Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Gabriell Regina Solagracia/8.5-10 Roberta Bellarmina/8.5-20.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Gabriell Regina Solagracia/8.5-10 Roberta Bellarmina/8.5-20."— Transcript presentasi:

1 Gabriell Regina Solagracia/ Roberta Bellarmina/8.5-20

2 MUSIK NUSANTARA PAPUA Musik daerah Papua merupakan musik yang mendapat pengaruh dari Maluku. Instrumennya tidak begitu banyak, hanya satu yang menarik, yaitu genderang yang dihiasi pahatan dengan pewarnaan artistik dan kulitnya dari kulit biawak. Alat-alat musik, seperti rebana, rebab, tifa, dan gong merupakan alat musik dari daerah Maluku. Alat musik lain yang ada di Papua merupakan alat musik yang digunakan untuk keperluan praktis, misalnya sekakas. Sekakas digunakan untuk menarik ikan-ikan hiu dalam suatu perburuan di laut. Contoh lagu-lagu yang berasal dari Papua adalah Apuse dan Yamko Rambe Yamko.

3 FUNGSI MUSIK NUSANTARA Musik untuk mengiringi tarian. Misalnya, musik gamelan Jawa, Sunda, dan Bali. Musik untuk mengiringi wayang kulit, kethoprak, wayang orang, ludruk, dan reog. Misalnya, gamelan Jawa dan Bali. Musik untuk mengiringi drama yang diatur oleh dalang. Misalnya, tarling. Musik untuk memeriahkan pesta menuai padi di sawah, mengarak pawai padi, dan untuk mengiringi upacara adat di daerah Sunda. Misalnya, musik angklung. Musik untuk ritual menghibur Dewi Sri (dewi padi). Misalnya, musik calung. Musik untuk sarana upacara peringatan Maulid Nabi Muhammad saw., pernikahan, khitanan, dan kenduri. Misalnya, musik rebana. Musik untuk mengarak pengantin dan mencari nafkah. Misalnya, tanjidor.

4 ALAT MUSIK PAPUA TIFA Alat musik tradisional Tifa ini, banyak digunakan oleh penduduk Papua dan Maluku. Bila diperhatikan sekilas Tifa mirip dengan gendang. Dan dimainkan dengan cara dipukul pula. Tifa dibuat dari batang kayu yang dihilangkan isinya. Salah satu ujungnya lalu ditutupi menggunakan kulit binatang seperti kulit rusa. Kulit rusa ini telah mengalami proses pengeringan terlebih dahulu, agar bisa menghasilkan bunyi yang indah.

5 TRITON Triton Berbeda dengan Tifa yang dipukul seperti gendang, Triton adalah alat musik tradisional Papua yang berupa alat tiup. Triton terdapat dihampir seluruh wilayah pantai seperti Kepulauan Raja Ampat, Biak, Teluk Wondama, Yapen Waropen, dan Nabire.

6 PIKON Pikon Pikon berasal dari kata pikonane. Dalam bahasa Baliem, Pikonane berarti alat musik bunyi. Alat ini terbuat dari sejenis bambu yang beruas-ruas dan berongga bernama Hite. Pikon yang ditiup sambil menarik talinya ini hanya akan mengeluarkan nada-nada dasar, berupa do, mi dan sol.

7 FALUN Drum yang dilubangi dari batang pohon dengan celah yang sempit dan panjang. Dibagian atas alat musik ini dipukuli dengan ujung tongkat yang berat. Biasa digunakan untuk melakukan ritual, dan untuk mengiringi tarian.

8 Drum Tangan atau pidgin Drum kebanyakan terbuat dari kayu. Meskipun salah satu jenis yang langka dari Lembah Markham terbuat dari tanah liat. Kulit ular, kadal, atau pohin kangaroo yang melunak dalam air, di lempang di aras rongga kayu. Akhirnya potongan lilin yang melekat pada kulit untuk memodulasi suara. Sering kali kulit harus dipanaskan agar mengeluarkan suara kencang

9 Contoh lagu dari Papua Apuse

10 TERIMA KASIH


Download ppt "Gabriell Regina Solagracia/8.5-10 Roberta Bellarmina/8.5-20."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google