Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Elya Putri Rahmawati (13) Inas Hakimah Kurniasih (19) Elya P utri Rahmawati (13) Inas H akimah Kurniasih (19) KELOMPO K 18 PLH KELOMPO K 18 PLH.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Elya Putri Rahmawati (13) Inas Hakimah Kurniasih (19) Elya P utri Rahmawati (13) Inas H akimah Kurniasih (19) KELOMPO K 18 PLH KELOMPO K 18 PLH."— Transcript presentasi:

1

2 Elya Putri Rahmawati (13) Inas Hakimah Kurniasih (19) Elya P utri Rahmawati (13) Inas H akimah Kurniasih (19) KELOMPO K 18 PLH KELOMPO K 18 PLH

3 Lagu Daerah Jawa Barat Lagu Daerah Jawa Barat Legenda di Jawa Barat Legenda di Jawa Barat Alat Musik Jawa Barat Alat Musik Jawa Barat S E L E S A I MACAM-MACAM

4  Legenda (bahasa latin: legere) adalah cerita prosa rakyat yang dianggap oleh yang mempunyai cerita sebagai sesuatu yang benar-benar terjadi. Oleh karena itu, legenda sering kali dianggap sebagai "sejarah" kolektif (folk history). Walaupun demikian, karena tidak tertulis, maka kisah tersebut telah mengalami distorsi sehingga sering kali jauh berbeda dengan kisah aslinya.

5 Sangkuriang adalah legenda yang berasal dari Tatar Sunda. Legenda tersebut berkisah tentang terciptanya danau Bandung, Gunung Tangkuban Parahu, Gunung Burangrang, dan Gunung Bukit Tunggul. Dari legenda tersebut, kita dapat menentukan sudah berapa lama orang Sunda hidup di dataran tinggi Bandung. Dari legenda tersebut yang didukung dengan fakta geologi, diperkirakan bahwa orang Sunda telah hidup di dataran ini sejak beribu tahun sebelum Masehi. Legenda Sangkuriang awalnya merupakan tradisi lisan. Rujukan tertulis mengenai legenda ini ada pada naskah Bujangga Manik yang ditulis pada daun lontar yang berasal dari akhir abad ke-15 atau awal abad ke-16 Masehi. Dalam naskah tersebut ditulis bahwa Pangeran Jaya Pakuan alias Pangeran Bujangga Manik atau Ameng Layaran mengunjungi tempat-tempat suci agama Hindu di pulau Jawa danpulau Bali pada akhir abad ke-15.

6

7 Situ Bagendit terletak di desa Bagendit, Kecamatan Banyuresmi Kabupaten Garut, Jawa Barat, Indonesia. Situ Bagendit merupakan objek wisata alam berupa danau dengan batas administrasi disebelah utara berbatasan dengan Desa Banyuresmi, disebelah selatan berbatasan dengan Desa Cipicung, disebelah timur berbatasan dengan Desa Binakarya, dan disebelah barat berbatasan dengan Desa Sukamukti. Aktivitas wisata yang dapat dilakukan di Situ Bagendit ini antara lain menikmati pemandangan, mengelilingi danau dengan menggunakan perahu atau rakit. Para pengunjung juga dapat melakukan kegiatan rekreasi keluarga, menikmati pemandangan serta kegiatan bersepeda air. Objek wisata ini dikelola oleh Bapak Ajan Sobari dengan status kepemilikan berada di tangan pemerintah daerah yang kewenangannya dilimpahkan kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Garut dan pihak swasta yaitu Bapak Adang Kurnia. Berdasarkan perda no. 11 tahun 2001 harga masuk tiket ke kawasan ini Rp /orang untuk dewasa dan Rp. 500/orang untuk anak-anak.

8

9 Lagu Daerah Jawa Barat

10 Cing Cangkeling adalah lagu permainan sunda yang ditujukan untuk berhitung sebelum anak-anak melakukan permainan kucing-kucingan atau permainan sentuh berlarian dengan cara ketika ada salah satu anak yang tersentuh oleh anak yang terhitung, maka anak tersebut yang tersentuh kalah dan harus menyentuh temannya yang lain yang tak terhitung. Sebelum melakukan permainan ini, salah satu anak yang ikut bermain menyanyikan dulu lagu cing cangkeling.

11 Es Lilin adalah lagu tradisional Sunda, Indonesia ciptaan NN yang dinyanyikan oleh Nining Meida. Seperti juga lagu-lagu Sunda tradisional yang lainnya, Lagu ini juga dipinjam oleh Siti Nurhaliza dan Ibu Mursyih yang dinyanyikannya dalam berbagai versi bahasa yaitu bahasa Melayu dan bahasa Jawa.

12 Alat Musik Jawa Barat Jawa barat merupakan salah satu daerah yang kaya akan alat - alat musik daerah atau tradisional. Bahkan salah satu alat musik khas dari daerah jawa barat yang telah diakui dunia. Jenis - jenis alat musik dari daerah jawa barat :

13 Angklung Angklung adalah alat musik yang secara tradisional berkembang di masyarakat Jawa Barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi. Angklung Angklung adalah alat musik yang secara tradisional berkembang di masyarakat Jawa Barat. Alat musik ini dibuat dari bambu, dibunyikan dengan cara digoyangkan (bunyi disebabkan oleh benturan badan pipa bambu) sehingga menghasilkan bunyi. Kecapi Alat musik kacapi sangat populer di kalangan masyarakat Sunda dan dipakai saat acara- acara yang berhubungan dengan kebudayaan. Kecapi Alat musik kacapi sangat populer di kalangan masyarakat Sunda dan dipakai saat acara- acara yang berhubungan dengan kebudayaan.

14


Download ppt "Elya Putri Rahmawati (13) Inas Hakimah Kurniasih (19) Elya P utri Rahmawati (13) Inas H akimah Kurniasih (19) KELOMPO K 18 PLH KELOMPO K 18 PLH."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google