan. Cerita yang ditampilkan umumnya merupakan kisah – kisah besar seperti Ramayana & Mahabarata.

17 FUNGSI WAYANG KULIT Merupakan media penyiaran agama, seperti agama islam. Hiburan bagi rakyat. Media pendidikan moral bagi masyarakat.

18 TEATER MASYARAKAT MINANGKABAU

19

20 RANDAI Randai adalah kesenian teater masyarakat Minangkabau yang dimainkan secara berkelompok atau beregu. Biasanya Randai dimainkan saat perayaan pesta seperti pernikahan, pengangkatan penghulu atau hari- hari besar tertentu. Randai merupakan penggabungan dari seni drama, musik tradisional, tari, dan silek (silat) Minangkabau.

21 SEJARAH PERKEMBANGAN RANDAI Randai diduga mulai berkembang saat agama islam memasuki Sumatera Barat. Sebab, setiap aspek yang ditampilkan dalam Randai didasarkan pada ajaran Al-Qur’an yang dibaurkan dengan tradisi – tradisi yang ada. Setelah itu, randai terus berkembang hingga sampai saat ini.

22 UNSUR – UNSUR TEATER RAKYAT “RANDAI ” Unsur penceritaan kaba yang dipaparkan lewat gurindam, dendang, dan lagu yang diiringi alat musik tradisional Minang. Gerakan atau tarian yang dibawakan dalam pola tari gelombang.

23 FUNGSI TEATER RAKYAT “RANDAI” Mencerminkan kehidupan masyarakat Minang. Menjadi media pendidikan bagi masyarakat Minang yang menyaksikan. Media hiburan bagi masyarakat Minang yang merupakan satu – satunya hiburan yang ada pada saat itu.

24 TEATER RAKYAT MASYARAKAT BETAWI

25

26 LENONG BETAWI Lenong adalah teater tradisional betawi yang dalam pementasannya diiringi oleh musik gambang kromong. Dan menggunakan pantun sebagai dialognya.

27 SEJARAH PERKEMBANGAN LENONG BETAWI Lenong berkembang sejak akhir abad ke-19 atau awal abad ke-20. Kesenian teatrikal tersebut mungkin merupakan adaptasi oleh masyarakat Betawi atas kesenian serupa seperti "komedi bangsawan" dan “teater stambul" yang sudah ada saat itu.

28 UNSUR – UNSUR LENONG BETAWI Musik pengiring pemain yaitu gambang kromong. Pantun yang merupakan media dialog yang digunakan pemain. Tari – tarian sederhana sebagai peramai suasana Lawakan atau komedi yang merupakan objek utama dari pementasan.

29 FUNGSI LENONG BETAWI Media pendidikan bagi masyarakat betawi. Media hiburan atau rekreasi.

30 TEATER RAKYAT MASYARAKAT RIAU

31

32 MAKYONG Makyong merupakan teater yang memadukan beberapa unsur kesenian seperti tari, sastra, musik, nyanyian, drama dsb. Dan dimainkan babak demi babak atau bagian per bagian.

33 SEJARAH MAKYONG Tidak dapat diketahui dengan pasti kapan Makyong sampai ke Riau, karena Makyong berkembang menurut situasi dan kondisi setempat, dan akhirnya menjadi sebuah pertunjukan yang mendarah daging bagi penduduk setempat. Menurut orang-orang tua di Mantang (tempat teater ini berkembang pesat di Kepulauan Riau) disimpulkan bahwa Makyong telah ada di Riau hampir seabad yang lalu. Maka Makyong lebih dulu sampai ke Riau, baru ke Sumatera Utara, yang tercatat terjadi pada tahun 1896 pada saat Kerajaan Serdang diperintah Sultan Sulaiman.

34 UNSUR – UNSUR MAKYONG Ketua panjak yang disebut bomo yang akan melaksanakan upacara sebelum makyong dipentaskan. Upacara sebelum dilakukannya pementasan. Cerita yang dipentaskan merupakan cerita yang dikenal luas oleh masyarakat melayu.

35 FUNGSI MAKYONG Media pendidikan bagi masyarakat Riau. Media hiburan atau rekreasi bagi masyarakatnya.

36 Terima Kasih


Download ppt "TEATER RAKYAT INDONESIA PRESENT BY AHMAD JUHAIDI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google