Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MUSIK DAERAH JAWA BARAT  ANGKLUNG Angklung berfungsi untuk memeriahkan pesta menuai padi, mengarak pawai padi sebelum dimasukkan di lumbung, dan untuk.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MUSIK DAERAH JAWA BARAT  ANGKLUNG Angklung berfungsi untuk memeriahkan pesta menuai padi, mengarak pawai padi sebelum dimasukkan di lumbung, dan untuk."— Transcript presentasi:

1

2 MUSIK DAERAH JAWA BARAT  ANGKLUNG Angklung berfungsi untuk memeriahkan pesta menuai padi, mengarak pawai padi sebelum dimasukkan di lumbung, dan untuk mengiringi upacara adat sunda.  CALUNG

3  ARUMBA Tokoh musik arumba, antara lain Bill Saragih, Yos Sukardi, Sukardi, dan Rahmat.  DEGUNG Dahulu, gamelan degung berfungsi untuk mengiringi upacara adat atau keagamaan. Sekarang, digunakan untuk mengiringi gending karesmen, sendratari dan hiburan.

4  Tarling Berasal dari Cirebon. Tarling diambil dari singkatan gitar dan suling. Tarling digunakan untuk mengiringi lagu-lagu yang berkhas Cirebon.  Gending Cianjuran Menonjolkan vokal khas Cianjur. Digunakan untuk sarana hiburan bangsawan Sunda. Nyanyiannya diiringi dengan kecapi, suling dan rebab.

5 MUSIK DAERAH DKI JAKARTA  GAMBANG KROMONG  MARAWIS

6 MUSIK DAERAH JAWA TENGAH  GAMELAN JAWA Pada awalnya untuk pagelaran wayang kulit. Sekarang, digunakan untuk mengiringi berbagai macam acara, seperti wayang orang, ketoprak, tari-tarian, sekaten, pernikahan, dll. Pemain musik gamelan disebut niyaga, sedangkan penyanyinya disebut sinden atau waranggana. Lagu-lagu yang dinyanyikan namanya gending.

7  Alat musik pada gamelan

8 MUSIK DAERAH JAWA TIMUR  Di Madura, musik gamelan disebut gamelan sandur.

9 MUSIK DAERAH BALI  Irama gamelan Bali lebih cepat dari gamelan Jawa.

10 MUSIK DAERAH RIAU  Orkes Melayu Instrumennya terdiri dari akordeon, gendang Melayu, dan gong kecil. Sekarang dikenal dengan sebutan musik dangdut.

11  Musik Gambus Musik gambus erat hubungannya dengan agama Islam. Gambus adalah alat musik sejenis gitar dengan wadah gema cembung dan memakai tujuh dawai yang ditala secara rangkap seperti mandoline. Lagu yang dimainkan umumnya bertema keagamaan dan persoalan cinta. Alat musik yang digunakan adalah gambus, rebana dan biola.

12

13 MUSIK DAERAH MINANG (SUMATRA BARAT)  Talempong

14 MUSIK DAERAH MINAHASA (SULAWESI UTARA)  KOLINTANG

15 MUSIK DAERAH MALUKU  KORNO  IDIOKARDO

16  ARABABU  TIFA

17 MUSIK DAERAH TIMOR  SASANDO

18 MUSIK DAERAH DI INDONESIA  Musik Angklung dari Jawa Barat  Musik Gambang Kromong dari Jakarta/betawi.  Musik Gamelan dari Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali dan Sunda.  Musik Tarling dari Cirebon, Jawa Barat.  Musik Kolintang dari daerah Minahasa, Sulawesi Utara.  Musik Keroncong dari daerah Jakarta.  Musik Degung dari Sunda, Jawa Barat.  Musik Arumba dari Jawa Barat.  Musik Talempong dari daerah Minangkabau, Sumbar.  Musik Talindo dari daerah Sulawesi Selatan.  Orkes Melayu dari Jambi  Musik Tanjidor dari daerah Jakarta, Cirebon dan Tangerang.

19 PERBEDAAN GAMELAN SUNDA, JAWA DAN BALI  Gamelan Sunda lebih menonjolkan vokalnya.  Gamelan Jawa lebih seimbang antara vokal dan instrumennya.  Gamelan Bali lebih mengutamakan instrumennya.


Download ppt "MUSIK DAERAH JAWA BARAT  ANGKLUNG Angklung berfungsi untuk memeriahkan pesta menuai padi, mengarak pawai padi sebelum dimasukkan di lumbung, dan untuk."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google