Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MUSIK DARI JAWA BARAT FELICIA 8.5 – 09 NI PUTU RADEYASHINTA 8.5 - 15.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MUSIK DARI JAWA BARAT FELICIA 8.5 – 09 NI PUTU RADEYASHINTA 8.5 - 15."— Transcript presentasi:

1

2 MUSIK DARI JAWA BARAT FELICIA 8.5 – 09 NI PUTU RADEYASHINTA

3 PENGERTIAN MUSIK NUSANTARA Musik Nusantara adalah seluruh musik yang berkembang di Nusantara, yang menunjukkan ciri ke-Indonesia-an. Musik nusantara terdiri dari musik tradisi daerah, musik keroncong, musik dangdut, musik gambus, musik perjuangan, dan musik pop.

4 CONTOH – CONTOH MUSIK NUSANTARA DARI JAWA BARAT

5 ANGKLUNG Musik angklung diperkenalkan oleh Daeng Sutigna seorang musisi Jawa Barat. Musik angklung diperkenalkan oleh Daeng Sutigna seorang musisi Jawa Barat. Angklung adalah alat musik yang terbuat dari potongan bambu panjang pendek yang ditala. Angklung adalah alat musik yang terbuat dari potongan bambu panjang pendek yang ditala. Cara memainkannya dengan cara digoyangkan. Cara memainkannya dengan cara digoyangkan. Dahulu musik angklung digunakan untuk mengemis.Berkat kegigihan daeng sutisna maka musik angklung menjadi terkenal. Dahulu musik angklung digunakan untuk mengemis.Berkat kegigihan daeng sutisna maka musik angklung menjadi terkenal. Daeng Sutigna mengembangkan musik angklung dari nada pentatonis menjadi nada diatonis. Serta pernah dirangkai dalam bentuk instrumen berpapan nada seperti piano. Daeng Sutigna mengembangkan musik angklung dari nada pentatonis menjadi nada diatonis. Serta pernah dirangkai dalam bentuk instrumen berpapan nada seperti piano.

6 GAMBAR ANGKLUNG

7 CALUNG Calung adalah xylophone yang terbuat dari bambu. Calung adalah xylophone yang terbuat dari bambu. Cara memainkannya dengan cara dipukul. Cara memainkannya dengan cara dipukul. Calung dapat disusun dalam berbagai posisi misalnya mendatar seperti gambang dan berjajar ke atas seperti bellyra atau digantung menurut ukuran-ukuran tertentu. Calung dapat disusun dalam berbagai posisi misalnya mendatar seperti gambang dan berjajar ke atas seperti bellyra atau digantung menurut ukuran-ukuran tertentu. Tangga nada yang dipakai adalah tangganada pentatonis yang berlaras slendro dan berkembang ke laras pelog. Tangga nada yang dipakai adalah tangganada pentatonis yang berlaras slendro dan berkembang ke laras pelog.

8 GAMBAR CALUNG

9 TARAWANGSA Seperti rebab hanya beda bentuk di bagian dasarnya, bila rebab bentuk seperti hati, tarawangsa berbentuk persegi panjang. Fungsinya saja, hanya saja lebih sering digunakan sebagai pengiring di pencak silat. Cara memainkannya adalah digesek.

10 GAMBAR TARAWANGSA

11 GAMELAN DEGUNG Degung adalah seperangkat alat musik/gamelan yang mempunyai ciri tertentu dalam warna musiknya. Instrumen yang digunakan pada musik degung antara lain bonang, rincik, saron, jenglong, peking, gone, 1 perangkat gendang, suling, kecapi, dan rebab. Tangganada yang digunakan adalah tangganada pentatonis dengan laras pelog dan slendro.

12 GAMBAR DEGUNG

13 ARUMBA Arumba adalah singkatan dari alunan rumpun bambu. Permainan Arumba adalah permainan angklung yang dilengkapi dengan susunan bambu mirip gambang/saron dengan cara dipukul. Tokoh musik Arumba adalah Yos Rosadi, Rahmat, Bill Saragih, dan Sukardi. Dan pada awalnya alat musik tradisional Jawa Barat yang satu ini menggunakan pentatonis sebagai tangga nada yang ia hasilkan. Namun saat ini Arumba menggunakan nada diatonis.

14 GAMBAR ARUMBA

15 KECAPI Kecapi adalah alat musik petik yang berasal dari daerah Jawa Barat. Bentuk organologi kecapi adalah sebuah kotak kayu yang diatasnya berjajar dawai/senar, kotak kayu tersebut berguna sebagai resonatornya. Alat musik yang menyerupai Kecapi adalah siter dari daerah Jawa tengah.

16 GAMBAR KECAPI

17 SULING Suling juga terbuat dari bambu. Alat musik jenis tiup ini di Jawa barat terdapat dua macam. Ada suling yang dibuat dengan 4 lubang, dan ada yang dibuat dengan 6 lubang. Yang 4 lubang mengeluarkan suara lebih berdengung dibanding dengan suling yang memiliki 6 lubang.

18 GAMBAR SULING

19 REBAB Rebab adalah alat musik tradisional jawa barat yang dimainkan dengan cara menggesek dua buah senarnya. Rebab terbuat dari kayu dan untuk menggetarkan suaranya ditutup dengan kulit tipis yang memiliki tangga nada pentatonis. Demikianlah beberapa alat musik tradisional yang berasal dari Provinsi Jawa Barat. Masih banyak alat musik tradisional lainnya di Jawa Barat bahkan ada yang sudah hampir punah tidak dikenal orang. Mungkin ketujuh alat musik tradisional ini yang masih dikenal dan masih populer hingga sekarang.

20 GAMBAR REBAB

21 GENDING CIANJURAN Gending Cianjuran adalah jenis musik yang menonjolkan vokal khas Cianjuran (salah 1 kabupaten di Jawa Barat.)Gending Cianjuran adalah jenis musik yang menonjolkan vokal khas Cianjuran (salah 1 kabupaten di Jawa Barat.) Musik ini digunakan untuk sarana hiburan para bangsawan Sunda.Musik ini digunakan untuk sarana hiburan para bangsawan Sunda. Alat musik gending cianjuran terdiri atas kecapi, suling, dan rebab (kadang-kadang).Alat musik gending cianjuran terdiri atas kecapi, suling, dan rebab (kadang-kadang).

22 KLININGAN ATAU KLENENGAN Kliningan adalah suatu permainan musik gamelan yang menggunakan vokal atau nyanyian. Alat musik ini menyerupai gamelan Jawa Tengah. Kliningan digunakan juga sebagai pengiring tari, selain sebagai pengiring vokal.

23 GAMBAR KLININGAN TANGKAI KUNING

24 CONTOH – CONTOH LAGU JAWA BARAT Bubuy bulanBubuy bulan Cing Cang KelingCing Cang Keling Manuk DadaliManuk Dadali Panon HideungPanon Hideung Pileu Leu YanPileu Leu Yan TokecangTokecang

25 THE END!!! TERIMA KASIH TELAH MENYAKSIKAN -FELI & DEYA-


Download ppt "MUSIK DARI JAWA BARAT FELICIA 8.5 – 09 NI PUTU RADEYASHINTA 8.5 - 15."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google